6 dari 8 Pembalap Ducati Sudah Rebut Pole Position di MotoGP 2022

Pengendara Desmosedici memang ganas

Tak ada yang meragukan kedigdayaan Ducati pada MotoGP 2022. Pabrikan asal Borgo Panigale mampu menjadi yang tercepat, baik saat balapan maupun kualifikasi.

Khusus kualifikasi, para pengendara Ducati Desmosedici terbukti ganas. Sepanjang MotoGP 2022 yang telah melombakan 14 seri Grand Prix, Ducati sudah mengemas 11 pole position.

Jumlah tersebut ditebus oleh 6 dari 8 pembalap Ducati yang mengaspal. Hanya duet pembalap Mooney VR46 Racing Team, Luca Marini dan Marco Bezzecchi, yang belum pernah menjadi pole sitter.

Kualifikasi terbaik Bezzecchi adalah start dari urutan ke-2 saat balapan kandang di Mugello. Sementara, Marini dua kali start dari barisan depan, yaitu urutan ke-3 saat di Termas de Rio Hondo dan Mugello.

Lalu, siapa saja para pembalap Ducati sudah rebut pole position di MotoGP 2022 dan seperti apa jumlah perolehannya? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Francesco Bagnaia (4 kali)

6 dari 8 Pembalap Ducati Sudah Rebut Pole Position di MotoGP 2022Francesco Bagnaia (motogp.com)

Francesco Bagnaia merupakan pembalap Ducati yang paling banyak mencetak pole position musim ini. Pembalap tim pabrikan yang baru saja menang 4 kali beruntun itu sudah 4 kali merebut pole position.

Bagnaia memulai perlombaan dari posisi terdepan di Jerez, Le Mans, Sachsenring, dan Assen. Sayangnya, tak semua pole position berbuah kemenangan. Di Jerez dan Assen ia jadi kampiun, tetapi di Le Mans dan Sachsenring ia malah tak menuntaskan balapan.

2. Jack Miller (1 kali)

6 dari 8 Pembalap Ducati Sudah Rebut Pole Position di MotoGP 2022Jack Miller (motogp.com)

Jack Miller akhirnya mampu menjadi pole sitter usai puasa sejak 2018. Rekan setim Francesco Bagnaia di tim Ducati Lenovo itu merebut pole position di Sirkuit Misano.

Sayangnya, Miller tak mampu mengonversi pole position menjadi keunggulan. Miller hanya finis di posisi ke-18 lantaran terjatuh pada beberapa putaran awal.

3. Johann Zarco (2 kali)

6 dari 8 Pembalap Ducati Sudah Rebut Pole Position di MotoGP 2022Johann Zarco (motogp.com)

Johann Zarco salah satu pembalap Ducati tercepat. Ia beberapa kali memecahkan rekor top speed di MotoGP. Bukan hanya itu, pembalap tim Pramac Racing ini juga sudah dua kali menjadi yang tercepat saat sesi kualifikasi.

Di Sirkuit Algarve dan Silverstone, Zarco mencetak pole position. Saat balapan di Algarve, ia naik podium usai finis di posisi ke-2. Sedangkan, di Silverstone, Zarco tak mampu menggapai garis finis.

Baca Juga: Selain Ducati Lenovo, Ini Nasib 6 Pembalap Ducati Lain di GP Inggris

4. Jorge Martin (2 kali)

6 dari 8 Pembalap Ducati Sudah Rebut Pole Position di MotoGP 2022Jorge Martin (motogp.com)

Jorge Martin pun ganas di lintasan MotoGP. Rekan setim Johann Zarco di Pramac Racing itu sudah dua kali jadi pole sitter.

Martin rebut pole position di Sirkuit Lusail dan COTA. Sayangnya, Martin tak bisa memaksimalkan keunggulannya tersebut. Di Lusail ia terjatuh lantaran ditubruk Bagnaia, sedangkan di COTA ia hanya finis di posisi ke-8.

5. Enea Bastianini (1 kali)

6 dari 8 Pembalap Ducati Sudah Rebut Pole Position di MotoGP 2022Enea Bastianini (motogp.com)

Akhirnya Enea Bastianini bisa tampil cepat saat sesi kualifikasi. Sejak masih di Moto3 Catalunya musim 2018, Bastianini belum pernah lagi merebut pole position. Namun, itu berubah saat seri MotoGP 2022 Austria di Sirkuit Red Bull Ring.

Di sirkuit yang sering menampilkan banyak kejutan itu, Bastianini bisa menjadi pole sitter bersama Ducati. Itu menjadi pole position pertamanya di kelas premier. Hanya saja, saat balapan ia tak beruntung. Pembalap Gresini Racing itu tak bisa finis karena pelek ban motornya penyok usai menghantam kerb.

6. Fabio Di Giannantonio (1 kali)

6 dari 8 Pembalap Ducati Sudah Rebut Pole Position di MotoGP 2022Fabio Di Giannantonio (motogp.com)

Sejauh ini, Fabio Di Giannantonio jadi satu-satunya rookie MotoGP 2022 yang bisa merebut pole position. Pembalap debutan di tim Gresini Racing itu tampil memukau saat balapan kandang di Sirkuit Mugello.

Bagi rider yang sering disapa Diggia, pole position ini adalah pole position pertamanya di kelas premier, sekaligus pole position kedua sepanjang kariernya di ajang Grand Prix. Saat balapan, ia finis di posisi ke-11. Cukup apik untuk seorang rookie.

Masih ada sisa enam seri balap yang akan dilombakan pada 2022 ini. Ducati tentu masih punya kans untuk terus menambah raihan pole position mereka.

Siapakah pembalap pabrikan Borgo Panigale yang akan jadi pole sitter berikutnya? Salah satu dari keenam rider di atas atau mungkin giliran Marini dan Bezzecchi?

Baca Juga: World Ducati Week Jadi Ajang Reuni Para Pembalap Ducati

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya