4 Kemenangan Alex Rins di Sirkuit COTA, Kampiun di Semua Kelas

Rins cukup digdaya di Amerika Serikat

MotoGP 2023 Amerika Serikat yang berlangsung pada, Senin (17/4/2023) dini hari WIB, jadi hari bersejarah bagi Alex Rins. Baru menggeber RC213V sejak awal musim, penggawa tim LCR Honda ini sudah mampu mendulang kemenangan.  

Hasil ini jadi kemenangan pertama Rins bersama pabrikan berlogo sayap tunggal. Ini juga jadi kemenangan pertama Honda sejak 539 hari yang lalu.

Jika ditilik dari performanya, Alex Rins memang sering tampil digdaya di Sirkuit COTA. Dari 18 kemenangannya di berbagai kelas, 4 di antaranya ia menangkan di lintasan sepanjang 5,5 km tersebut. Simak rentetan kemenangan Rins di Sirkuit COTA berikut ini.

1. MotoGP 2023

4 Kemenangan Alex Rins di Sirkuit COTA, Kampiun di Semua Kelaspotret Alex Rins (motogp.com)

Kemenangan Alex Rins bersama LCR Honda menjadi sebuah pencapaian baru. Ini adalah kemenangan kedua Rins di Sirkuit COTA di kelas MotoGP.

Start dari urutan ke-2, Rins tampil trengginas sejak putaran pertama. Demi menjaga keunggulannya, ia membuntuti pemimpin balapan, Francesco Bagnaia, pada setiap putaran.

Saat Bagnaia terjatuh, Rins mewarisi posisi terdepan dan mampu mempertahankan posisi tersebut. Rins mengungguli Luca Marini dan Fabio Quartararo dengan selisih yang mencapai 3,498 detik.

Baca Juga: Alex Rins Akhiri Dahaga Kemenangan Honda di MotoGP

2. MotoGP 2019

4 Kemenangan Alex Rins di Sirkuit COTA, Kampiun di Semua KelasAlex Rins unggul dari Valentino Rossi di MotoGP Amerika 2019. (motogp.com)

MotoGP Amerika Serika musim 2019 adalah momen ketika Rins pertama kali menang di Sirkuit COTA. Kala itu, Spaniard masih memperkuat Suzuki Ecstar, tim yang membesarkan namanya di kelas premier.

Rins berhasil memanfaatkan absennya Marc Marquez yang terjatuh setelah hanya menuntaskan 12 putaran. Padahal, Marquez sudah unggul lebih dari 3 detik. Lantaran terjatuh, kesempatan Marquez untuk meraih kemenangan ketujuh secara beruntun pun sirna.

Rins menang di depan Valentino Rossi dan Jack Miller. Selisihnya sekitar 0,462 detik. Kemenangan ini adalah kemenangan pertama Rins di kelas MotoGP, sekaligus menjadi kemenangan pertama Suzuki sejak kembali ke kelas premier pada 2016.

3. Moto2 2016

4 Kemenangan Alex Rins di Sirkuit COTA, Kampiun di Semua Kelaspotret Alex Rins di Moto2 2016 (motogp.com)

Sebelum merengkuh dua kemenangan di kelas utama, Alex Rins juga pernah menjadi kampiun di Sirkuit COTA saat berlaga di Moto2. Tepatnya pada gelaran Grand Prix musim 2016 silam.

Saat itu, Rins yang berseragam tim Paginas Amarillas HP 40 tampil kuat sepanjang akhir pekan. Rins bisa merebut pole position saat kualifikasi. Ketika balapan, Rins tampil ganas sehingga unggul dari Sam Lowes dan Johann Zarco dengan selisih yang mencapai 2,091 detik.

4. Moto3 2013

4 Kemenangan Alex Rins di Sirkuit COTA, Kampiun di Semua Kelaspotret Alex Rins di Moto3 2013 (motogp.com)

Di kelas Moto3, Alex Rins pun pernah menguasai Sirkuit COTA pada musim 2013. Ini merupakan momen kemenangan pertama Rins di ajang Grand Prix.

Rins yang saat itu masih berusia 17 tahun membalap cukup apik di lintasan. Berbekal pole position, pembalap tim Estrella Galicia 0,0 ini unggul pada balapan yang sempat diwarnai red flag. Rins terlibat duel dengan Luis Salom pada lima putaran akhir. Memasuki tikungan pamungkas, Salom melebar sehingga Rins pun melewati garis finis lebih dahulu.

Sementara itu, Maverick Vinales yang berada tak jauh di belakang mereka memanfaatkan kesempatan dan mengamankan P2. Rins unggul dari Vinales dengan selisih 0,384 detik.

5. Performa Alex Rins di Sirkuit COTA

4 Kemenangan Alex Rins di Sirkuit COTA, Kampiun di Semua Kelaspotret Alex Rins (motogp.com)

Alex Rins membuktikan diri sebagai pembalap tangguh di kelas utama. Terutama di Sirkuit COTA, Rins sudah berkali-kali unggul dan tampil apik.

Berikut ini hasil balap Alex Rins di Sirkuit COTA sejak 2013:

  • 2013: Estrella Galicia 0,0 (Moto3) - P1;
  • 2014: Estrella Galicia 0,0 (Moto3) - P4;
  • 2015: Paginas Amarillas HP 40 (Moto2) - P3;
  • 2016: Paginas Amarillas HP 40 (Moto2) - P1;
  • 2017: Suzuki Ecstar (MotoGP) - cedera;
  • 2018: Suzuki Ecstar (MotoGP) - DNF;
  • 2019: Suzuki Ecstar (MotoGP) - P1;
  • 2020: pandemik Covid-19;
  • 2021: pandemik Covid-19;
  • 2022: Suzuki Ecstar (MotoGP) - P2; dan
  • 2023: LCR Honda (MotoGP) – P1.

Alex Rins memang belum setangguh Marc Marquez. Namun, jika mampu mempertahankan performa apiknya, Rins bisa menjadi saingan berat bagi Marquez di Sirkuit COTA. Bisakah Rins kembali menang pada balapan musim depan?

Baca Juga: Alex Rins Menangi MotoGP Amerika, Alberto Puig Sorot Performa RC213V

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya