7 Kemenangan Terakhir Suzuki di MotoGP, Pantas Dikenang

Jadi kemenangan pertama bagi pembalapnya

MotoGP kehilangan motor terbaik di grid. Penggawa Suzuki membuktikan bahwa GSX-RR adalah motor pemenang. Sayangnya, pabrikan Hamamatsu harus undur diri dari ajang Grand Prix. Rentetan keberhasilan GSX-RR pun akan terhenti.

Bak sebuah hubungan, sejarah Suzuki di MotoGP dipenuhi dengan putus nyambung. Setidaknya sudah tiga kali mereka memutuskan hengkang dari ajang Grand Prix: pertama pada 1983, lalu pada 2012, dan mulai 2023, tak akan ada lagi Suzuki di lintasan balap.

Keputusan pabrikan Hamamatsu untuk keluar dari MotoGP patut disayangkan. Pasalnya, sejak terakhir kali comeback pada 2015, mereka bisa menunjukkan ketangguhan mesin inline-4. Seiring berjalannya waktu, GSX-RR tak hanya jago di tikungan, tetapi juga kuat di lintasan lurus.

Sejak 2015 tersebut, Suzuki berproses menjadi tim MotoGP yang semakin kompetitif dan berkualitas. Tengok saja pencapaiannya, dalam periode hingga akhir 2022, tim berlabel Suzuki Ecstar itu bisa mengemas total 7 kemenangan yang diraih oleh para pembalapnya.

Intip bagaimana Suzuki bisa menjadi kampiun pada setiap serinya. Itu sederet kemenangan yang pantas dikenang.

1. Alex Rins, GP Valencia 2022

7 Kemenangan Terakhir Suzuki di MotoGP, Pantas DikenangAlex Rins menang di MotoGP Valencia musim 2022. (motogp.com)

Sudah bergabung dengan Suzuki sejak 2017, Rins dibuat kecewa oleh keputusan Suzuki keluar dari MotoGP. Kabar buruk tersebut ia dapatkan usai balapan seri Jerez pada pertengahan musim 2022. Dalam beberapa seri berikutnya, penampilan Rins pun jeblok.

Namun, Rins sadar bahwa ia masih punya kesempatan untuk tampil apik pada sisa-sisa seri yang ia jalani bersama Suzuki. Alex Rins pun bangkit. Dalam tiga seri terakhir musim 2022, Rins memenangkan dua balapan. Salah satunya pada seri terakhir.

MotoGP seri Valencia musim 2022 akan tercatat dalam sejarah sebagai akhir yang manis untuk Suzuki. Berkat kedigdayaan Rins, Suzuki menutup perjalanannya di ajang Grand Prix sebagai pemuncak podium.

Rins start dari urutan ke-5 di grid. Putaran-demi putaran, pembalap asal Spanyol itu merangsek ke posisi terdepan. Setelah melahap 27 lap, Rins menjadi yang pertama melewati garis finis. Ia mengasapi Brad Binder di atas KTM dan Jorge Martin di atas Ducati.

2. Alex Rins, GP Australia 2022

7 Kemenangan Terakhir Suzuki di MotoGP, Pantas DikenangAlex Rins menang di MotoGP Australia musim 2022. (motogp.com)

Dua seri sebelum kemenangan terakhir Suzuki di Valencia, Alex Rins pun mendulang poin tertinggi di seri Australia. Penampilan Rins di Sirkuit Phillips Island tak kalah epik. Spaniard memulai balapan dari urutan ke-10. Sukses memanfaatkan kekuatan GSX-RR yang jago di tikungan, Rins bisa memburu rival-rival yang ada di depannya.

Pembalap bernomor 41 ini mengungguli Marc Marquez di atas Honda dengan selisih 0,186 detik. Juga unggul dari Francesco Bagnaia di atas Ducati yang sedang berada di atas angin dalam perburuan gelar.

3. Joan Mir, GP Eropa 2020

7 Kemenangan Terakhir Suzuki di MotoGP, Pantas DikenangJoan Mir menang di MotoGP Eropa musim 2020. (suzuki-racing.com)

Joan Mir baru bergabung dengan Suzuki pada 2019. Setahun berikutnya, Mir bisa memberikan prestasi tertinggi yang bisa diraih seorang pembalap Grand Prix. Apalagi kalau bukan gelar juara dunia MotoGP musim 2020.

Mir bukan pembalap yang paling banyak jadi kampiun, tetapi ia paling konsisten saat itu. Dalam hal kemenangan, Mir hanya mengemas satu trofi pemenang di seri GP Eropa yang dihelat di Sirkuit Ricardo Tormo. Start dari urutan ke-5, Mir mampu mendesak ke depan. Usai menuntaskan 27 putaran, Spaniard finis P1 tepat di depan Rins.

Kemenangan tersebut akan menjadi kemenangan pertama dan terakhir Mir bersama Suzuki. Sebuah kemenangan yang tentu saja layak dikenang.

Baca Juga: Reaksi para Pembalap MotoGP Usai Seri MotoGP Italia di Sirkuit Mugello

4. Alex Rins, GP Aragon 2020

7 Kemenangan Terakhir Suzuki di MotoGP, Pantas DikenangAlex Rins menang di MotoGP Aragon musim 2020. (suzuki-racing.com)

Selain Mir, Alex Rins pun merengkuh kemenangan pada musim 2020. Saat gelaran GP Aragon di Sirkuit Aragon, ia tampil ganas di atas GSX-RR.

Rins mampu finis terdepan meskipun start dari urutan ke-10 di grid. Balapan berdurasi 23 lap itu ia menangkan setelah mengungguli Alex Marquez dan Joan Mir.

5. Alex Rins, GP Inggris 2019

7 Kemenangan Terakhir Suzuki di MotoGP, Pantas DikenangAlex Rins menang di MotoGP Inggris musim 2019. (suzuki-racing.com)

Alex Rins dan Suzuki punya pengalaman bertarung ketat dengan Marc Marquez. Pada musim 2019 saat gelaran GP Inggris, penggemar MotoGP disuguhkan aksi menikung yang hebat.

Bagaimana tidak, hanya tersisa satu tikungan terakhir, Rins bisa mencuri kemenangan dari seorang Marquez. Jarak finis keduanya pun begitu rapat. Rins unggul 0,013 detik dari The Baby Alien.

6. Alex Rins, GP Amerika 2019

7 Kemenangan Terakhir Suzuki di MotoGP, Pantas DikenangAlex Rins menang di MotoGP Amerika musim 2019. (suzuki-racing.com)

Seri MotoGP Amerika di COTA musim 2019 jadi ajang Grand Prix bersejarah bagi Alex Rins dan Suzuki. Di sinilah Rins untuk pertama kalinya menang di kelas premier usai menaklukkan sirkuit yang biasanya dikuasai Marc Marquez.

Meski saat itu Marquez tak menuntaskan balapan karena terjatuh, tetapi kemenangan Rins tetap fantastis. Rins mampu tampil konsisten dalam setiap putaran. Ia pun tak tertekan meski dibuntuti Valentino Rossi. Rins unggul dari Rossi dengan selisih 0,462 detik.

7. Maverick Vinales, GP Inggris 2016

7 Kemenangan Terakhir Suzuki di MotoGP, Pantas DikenangMaverick Vinales menang di MotoGP Inggris musim 2016. (suzuki-racing.com)

Suzuki kembali ke MotoGP pada musim 2015. Setahun membalap, tak ada satu podium pun yang mereka kantongi. Namun, keadaan berubah setahun berikutnya. Pada 2016, Suzuki merengkuh podium pertamanya di seri Prancis saat Maverick Vinales finis P3 di Sirkuit Le Mans.

Podium tersebut jadi motivasi bagi Suzuki dan Vinales. Delapan seri berikutnya, Mereka mengangkat trofi kampiun di Sirkuit Silverstone, Inggris. Vinales unggul lumayan jauh di depan pembalap tuan rumah Cal Crutchlow dengan selisih 3,480 detik.

Kemenangan yang bersejarah bagi Vinales karena itulah kemenangan pertamanya di kelas premier. Bagi Suzuki, itu merupakan kemenangan pertama setelah mereka comeback pada 2015 dan kemenangan kedua pada era MotoGP (Chris Vermeulen menang pada 2007).

Tujuh kemenangan terakhir Suzuki di MotoGP dimenangkan oleh Alex Rins (5 kemenangan), Joan Mir (1 kemenangan), dan Maverick Vinales (1 kemenangan). Uniknya, setiap kemenangan bersama Suzuki tersebut adalah kemenangan pertama bagi Rins, Mir, dan Vinales di MotoGP. Memang kemenangan yang pantas dikenang, bukan?

Baca Juga: Joan Mir Masih Tak Percaya Suzuki Pergi dari MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya