Kenalan Yuk Sama "Rimau", Maskot SEA Games Malaysia 2017

Si Harimau Malaya yang lucu.

South East Asian Games atau yang kerap disebut SEA Games 2017 akan berlangsung dalam hitungan hari. Pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara digelar sejak tahun 1959 itu, kini telah memasuki penyelenggaraan edisi ke-29. Ajang ini sendiri akan digelar pada tanggal 19-31 Agustus 2017 mendatang.

Kenalan Yuk Sama Rimau, Maskot SEA Games Malaysia 2017thestar.com.my

Selayaknya gelaran olahraga antar bangsa, sudah keharusan untuk menyiapkan perna-pernik event. Malaysia pun sebagai tuan rumah telah menyiapkan nya, termasuk maskot kejuaraan. Seperti apa wujudnya?

"Rimau" Si Harimau Malaya.

Kenalan Yuk Sama Rimau, Maskot SEA Games Malaysia 2017sportchannelindonesia.co.id

Dilansir dari laman resmi SEA Games 2017, kualalumpur2017.com.my, maskot tersebut diberi nama "Rimau". Sosok Rimau sendiri terinspirasi oleh keanggunan dan kekuatan Harimau Malaya. Hewan yang menjadi kebanggaan publik Malaysia itu digambarkan dalam sosok Rimau sebagai seorang atlet yang kompetitif, ramah, dan juga atletis.

Nama "Rimau" sendiri mewakili semangat SEA Games yaitu, Respect, Integrity, Move, Attitude, & Unity. Walau demikian jangan berpikir bahwa Rimau adalah hewan yang buas. Gambaran mata, hidung, dan kumisnya justru membuat hewan ini terlihat jinak seperti hewan peliharaan lainnya.  

Baca juga: Sudah Tahu Sejarah Menarik di Balik Maskot-maskot Ternama Ini

Termasuk spesies yang terancam punah.

Kenalan Yuk Sama Rimau, Maskot SEA Games Malaysia 2017vice.com

Dilansir vice.com, spesies yang paling sering ditemukan di hutan Malaysia dan Thailand itu populasinya alam liar tak lebih dari 250 ekor saja. International Union for Conservation Nature (IUCN) bahkan menggolongkan hewan ini ke dalam kategori "sangat terancam". Penyebab utama berkurangnya spesies ini adalah rusaknya habitat dan perburuan liar yang tak terkendali. 

Baca juga: Dari Badak Hingga Harimau Langka Hampir Punah, Masih Teledorkah Pemerintah?

Topik:

Berita Terkini Lainnya