Comscore Tracker

6 Pemain Barcelona yang Pernah Dibeli Chelsea

Ada yang piawai mencetak assist

Barcelona merupakan salah satu klub terbaik di dunia. Klub ini telah mendulang banyak prestasi, baik di kancah domestik maupun Eropa. Di kancah domestik, Barcelona telah memenangi 26 gelar Liga Spanyol, 31 Copa del Rey, dan 13 Piala Super Spanyol. Di Eropa, Barcelona mengoleksi  5 gelar Liga Champions, 5 gelar Piala Super Eropa, dan 4 gelar Piala Winners.

Sebagai salah satu klub terbaik dunia, tentunya Barcelona dihuni pemain-pemain bintang setiap musimnya. Pemain Barcelona terkenal memiliki keterampilan olah bola yang luar biasa.

Selain itu, mereka memiliki umpan yang sangat akurat. Ada banyak klub besar yang membeli pemain dari Barcelona. Salah satunya klub asal Inggris, Chelsea. Lantas, siapa saja pemain Barcelona yang pernah dibeli Chelsea? Check this out!

1. Emmanuel Petit

6 Pemain Barcelona yang Pernah Dibeli ChelseaEmmanuel Petit (fcbarcelonanoticias.com)

Emmanuel Petit pernah bermain bersama Barcelona selama semusim, yakni musim 2000/2021. Pemain berkewarganegaraan Prancis tersebut berperan sebagai gelandang bertahan. Namun, Petit bergabung dengan Barcelona pada saat yang tidak tepat. Saat itu, Barcelona sedang mengalami periode yang buruk. Selain itu, kondisi ruang ganti Barcelona juga sedang tidak harmonis.

Emmanuel Petit kesulitan untuk beradaptasi di Barcelona kala itu. Berdasarkan data Transfermarkt, Petit memainkan 38 pertandingan bersama Barcelona dan hanya mencetak 1 gol di semua kompetisi. Pada musim panas 2001, Petit pindah dari Barcelona untuk bergabung dengan Chelsea. Kala itu, ia dibeli Chelsea seharga 11,5 juta euro atau sekitar Rp189 miliar.

Namun, ternyata Emmanuel Petit menganggap kepindahannya ke Chelsea merupakan keputusan yang salah. Kala itu, ia juga diminati Manchester United. Ia sangat menyesal karena memilih Chelsea.

Selain itu, Petit sering mengalami cedera bersama Chelsea. Berdasarkan data Transfermarkt, Petit memainkan 76 pertandingan bersama Chelsea dengan torehan 3 gol dan 7 assist di semua kompetisi. Petit sudah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak Juli 2004. Klub terakhir yang ia bela adalah AS Monaco.

2. Boudewijn Zenden

6 Pemain Barcelona yang Pernah Dibeli ChelseaBoudewijn Zenden (barcablaugranes.com)

Boudewijn Zenden bergabung dengan Barcelona pada musim panas 1998. Kala itu, ia dibeli dari PSV Eindhoven seharga 12 juta euro atau sekitar Rp197 miliar. Pemain berkewarganegaraan Belanda tersebut berposisi sebagai pemain sayap. Berdasarkan data Transfermarkt, Zenden memainkan 95 pertandingan bersama Barcelona dengan torehan 3 gol dan 9 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2001, pihak Chelsea tertarik untuk merekrut Boudewijn Zenden dari Barcelona. Pihak Chelsea yang sedang dilatih Claudio Ranieri berhasil membeli Zenden dengan harga sebesar 12,9 juta euro atau sekitar Rp212 miliar. Zenden cukup berperan besar untuk Chelsea kala itu. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Zenden memainkan 59 pertandingan bersama Chelsea dengan torehan 4 gol dan 9 assist di semua kompetisi.

Pada 2012 lalu, Zenden memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepak bola. Sunderland menjadi klub terakhir yang ia bela. Kini, ia sedang bekerja sebagai pelatih individu di PSV Eindhoven. Ia bertugas membina keterampilan individu pada pemain PSV Eindhoven.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Berpotensi Tinggalkan Chelsea di Januari 2022

3. Juliano Belletti

6 Pemain Barcelona yang Pernah Dibeli ChelseaJuliano Belletti (skysports.com)

Juliano Belletti merupakan bek kanan berkewarganegaraan Brasil. Ia bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2004. Kala itu, ia dibeli dari Villarreal seharga 6 juta euro atau sekitar Rp98 miliar. Bersama Barcelona, Belletti meraih kesuksesan besar. Ia berhasil memenangi 2 gelar La Liga, 1 gelar Liga Champions, dan 2 gelar Piala Super Eropa. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Belletti memainkan 103 pertandingan bersama Barcelona dengan torehan 1 gol dan 12 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2007, Juliano Belletti dibeli Chelsea. Pihak The Blues hanya perlu membayar 5,5 juta euro atau sekitar Rp90 miliar kepada Barcelona untuk mendatangkan Belletti ke Stamford Bridge. Bersama Chelsea, Belletti berhasil memenangi 1 gelar Liga Inggris, 2 gelar Piala FA, dan 1 gelar Piala Super Inggris.

Berdasarkan data Transfermarkt, Juliano Belletti memainkan 94 pertandingan bersama Chelsea dengan torehan 5 gol dan 6 assist di semua kompetisi. Belletti sudah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak Juli 2011. Ceara menjadi klub terakhir yang ia bela. Kini, ia sedang bekerja sebagai asisten pelatih Cruzeiro.

4. Deco

6 Pemain Barcelona yang Pernah Dibeli ChelseaDeco (fcbarcelonanoticias.com)

Deco adalah salah satu pemain terbaik yang dimiliki Portugal. Ia bergabung ke Barcelona pada musim panas 2004. Ia dibeli Barcelona dari FC Porto seharga 21 juta euro atau sekitar Rp346 miliar. Barcelona tertarik membelinya karena permainan apiknya bersama FC Porto. Deco terkenal memiliki kemampuan olah bola dan kreativitas yang tinggi. Selain itu, ia mau bekerja keras di atas lapangan.

Bersama Barcelona, Deco memenangi 2 gelar La Liga, 1 gelar Liga Champions, dan 3 gelar Piala Super Spanyol. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Deco memainkan 161 pertandingan bersama Barcelona dengan torehan 20 gol dan 45 assist di semua kompetisi.

Pada musim panas 2008, Deco memutuskan untuk bergabung dengan Chelsea. Pihak Chelsea hanya membayar biaya transfer sebesar 10 juta euro atau sekitar Rp164 miliar kepada Barcelona.

Bersama Chelsea, Deco juga meraih beberapa trofi, yakni 1 gelar Liga Inggris, 2 gelar Piala FA, dan 1 gelar Piala Super Inggris. Berdasarkan data Transfermarkt, Deco memainkan 58 petandingan bersama Chelsea dengan torehan 6 gol dan 5 assist di semua kompetisi. Deco pensiun sebagai pemain sepak bola pada Agustus 2013. Klub asal Brasil, Fluminense, menjadi klub terakhirnya.

5. Cesc Fabregas

6 Pemain Barcelona yang Pernah Dibeli ChelseaCesc Fabregas (skysports.com)

Selanjutnya ada gelandang asal Spanyol, Cesc Fabregas. Pemain yang piawai mencetak assist ini dibeli Barcelona dari Arsenal pada musim panas 2011 dengan harga sebesar 34 juta euro atau sekitar Rp560 miliar. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Fabregas memainkan 151 pertandingan bersama Barcelona dengan torehan 42 gol dan 50 assist di semua kompetisi. Selain itu, ia berhasil membawa Barcelona meraih 1 gelar Liga Spanyol, 1 gelar Copa del Rey, 2 gelar Piala Super Spanyol, dan beberapa gelar bergengsi.

Pada musim panas 2014, Cesc Fabregas meninggalkan Barcelona untuk bergabung ke Chelsea. Pihak The Blues membeli Fabregas dari Barcelona dengan harga sebesar 33 juta euro atau sekitar Rp543 miliar.

Bersama Chelsea, Fabregas juga memenangi banyak gelar. Tercatat, ia berhasil membawa Chelsea meraih 2 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 1 gelar Piala Liga, dan 1 gelar Liga Europa. Pada musim dingin 2019, pihak Chelsea menjual Fabregas ke AS Monaco seharga 9 juta euro atau sekitar Rp148 miliar. Kontraknya bersama AS Monaco akan berakhir pada Juni 2022.

6. Pedro

6 Pemain Barcelona yang Pernah Dibeli ChelseaPedro (skysports.com)

Pedro merupakan salah satu pemain jebolan akademi Barcelona yang meraih banyak kesuksesan. Ia berhasil promosi ke tim utama Barcelona pada musim panas 2008. Pedro memiliki kemampuan olah bola yang luar biasa. Ia bisa diandalkan baik sebagai pemain sayap maupun penyerang.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Pedro memainkan 321 pertandingan bersama Barcelona dengan torehan 99 gol dan 62 assist di semua kompetisi. Bersama Barcelona, Pedro memenangi 5 gelar Liga Spanyol, 3 gelar Copa del Rey, 5 gelar Piala Super Spanyol, 3 gelar Liga Champions, dan beberapa gelar bergengsi.

Pada musim panas 2005, Chelsea membeli Pedro dari Barcelona dengan biaya transfer sebesar 27 juta euro atau sekitar 447 miliar. Pedro pun mengaku senang bisa bergabung Chelsea yang saat itu dilatih Jose Mourinho.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Pedro memainkan 2016 pertandingan bersama Chelsea dengan torehan 43 gol dan 28 assist di semua kompetisi. Selain itu, ia berhasil membawa Chelsea meraih 1 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, dan 1 gelar Liga Europa. Pada musim panas 2020, Chelsea melepas Pedro ke AS Roma secara gratis. Musim ini, Pedro resmi meninggalkan AS Roma dan bergabung dengan rival sekota, Lazio, secara gratis.

Itulah deretan pemain Barcelona yang dibeli Chelsea. Kebanyakan dari mereka juga berhasil meraih gelar bersama Chelsea.

Baca Juga: 5 Bek Top yang Berpotensi Jadi Penerus Gerard Pique di Barcelona

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya