Akrab Sejak Lama, Jorge Martin Malah Senang Dikalahkan Aleix Espargaro

Keduanya mendominasi GP Argentina!

Jorge Martin mengawali musim dengan hasil jeblok. Pada dua seri pertama gelaran MotoGP di Qatar dan Indonesia, pembalap tim Pramac Racing ini nihil poin lantaran terjatuh di setiap balapan.

Beda cerita dengan gelaran GP Argentina. Tampil kuat sejak sesi kualifikasi, Jorge Martin bisa mengamankan podium ke-2 dan mengoleksi 20 poin.

1. Tak menang, tetapi tetap senang

Akrab Sejak Lama, Jorge Martin Malah Senang Dikalahkan Aleix EspargaroJorge Martin (motogp.com)

Meski tak menang, finis di posisi podium tetap menjadi pencapaian yang memuaskan bagi Jorge Martin. Hasil di GP Argentina menjadi semacam penebusan atas penampilannya yang buruk di dua seri balapan sebelumnya.

“Aku sangat senang bisa menyelesaikan balapan, karena awal musim ini cukup sulit buatku. Di sini aku bisa tampil konsisten dan sangat cepat. Aku mencapai posisi yang sangat bagus. Aku pikir ini adalah salah satu akhir pekan terbaikku sejak berada di MotoGP,” kata Martin dikutip Motosan.

2. Aleix Espargaro menyalip Jorge Martin di beberapa lap terakhir

Akrab Sejak Lama, Jorge Martin Malah Senang Dikalahkan Aleix EspargaroJorge Martin dan Aleix Espargaro (motogp.com)

Balapan GP Argentina menyajikan pertarungan yang menegangkan. Aleix Espargaro yang memulai balapan sebagai polesitter ditantang oleh Jorge Martin yang start di belakangnya. Kedua pembalap ini jadi pembalap yang mendominasi duel di barisan terdepan.

Jorge Martin memimpin jalannya balapan di sebagian besar putaran. Namun, pada empat lap terakhir, Aleix Espargaro mampu menyalip dan mengatur ritme balapan. Martin harus puas finis di tempat ke-2 di belakang Aleix yang merebut kemenangan pertamanya di ajang grand prix.

“Aku tahu Aleix sedikit lebih cepat dariku, jadi aku mencobanya untuk tetap di belakangku. Aku mengerem sedikit lebih baik darinya, tetapi kecepatan Aleix luar biasa di beberapa bagian trek, terutama di tikungan satu dan dua,” ujar The Martinator dilansir Motosan.

Baca Juga: 5 Rekor Aleix Espargaro usai Menang di MotoGP Argentina, Spektakuler!

3. Tak kecewa dikalahkan Aleix Espargaro

Akrab Sejak Lama, Jorge Martin Malah Senang Dikalahkan Aleix EspargaroJorge Martin (motogp.com)

Aleix Espargaro mencetak sejarah di GP Argentina. Ia merebut kemenangan pertamanya setelah berkarier di kejuaraan dunia grand prix sejak 2004. Kemenangan ini pun menjadi kemenangan pertama bagi Aprilia Racing.

“Aku senang untuknya, karena Aleix adalah temanku, aku senang dia mengalahkanku hari ini,” ungkap Jorge Martin seperti dikutip Motosan.

4. Jorge Martin tahu Aleix Espargaro punya ritme balapan yang lebih cepat

Akrab Sejak Lama, Jorge Martin Malah Senang Dikalahkan Aleix EspargaroJorge Martin dan Aleix Espargaro (motogp.com)

Aleix Espargaro memang tampil apik sejak sesi latihan bebas. Mengendarai Aprilia RS-GP, Aleix menjadi yang tercepat sejak sesi latihan bebas hingga sesi kualifikasi dan merebut pole position. Kali ini Jorge Martin yang mengendarai Ducati Desmosedici GP22 harus mengakui keunggulan Aleix.

“Aku tahu bahwa Aleix akan datang (menyerang). Aku mengawasinya di layar raksasa pada setiap putaran. Di tikungan lima, ia sangat dekat, aku bahkan bisa mendengar suara motornya. Aku sadar bahwa cepat atau lambat Aleix akan mendahuluiku,” kata Martin dilansir Motosan.

5. Jorge Martin punya sejarah hubungan yang baik dengan Aleix Espargaro

Akrab Sejak Lama, Jorge Martin Malah Senang Dikalahkan Aleix EspargaroAlex Rins, Aleix Espargaro, dan Jorge Martin (motogp.com)

Sebagai sesama pembalap asal Spanyol, Jorge Martin dan Aleix Espargaro punya hubungan yang baik. Lebih dari itu, ternyata mereka punya sejarah hubungan yang begitu dekat. Jorge Martin bahkan merasa punya utang budi pada Aleix.

“Aku sangat senang untuknya, sungguh. Tak ada yang tahu seberapa keras ia telah bekerja. Khusus untukku, ia berjasa telah memberiku tempat tinggal. Aleix membawaku ke rumahnya ketika aku masih membalap di Rookies Cup. Ia memberiku makan, ia memberikanku alat untuk berlatih ketika aku tak punya apa-apa. Karena semua orang tahu aku berasal dari keluarga yang sederhana.

Aleix telah banyak menolongku di masa lalu dan sepanjang karierku. Ia menghabiskan banyak waktu denganku dan membuatku menjadi pembalap yang lebih baik. Jadi, Aleix bisa menang adalah hal terbaik yang terjadi hari ini,” ungkap pembalap bernomor 89 itu dikutip Motosan.

 

Kemenangan Aleix Espargaro memang fenomenal. Tak heran jika Jorge Martin merasa senang dengan pencapaian itu. Menghadapi gelaran GP Amerika pada 10 April 2022 nanti, bisakah kedua pembalap Spanyol ini kembali merebut podium?

Baca Juga: Jorge Martin: Pembalap Muda yang Siap Jadi Kejutan di MotoGP 2022

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya