5 Mantan Pemain Paris Saint-Germain yang Saat Ini Bermain di Serie A

Berusia 40 tahun, Ibrahimovic masih diandalkan AC Milan

Paris Saint-Germain merupakan salah satu klub besar di Liga Prancis. Klub yang bermarkas di Stadion Parc des Princes ini telah mengoleksi 9 gelar Liga Prancis. PSG juga menjadi salah satu klub terkaya di dunia sejak dibeli oleh Nasser Al-Khelaifi pada musim panas 2011 silam.

Dengan finansial yang kuat, PSG mampu mendatangkan pemain sepak bola bintang dengan harga mahal. Ada nama Achraf Hakimi yang dibeli mahal oleh PSG musim ini, yakni sebesar 60 juta euro atau sekitar Rp979 miliar. PSG membelinya dari klub asal Serie A, Inter Milan.

Berbicara tentang Serie A, ternyata ada sejumlah mantan pemain PSG yang saat ini membela klub Serie A. Masih ingatkah kalian?

1. Zlatan Ibrahimovic 

5 Mantan Pemain Paris Saint-Germain yang Saat Ini Bermain di Serie AZlatan Ibrahimovic (getfootballnewsfrance.com)

Zlatan Ibrahimovic merupakan salah satu penyerang terbaik sepanjang sejarah sepak bola. Ia dibeli PSG dari AC Milan pada musim panas 2012 dengan biaya transfer sebesar 24 juta euro atau sekitar Rp391 miliar. Ibrahimovic menjalani karier yang luar biasa bersama PSG. Ia bagaikan raja di klub Prancis tersebut.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Zlatan Ibrahimovic memainkan 180 pertandingan bersama PSG dengan torehan 156 gol dan 61 assist di semua kompetisi. Selain itu, ia juga berhasil membawa PSG meraih 4 gelar Liga Prancis, 2 gelar Piala Prancis, 3 gelar Piala Liga Prancis, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Pada bulan musim panas 2016, Zlatan Ibrahimovic pindah ke Manchester United setelah menyelesaikan kontraknya bersama PSG. Setelah selesai di Manchester United, Zlatan Ibrahimovic pergi ke Amerika Serikat untuk bergabung ke LA Galaxy pada bulan maret 2018. Pada musim dingin 2020, Ibrahimovic kembali ke Eropa untuk membela klub lamanya AC Milan sampai saat ini. Ibrahimovic masih dibutuhkan AC Milan meskipun usianya sudah menginjak 40 tahun.

2. Salvatore Sirigu 

5 Mantan Pemain Paris Saint-Germain yang Saat Ini Bermain di Serie ASalvatore Sirigu (skysports.com)

Salvatore Sirigu juga termasuk mantan pemain PSG yang kini bermain di Serie A. Saat ini, ia sedang membela Genoa. Kiper asal Italia tersebut bergabung ke PSG pada musim panas 2011. Saat itu, ia dibeli dari Palermo dengan harga sebesar 3,9 juta euro atau sekitar Rp63 miliar.

Sayangnya, Salvatore Sirigu merasa tidak bahagia ketika di PSG. Ia menyebut PSG kurang menghormatinya. Meskipun begitu, Sirigu sempat menjadi kiper nomer satu PSG. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Sirigu berhasil mengemas 84 clean sheet dan kebobolan 149 kali dalam 190 pertandingan bersama PSG di semua kompetisi.

Setelah sempat dipinjamkan ke Osasuna, Sirigu akhirnya dilepas PSG ke Torino pada musim panas 2017. Ia dilepas secara gratis meskipun kontraknya masih menyisakan satu tahun. Pada musim panas 2021 kemarin, Genoa mendapatkan Sirigu dengan status bebas transfer dari Torino. Sirigu dikontrak oleh Genoa hingga musim panas 2022.

Baca Juga: 5 Pemain yang Layak Dijual PSG di Tahun 2022, Skuad Terlalu 'Gemuk'!

3. Adrien Rabiot

5 Mantan Pemain Paris Saint-Germain yang Saat Ini Bermain di Serie AAdrien Rabiot (strettynews.com)

Berikutnya ada Adrien Rabiot, gelandang tengah asal Prancis. Rabiot merupakan jebolan dari tim akademi PSG. Ia berhasil promosi ke tim utama pada musim panas 2012. Belum sempat tampil di tim utama PSG, Rabiot dipinjamkan ke Toulouse pada musim dingin 2013. Sekitar 6 bulan berikutnya, Rabiot kembali ke PSG.

Adrien Rabiot akhirnya berhasil tampil di tim utama PSG. Bahkan, ia menjadi salah satu gelandang tengah terbaik PSG. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Rabiot sudah memainkan 227 pertandingan bersama PSG dengan torehan 24 gol dan 14 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2019, Adrien Rabiot pindah ke Juventus secara gratis setelah menghabiskan kontraknya bersama PSG. Di musim debutnya bersama Juventus, Rabiot masih kesulitan untuk menunjukkan performa terbaiknya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ia mulai tampil mengesankan bersama Juventus. Kini, ia menjadi pilihan utama bagi Juventus. Bahkan, ia juga kembali dipanggil untuk membela timnas Prancis.

4. Alessandro Florenzi 

5 Mantan Pemain Paris Saint-Germain yang Saat Ini Bermain di Serie AAlessandro Florenzi (en.psg.fr)

Alessandro Florenzi bergabung ke PSG pada musim panas 2020 dengan status pemain pinjaman dari AS Roma. Pihak PSG meminjam Florenzi dari AS Roma untuk menambal sektor kanan pertahanan yang ditinggalkan Thomas Meunier. Kala itu, Thomas Meunier memilih untuk pindah ke Borussia Dortmund secara gratis.

Alessandro Florenzi hanya semusim bersama PSG. Namun, ia memainkan banyak pertandingan bersama PSG. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Florenzi mencatatkan 36 pertandingan bersama PSG dengan torehan 2 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2021 kemarin, Alessandro Florenzi berpisah dengan PSG untuk kembali ke AS Roma. Musim ini, Florenzi kembali dipinjamkan ke klub lain oleh AS Roma. Kali ini, ia dipinjamkan ke AC Milan hingga musim panas 2022. Transfer tersebut juga menyematkan opsi pembelian. Bahkan, AC Milan wajib membelinya jika berhasil lolos ke Liga Champions.

5. Moise Kean

5 Mantan Pemain Paris Saint-Germain yang Saat Ini Bermain di Serie AMoise Kean (sportmob.com)

Sama seperti Alessandro Florenzi, Moise Kean juga bergabung ke PSG dengan status pinjaman. Penyerang Italia jebolan tim akademi Juventus tersebut dipinjam PSG dari Everton pada musim panas 2020. Kean sendiri sangat senang bisa bergabung dengan PSG yang ia anggap sebagai salah satu klub terbaik di dunia.

Selama satu musim di PSG, Moise Kean berhasil menunjukkan ketajamannya. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Kean mencatatkan 41 pertandingan bersama PSG dengan torehan 17 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Pada bulan musim panas 2021 kemarin, Moise Kean kembali Everton setelah masa pinjamannya di PSG berakhir. Musim ini, Kean memutuskan untuk kembali ke Serie A untuk bergabung dengan klubnya terdahulu, Juventus. Ia dipinjamkan ke Juventus hingga musim panas 2023. Namun, Juventus wajib membelinya dari Everton seharga 28 juta euro atau sekitar Rp456 miliar pada musim panas 2023.

Itulah deretan mantan pemain Paris Saint-Germain yang saat ini bermain di Serie A. Mereka semua merupakan pemain top Eropa. 

Baca Juga: Butuh Proses, 5 Alasan PSG Harus Pertahankan Mauricio Pochettino

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya