Comscore Tracker

Kerap Menyorot Perempuan, Ini Teguran FIFA Buat Stasiun TV

#WorldCup2018 Fans yang dianggap cantik selalu jadi sorotan.

Surabaya, IDN Times - FIFA mengingatkan stasiun TV yang mendapatkan hak siar Piala Dunia untuk tidak menyorot fans perempuan yang dipandang "seksi". Seperti yang sudah diketahui, ketika pertandingan berlangsung, kamera kerap kali mengarahkan fokus pada fans perempuan yang dinilai atraktif.

1. FIFA klaim itu bagian dari cara untuk menyelesaikan seksisme

Kerap Menyorot Perempuan, Ini Teguran FIFA Buat Stasiun TVANTARA FOTO/REUTERS/Toru Hanai

Kepala Bagian Keberagaman FIFA, Federico Addiechi, mengatakan bahwa pihaknya telah mengingatkan agar fans perempuan tak melulu disorot karena penampilan mereka ketika menyaksikan pertandingan.

Dikutip dari BBC, Addiechi mengaku FIFA perlu ikut menyelesaikan masalah seksisme. Ia pun mengatakan bahwa FIFA telah mendiskusikannya dengan beberapa stasiun TV, termasuk yang berasal dari tuan rumah Rusia.

2. Seksisme jadi salah satu masalah di Piala Dunia 2018

Kerap Menyorot Perempuan, Ini Teguran FIFA Buat Stasiun TVinstagram.com/fifaworldcup

Kelompok anti-diskriminasi Fare Network yang turut memperhatikan pertandingan-pertandingan Piala Dunia mengatakan seksisme menjadi masalah terbesar saat ini. Kelompok tersebut mengaku "mencatat ada lebih dari 30 kasus" dalam sejumlah pertandingan.

Padahal, sebelum Piala Dunia, kekhawatiran utama adalah tentang adanya homofobia dan rasisme. Namun, Direktur Eksekutif Fare Network, Piara Powar, justru timnya lebih banyak menemukan kasus tentang diskriminasi berdasarkan gender.

Salah satu yang paling besar adalah perempuan-perempuan Rusia kerap didekati di jalanan oleh fans-fans laki-laki. Kemudian, tentu saja fakta bahwa tak sedikit jurnalis-jurnalis perempuan dari beberapa negara yang dipegang dan dicium tanpa izin ketika bertugas.

3. FIFA tak menjanjikan ini akan jadi kebijakan mereka

Kerap Menyorot Perempuan, Ini Teguran FIFA Buat Stasiun TVinstagram.com/fifaworldcup

Peringatan kepada stasiun TV mengenai bagaimana mereka menyorot fans perempuan melahirkan pertanyaan apakah FIFA akan meresmikannya sebagai kebijakan. Addiechi sendiri tak bisa menjanjikan tersebut.

"Ini adalah salah satu aktivitas yang pasti akan kami lakukan di masa depan - ini adalah sebuah evolusi normal," ucapnya. Lebih lanjut, ia juga tak menyebut FIFA akan "berkampanye aktif" mengenai masalah ini. Namun, pihaknya akan "menindak pelanggaran yang ada".

Terkait perilaku fans yang seksis terhadap perempuan di jalan, Addiechi mengatakan FIFA sudah bekerja sama dengan kepolisian Rusia untuk mengidentifikasi fans yang bertindak tidak senonoh.

Baca Juga: Saksikan: Detik-Detik Kemenangan Muhammad Zohri di Kejuaraan Dunia!

Line IDN Times

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You