Balapan Terakhir di MotoGP Inggris, Suzuki Ingin di Barisan Depan

Rins punya sejarah apik di Silverstone

Para pembalap tim Suzuki Ecstar datang ke Sirkuit Silverstone dengan energi yang terisi penuh. Alex Rins dan Joan Mir pun punya target untuk bisa bersaing di barisan depan.

Apalagi, gelaran MotoGP Inggris yang akan berlangsung pada, Minggu (7/8/2022), merupakan balapan terakhir Suzuki di trek ini. Karena, pada akhir musim 2022, produsen motor asal Jepang tesebut memutuskan hengkang dari ajang Grand Prix.

Alex Rins dan Joan Mir pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Para penggawa pabrikan asal Hamamatsu itu tentunya ingin meninggalkan kenangan manis.

1. Alex Rins cukup berprestasi di MotoGP Inggris

Balapan Terakhir di MotoGP Inggris, Suzuki Ingin di Barisan DepanAlex Rins mengungguli Marc Marquez dengan selisih tipis di MotoGP Inggris 2019. (motogp.com)

Suzuki punya catatan apik pada ajang balapan di Inggris. Terutama berkat pencapaian dari Alex Rins yang cukup kuat bersaing di Sirkuit Silverstone.

Pada 2019, Rins tampil sangat jenius sehingga bisa mengasapi Marc Marquez. Kedua pembalap asal Spanyol itu hanya terpaut selisih 0,013 detik.

Setelah tak ada balapan di Inggris pada musim 2020 lantaran pandemik COVID-19, Rins bisa kembali tampil trengginas pada Grand Prix musim 2021. Meski tak menang, Rins tetap merebut podium di sirkuit sepanjang 5,9 km itu.

2. Rins siap mengulang kesuksesan di Sirkuit Silverstone

Balapan Terakhir di MotoGP Inggris, Suzuki Ingin di Barisan DepanAlex Rins (motogp.com)

Alex Rins sendiri mengakui bahwa Sirkuit Silverstone adalah salah satu trek favoritnya. Setelah jeda liburan selama lima pekan, Rins siap untuk berlomba memperebutkan posisi terdepan.

“Akhirnya kami kembali ke Silverstone. Semua orang tahu betapa aku suka tempat ini dan aku punya banyak memori menyenangkan di sini.

Akan sangat menyenangkan jika aku bisa meraih hasil terbaik lagi. Timku bekerja sangat keras sepanjang tahun, akan menyenangkan jika bisa merayakan bersama mereka,” kata Rins dikutip Speedweek.

Baca Juga: Sejarah Suzuki di MotoGP Penuh dengan Putus Nyambung

3. Joan Mir ingin raih hasil terbaik bersama Suzuki

Balapan Terakhir di MotoGP Inggris, Suzuki Ingin di Barisan DepanJoan Mir (motogp.com)

Rekan setim Rins, Joan Mir, juga menyambut babak kedua MotoGP 2022 dengan antusias. Mir, yang pada liburan musim panas menikahi pasangannya, Alejandra, punya ambisi untuk tampil kuat dan merebut hasil terbaik bersama Suzuki di Inggris.

“Aku tak punya banyak pengalaman di Silverstone karena aku hanya pernah sekali saja balapan MotoGP di trek ini. Itu karena berbagai alasan seperti cedera atau balapannya dibatalkan (seperti pada musim 2018 karena hujan).

Meskipun begitu, aku pikir tata letak sirkuit ini sangat keren. Aku ingin memperbaiki hasilku pada tahun lalu, terlebih lagi karena motor kami terlihat sangat cocok di lintasan ini,” ungkap Mir dilansir Speedweek.

4. GSX-RR punya potensi bersaing di barisan depan

Balapan Terakhir di MotoGP Inggris, Suzuki Ingin di Barisan DepanJoan Mir (motogp.com)

Rins dan Mir punya tujuan sama. Keduanya ingin membuat memori yang menyenangkan dengan cara tampil kuat pada balapan akhir pekan.

“Rekan setimku sangat suka tempat ini. Tentunya akan sangat bagus jika kami berdua bisa membalap di barisan depan pada akhir pekan ini. Aku merasa segar dan siap setelah liburan yang panjang,” ujar Mir.

5. Babak kedua harus lebih baik dari babak pertama

Balapan Terakhir di MotoGP Inggris, Suzuki Ingin di Barisan DepanLivio Suppo (motogp.com)

Tak hanya Rins dan Mir, Livio Suppo pun antusias menyambut seri MotoGP Inggris yang merupakan balapan pembuka pada babak kedua musim. Manajer tim Suzuki itu berharap hasilnya akan lebih baik dibandingkan babak pertama.

“Itu jeda liburan musim panas yang panjang. Akan tetapi, tak buruk bagi semua orang untuk bisa beristirahat. Paruh pertama musim tak begitu baik untuk kami, tetapi kami akan melakukan yang terbaik agar bisa mendapatkan hasil maksimal di babak kedua,” kata Suppo dikutip Speedweek.

MotoGP 2022 masih menyisakan sembilan balapan. Meraih podium atau kemenangan di Inggris tentu akan jadi awalan yang memotivasi. Mampukah Rins atau Mir mengamankan posisi podium di Inggris akhir pekan ini?

Baca Juga: Kawasaki Tak Punya Minat untuk Menggantikan Suzuki di MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya