Cetak Rekor, Inilah Deretan Atlet Terbaik Indonesia Sepanjang Masa

Dengan sederet prestasi membanggakan.

Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar menyimpan ribuan talenta emas dalam bidang olahraga. Banyak atlet Indonesia yang meraih prestasi di level internasional, bahkan hingga meraih medali emas. Tak jarang mereka bahkan dianggap legenda oleh karena prestasinya yang mengangkat derajat olahraga Indonesia di mata interansional.

Cetak Rekor, Inilah Deretan Atlet Terbaik Indonesia Sepanjang Masaringtinju.com

Di antara banyaknya atlet tersebut, tentunya ada sebagian atlet, yang meraih banyak prestasi tertinggi, hingga layak disebut sebagai atlet terbaik. Tanpa bermaksud mengecilkan sesama atlet bangsa Indonesia, berikut ini beberapa atlet terbaik sepanjang masa yang pernah dimiliki Indonesia versi IDN Times. 

1. Alan Budikusuma & Susi Susanti.

Cetak Rekor, Inilah Deretan Atlet Terbaik Indonesia Sepanjang Masationghoa.info

Di urutan pertama ada pasangan pebulutangkis Alan Budikusuma dan Susi Susanti. Alan dan Susi mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Barcelona 1992 untuk nomor tunggal putra dan tunggal putri. Alan dan Susi menjadi istimewa sebab mereka berdua adalah atlet Indonesia pertama yang berhasil membawa pulang medali emas Olimpiade. Kedua pebulutangkis ini akhirnya menikah dan mendirikan sekolah bulutangkis dan produsen alat olahraga.

2. Rudy Hartono.

Cetak Rekor, Inilah Deretan Atlet Terbaik Indonesia Sepanjang Masamerahputih.com

Atlet kedua, masih dari cabang olahraga bulutangkis yaitu Rudy Hartono. Lahir di Surabaya 68 tahun lalu, Rudy boleh dikatakan sebagai spesialis kejuaraan All England. Hal ini bukan berlebihan, sebab dari 11 kali partisipasinya, Rudy telah menjadi juara sebanyak 8 kali. Pada tahun 1982, Guiness Book of World Records menganugerahkan penghargaan kepada Rudy atas prestasinya di ajang tersebut. Museum Maddam Tussauds pun membuat patung lilin dirinya sebagai bentuk apresiasi atas prestasi dan dedikasinya bagi Indonesia.

3. Chris John.

Cetak Rekor, Inilah Deretan Atlet Terbaik Indonesia Sepanjang Masaringtinju.com

Atlet tinju yang satu ini dikenal sebagai petinju tersukses dalam sejarah tinju Indonesia. Pasalnya Chris John tercatat berhasil mempertahankan gelar Juara Dunia Kelas Bulu Versi WBA hingga 10 tahun berturut-turut sejak tahun 2003 hingga 2013, begitu seperti dilansir dari bola.com. Petinju berjuluk The Dragon itu memutuskan pensiun setelah kalah dari Simpiwe Vetyeka asal Afrika Selatan. Selama karirnya Chris John memegang rekor 52 bermain, 48 menang, 1 kalah dan 3 kali imbang.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Tekuni Olahraga Bulu Tangkis dari Sekarang

4. Richard Sam Bera.

Cetak Rekor, Inilah Deretan Atlet Terbaik Indonesia Sepanjang Masaonebio.id

Atlet berikutnya dari olahraga renang, yaitu Richard Sam Bera. Richard mengawali karir renangnya saat belajar di Amerika Serikat. Kala itu dia mewakili Arizona State University dalam ajang National Collegiate Athletic Association (NCAA). Sementara debutnya untuk timnas renang berawal pada saat SEA Games 1989. Sejak saat itu Richard terus meraih medali emas SEA Games 7 kali berturut-turut hingga tahun 2005. Total Richard mengumpulkan 23 medali emas SEA Games dari berbagai nomor. Selain itu dia juga meraih medali perak untuk kejuaraan renang dunia dan medali perunggu pada Asian Games. Setelah pensiun Richard aktif di dunia media sebagai presenter olahraga dan redaktur majalah olahraga.

5. Suryo Agung Wibowo.

Cetak Rekor, Inilah Deretan Atlet Terbaik Indonesia Sepanjang Masarepublika.co.id

Suryo Agung Wibowo adalah salah satu sprinter kebanggaan Indonesia. Pria kelahiran Solo ini tercatat masih memegang rekor lari 100 meter putra SEA Games dengan catatan waktu terbaik 10,17 detik. Rekor ini mengalahkan rekor atas dirinya sendiri yang diukir pada SEA Games 2007 dengan catatan waktu 10,25. Suryo sempat mencicipi dunia sepakbola dengan bergabung bersama Persikab Bandung sebagai pemain profesional.

6. Bambang Pamungkas.

Cetak Rekor, Inilah Deretan Atlet Terbaik Indonesia Sepanjang Masagoal.com

Nama berikutnya pasti sudah tidak asing lagi. Dia adalah Bambang Pamungkas. Walaupun belum menyumbang trofi untuk tim nasional Indonesia, Bepe disebut sebagai legenda karena rekor penampilan bersama tim nasional yang mencapai 85 kali penampilan dan 37 gol. Di level klub, dia loyal bermain bagi Persija Jakarta dan Selangor FA di liga Malaysia. Baru-baru ini, Bepe juga dinobatkan sebagai ikon sepakbola Asia oleh AFC. Bepe juga aktif sebagai pendiri dan pengurus Asosiasi Pemain Sepakbola Profesional Indonesia (APPI).

Baca juga: 6 Atlet Wanita Ini Punya Gaya Modis yang Bisa Kamu Tiru

Topik:

Berita Terkini Lainnya