"Football's Coming Home": Begini Lagu Fans Inggris untuk Southgate

#WorldCup2018 Fans Inggris bisa ikut nyanyi

Kemenangan Inggris melalui drama adu penalti lawan Kolombia dalam babak 16 besar membangkitkan euforia dan mimpi para fans. Ini karena setidaknya dua tahun lalu The Three Lions seperti tidak punya masa depan. Salah satu penyebabnya adalah kekalahan memalukan dari Islandia di EURO 2016.

1. Fans mendedikasikan lagu sendiri untuk Gareth Southgate

Saking gembiranya, para pendukung The Three Lions mendedikasikan lagu tersendiri untuk manajer timnas, Gareth Southgate. Dikutip dari Talksport, lagu tersebut digubah dari milik penyanyi aslinya yaitu Atomic Kitten yang berjudul Whole Again.

Para fans yang berada di Kaliningrad, Rusia, berkumpul di sebuah restoran dan dengan semangat menyanyikannya. "Looking back on when we first met; I cannot escape and I cannot forget; Southgate, you’re the one; you still turn me on; and football’s coming home again," begitu isi liriknya.

2. "Football's Coming Home" dinyanyikan pertama kali pada 1996

https://www.youtube.com/embed/RJqimlFcJsM

Sepanjang Piala Dunia 2018 bertebaran frasa "Football's Coming Home" di berbagai media sosial. Frasa itu sebenarnya adalah judul lagu milik David Baddiel, Frank Skinner dan Lightning Seeds pada 1996 ketika EURO berlangsung di Inggris.

Mereka kembali menyanyikannya pada Piala Dunia 1998 di Prancis. Dua dekade kemudian, "Football's Coming Home" kembali terdengar di sekitar lokasi fans Inggris saat Piala Dunia 2018.

3. Fans ingin percaya trofi Piala Dunia akan dibawa pulang oleh Inggris

Football's Coming Home: Begini Lagu Fans Inggris untuk SouthgateFIFA
Football's Coming Home: Begini Lagu Fans Inggris untuk SouthgateIDN Times/Sukma Shakti

"Football's Coming Home" digunakan untuk mempertegas bahwa sepak bola pertama kali ditemukan di Inggris dan trofi elit akan dibawa ke tempat asalnya. Frasa tersebut pun menjadi ciri khas The Three Lions setiap kali turnamen internasional berlangsung.

Setelah mematahkan kutukan adu penalti, fans Inggris ingin percaya bahwa timnas kesayangan mereka bisa menjuarai Piala Dunia kali ini. Inggris hanya pernah sekali juara yaitu pada 1966 setelah mengalahkan Jerman Barat.

Baca Juga: Lolos ke Perempat Final, Inggris Hapus Kutukan yang Menghantuinya

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya