Berbagai Inovasi di MotoGP Inggris, Ducati Curi Perhatian!

Demi hasil yang lebih baik pada paruh kedua musim

Gelaran MotoGP Inggris jadi seri pembuka paruh kedua musim 2022. Semua pabrikan menyiapkan pengaturan motor terbaik untuk dapat berkompetisi di Sirkuit Silverstone pada Minggu (7/8/2022).

Beberapa pabrikan bahkan mengeluarkan inovasi teknis mereka. Ada yang mencoba aerodinamis, ada juga yang menguji knalpot dan sasis.

Pabrikan apa saja yang mengeluarkan komponen teranyar? Simak uraian berikut sampai tuntas, ya!

1. Elemen aerodinamis baru di buritan Ducati Desmosedici

Berbagai Inovasi di MotoGP Inggris, Ducati Curi Perhatian!Jorge Martin (motogp.com)

Ducati paling menarik perhatian pada sesi latihan bebas MotoGP Inggris pada Jumat (5/8/2022). Lewat Enea Bastianini (Gresini Racing) dan Jorge Martin (Pramac Racing), pabrikan Borgo Panigale mencoba sayap aerodinamis baru yang dipasangkan pada bagian buritan.

Elemen aerodinamis tersebut dipasang di kedua sisi punuk di belakang kursi. Bentuknya yang unik jadi bahan pembicaraan di paddock MotoGP. Sebagian menyebutnya “Stegosaurus” karena bentuknya mengingatkan pada bagian punggung salah satu jenis dinosaurus.

Bagi Bastianini, evolusi aerodinamis pada Ducati justru mengingatkannya pada Pokemon. Mengenai performanya, pembalap berjuluk The Beast itu punya kesan positif, terutama saat pengereman yang membuatnya lebih stabil.

Berbeda dengan Bastianini, Martin belum bisa menyimpulkan apakah ia cocok atau tidak dengan inovasi ini. Saat pengujian pada hari pertama, Spaniard merasa tak begitu cepat di atas Desmosedici tunggangannya.

2. Honda RC213V milik Takaaki Nakagami dipasangi sasis baru

Berbagai Inovasi di MotoGP Inggris, Ducati Curi Perhatian!Takaaki Nakagami (motogp.com)

Lantaran tampil mengecewakan pada paruh pertama musim, tak heran jika Honda mengeluarkan beberapa inovasi. Salah satunya adalah sasis baru yang dicoba pada motor RC213V milik Takaaki Nakagami (Idemitsu LCR Honda).

“Sasis baru terlihat oke. Aku punya perasaan yang lebih baik di atas motor. Aku menjajalnya pada sesi latihan pertama dan langsung positif.

Aku merasakan lebih banyak cengkeraman, terutama di bagian belakang. Sasis ini membuat motor lebih stabil. Ini membantu,” ujar pembalap asal Jepang tersebut dilansir Motorsport-Total.

Baca Juga: Andrea Dovizioso Pensiun dari MotoGP usai GP San Marino 2022

3. Pol Espargaro dan Nakagami menguji sayap aerodinamis baru

Berbagai Inovasi di MotoGP Inggris, Ducati Curi Perhatian!Pol Espargaro (motogp.com)

Tak hanya mengeluarkan sasis anyar, Honda pun membawa paket aerodinamis versi terbaru. Versi ini dipasang pada motor milik Nakagami dan Pol Espargaro (Repsol Honda).

Bagi Nakagami, ia belum bisa memastikan apakah aerodinamis tersebut punya pengaruh baik. Namun, Pol mengungkapkan bahwa aerodinamis baru membantu memberikan lebih banyak cengkeraman.

“Aerodinamis baru ini membantu untuk memberikan cengkeraman yang lebih baik lagi. Selain itu, kami lebih cepat 3,5 km/jam di lintasan lurus di sirkuit cepat ini. Itu cukup banyak,” ungkap Pol.

4. Knalpot baru KTM RC16 lebih panjang

Berbagai Inovasi di MotoGP Inggris, Ducati Curi Perhatian!Brad Binder (motogp.com)

KTM memasang knalpot Akrapovic baru pada latihan bebas di Sirkuit Silverstone. Versi pertama knalpot tersebut sudah terlihat pada tes resmi awal Mei 2022 lalu di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Knalpot yang dipasang di bagian kanan itu punya bentuk yang lebih panjang dari sebelumnya. Dua pembalap tim Red Bull KTM Factory, Brad Binder dan Miguel Oliveira, sama-sama mencoba inovasi ini.

“Dalam perbandingan langsung, knalpot tidak memberi kami kecepatan atau tenaga lebih, tetapi memberikan perasaan lebih baik. Aku lebih suka knalpot baru ini,” kata Oliveira dilansir Motorsport-Total.

5. Ada perubahan pada garpu depan KTM milik Miguel Oliveira

Berbagai Inovasi di MotoGP Inggris, Ducati Curi Perhatian!Miguel Oliveira (motogp.com)

Selain knalpot, KTM juga mencoba mengubah garpu depan pada RC16 milik Miguel Oliveira. Perubahan ini hanya dicoba Oliveira dan tak diuji pada motor milik Brad Binder.

KTM masih melibatkan Oliveira dalam pengembangan motornya. Pembalap Portugal itu masih dipercaya pabrikan asal Austria meski mereka akan berpisah pada akhir musim.

MotoGP Inggris jadi seri pembuka untuk babak kedua musim 2022. Pabrikan manakah yang akan unggul di Sirkuit Silverstone? Sejauh ini, Ducati mencuri perhatian.

Baca Juga: 5 Sirkuit di Inggris Raya yang Pernah Menggelar MotoGP, Apa Saja?

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya