Joan Mir Sebut Trek Basah di Portimao Lebih Buruk daripada Mandalika

Hujan bikin air menggenang di beberapa bagian trek

Joan Mir berhasil mengunci posisi tiga besar pada hasil kombinasi hari pertama latihan bebas MotoGP di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, Jumat (22/4/2022). Pembalap tim Suzuki Ecstar ini tampil apik sekaligus jadi yang tercepat ke-2 saat sesi latihan bebas pertama (FP1) yang berlangsung di tengah guyuran hujan.

Memasuki sesi FP2, kondisi trek yang makin basah cukup merepotkan para pembalap. Joan Mir hanya bisa mencatatkan waktu yang membuatnya menjadi yang tercepat ke-11. Meski begitu, hasil yang bagus di FP1 membuat Mir tetap bertengger di posisi tiga besar pada hari pertama latihan.

Simak komentar Joan Mir terkait lintasan basah di Sirkuit Algarve berikut ini!

1. Joan Mir tampak nyaman berkendara di lintasan basah

Joan Mir Sebut Trek Basah di Portimao Lebih Buruk daripada Mandalikapotret Joan Mir (motogp.com)

Joan Mir cukup senang dengan hasil FP1. Itu membuat kepercayaan dirinya meningkat. Namun, hasil FP2 tak begitu menyenangkan bagi Mir.

“Aku pikir hari ini hampir sia-sia. Aku mengacu pada FP2. Meski begitu, yang terpenting dari kondisi seperti ini adalah menemukan perasaan yang tepat di atas motor. Apa yang akan kita lihat besok juga tergatung dari kondisi lintasan.

Secara umum aku merasa baik di Portimao. Jadi, meskipun nanti kami membalap dalam kondisi kering, aku pasti bisa mendapatkan hasil yang baik,” kata Mir dikutip Motosan.

2. Suzuki siap balapan pada kondisi kering atau basah

Joan Mir Sebut Trek Basah di Portimao Lebih Buruk daripada Mandalikapotret Joan Mir (motogp.com)

Sesi balapan di Sirkuit Portimao akan berlangsung hari, Minggu (24/4/2022). Tak ada yang tahu secara pasti apakah balapan akan berlangsung dalam kondisi basah atau kering. Bagi Mir, apapun situasinya, ia siap menunjukkan performa terbaik.

“Memulai akhir pekan dengan perasaan yang tepat adalah hal yang baik, terlepas kamu balapan di kondisi kering atau basah. Itu membuat pembalap lebih percaya diri. Jadi, meski aku harus membalap dalam kondisi basah seperti hari ini, aku pasti bisa tampil baik di hari Minggu nanti,” ujar Mir.

Baca Juga: Joan Mir Senang dengan Pencapaiannya meski Belum Pernah Podium

3. Kondisi keselamatan saat lintasan basah

Joan Mir Sebut Trek Basah di Portimao Lebih Buruk daripada Mandalikapotret Joan Mir (motogp.com)

Hujan yang mengguyur membuat air menggenang di beberapa bagian trek. Joan Mir khawatir jika hujan yang turun terlalu deras, maka kondisi basah di lintasan bisa membahayakan.

“Sebenarnya hujan (hari Jumat) tak terlalu deras. Akan tetapi, setidaknya dari yang aku lihat, beberapa bagian trek tak bisa mengeringkan air dengan baik sehingga air tetap berada di lintasan dan menyebabkan aquaplaning.

Aku pikir kita tak pernah balapan dengan kondisi sirkuit seperti ini. Kita sudah balapan di kondisi basah, tetapi kondisi lintasannya tak sebasah ini. Aku terkejut, aku tak menyangka. Jika hujannya lebih lebat akan membahayakan,” kata rider bernomor 36 itu dikutip Motosan.

4. Mir menganggap kondisi trek basah di Portimao lebih buruk daripada Mandalika

Joan Mir Sebut Trek Basah di Portimao Lebih Buruk daripada Mandalikapotret Joan Mir (motogp.com)

Joan Mir dan Suzuki siap tampil apik dalam kondisi basah, meskipun itu tetap bergantung pada kondisi lintasannya. Terkait dengan kondisi trek basah di Portimao, Mir menganggap kondisinya lebih buruk daripada saat menggeber motor di Sirkuit Mandalika.

“Sejujurnya aku tak terlalu memperhatikan (motor) lain. Aku mencoba bekerja tanpa banyak memikirkan tentang itu. Tentu saja kami harus mengakui bahwa kondisi trek di sini mungkin lebih buruk daripada di Mandalika. Bagiku, hal yang terpenting saat ini adalah tidak melihat (performa) motor lain, melainkan tetap fokus pada jalannya balapan,” ujar Mir.

5. Joan Mir dan Suzuki GSX-RR siap tampil garang

Joan Mir Sebut Trek Basah di Portimao Lebih Buruk daripada Mandalikapotret Joan Mir (instagram.com/suzukimotogp)

Performa GSX-RR musim ini meningkat pesat dibandingkan tahun lalu. Joan Mir percaya diri bisa menampilkan performa terbaiknya saat sesi balapan dimulai.

“Tahun lalu kami selalu menderita saat hari pertama tes. Pada kualifikasi pun selalu tertinggal dari yang lain. Akan tetapi, tahun ini berbeda karena semua aspek dalam motor telah berkembang jauh. Aku yakin semuanya tergantung juga pada kondisi trek. Aku pikir Suzuki akan bisa bertahan pekan ini. Perasaanku saat ini sangat bagus,” ungkap Mir dilansir Motosan.

Pada dua balapan terakhir MotoGP di Sirkuit Algarve, Portimao, Joan Mir selalu bisa mendapatkan podium. Ia mendapatkan podium ke-2, lalu podium ke-3 pada balapan berikutnya. Untuk kali ini, bisakah Mir merebut podium pertama?

Baca Juga: Marc Marquez dan Enea Bastianini Siap Adu Sikut di MotoGP Portugal

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya