Manajer Pembalap MotoGP Bakal Berkongsi Minta Bonus Sprint Race

Pembalap yang menang layak dapat tambahan

Sirkuit Sepang jadi tempat pertama yang disinggahi kru MotoGP 2023. Bakal ada shakedown test yang diikuti rookie dan test rider pada 5—7 Februari di lintasan sepanjang 5,5 km tersebut. Beberapa hari kemudian, pada 10—12 Februari, giliran semua pembalap reguler yang mengaspal di tes pramusim.

Ternyata tak hanya pembalap dan krunya yang bakal sibuk di Sepang. Para manajer pembalap MotoGP juga punya rencana untuk berdiskusi dan berkongsi. Ada apa, ya?

1. Para manajer bakal membahas isu bonus sprint race

Manajer Pembalap MotoGP Bakal Berkongsi Minta Bonus Sprint Raceilustrasi balap MotoGP (motogp.com)

Carlo Pernat, manajer Enea Bastiaini, menyatakan bahwa ia dan para manajer pembalap akan berkumpul untuk membahas isu penting. Dengan adanya sprint race yang berdurasi setengah jarak dan bernilai setengah poin dari main race, menurutnya pembalap layak mendapat bonus.

“Ada masalah besar di sini, bukan hanya masalah kecil. Kami para manajer pasti akan bertemu. Aku telah berbicara dengan Albert Valera, yang bertanggung jawab atas Aleix Espargaro dan Jorge Martin, dan Giovanni Balestra, manajer Maverick Vinales. Hanya manajer Fabio Quartararo, Eric Mahe, yang sedikit ragu saat ini,” kata Pernat dilansir Speedweek.

2. Sprint race juga balapan dan pembalap harus mendapatkan haknya

Manajer Pembalap MotoGP Bakal Berkongsi Minta Bonus Sprint Raceilustrasi balap MotoGP (motogp.com)

Sprint race adalah format baru di MotoGP. Berbeda dengan main race yang digelar pada Minggu, sprint race digelar pada Sabtu dengan melombakan setengah durasi balapan main race. Poin yang diterima pembalap pun hanya separuh. Kendati begitu, poin tersebut tetap berpengaruh dan penting lantaran dihitung sebagai poin kejuaraan.

“Kita akan bertemu di Sepang dan membicarakan masalah pembayaran bonus sprint race. Tak mungkin pembalap tak mendapatkan uang,” kata manajer veteran di paddock MotoGP tersebut.

Baca Juga: 10 Pembalap yang Bakal Mengaspal di Shakedown Test MotoGP 2023

3. Pernat gigih mengenai isu ini

Manajer Pembalap MotoGP Bakal Berkongsi Minta Bonus Sprint RacePara pembalap MotoGP memperebutkan posisi terdepan. (motogp.com)

Carlo Pernat merasa isu bonus sprint race sangat penting. Ia bahkan siap untuk membawa pengacara untuk menyelesaikan masalah ini.

“Pabrikan harus memahami bahwa pembalap mesti menerima pembayaran bonus, meski hanya setengah dari jumlah normal. Hal ini tepat karena ada setengah poin yang diterima. Harus hati-hati, karena kami siap untuk menghubungi pengacara,” ujar Pernat dikutip Speedweek.

4. Carlo Pernat meminta pabrikan menyediakan bonus untuk posisi tiga besar

Manajer Pembalap MotoGP Bakal Berkongsi Minta Bonus Sprint RaceJack Miller, Enea Bastianini, dan Aleix Espargaro (motogp.com)

Sampai saat ini, belum ada solusi yang disepakati antara pabrikan dan pembalap mengenai masalah sensitif pembayaran bonus. Pernat menginginkan agar pabrikan bisa menyediakan bonus bagi pembalap yang finis di posisi tiga besar pada sprint race.

“Sprint race adalah balapan, bukan pertunjukan lari. Jadi, harus ditemukan cara untuk membayar pembalap, mungkin dengan sistem bonus yang tak harus setengah dari apa yang seharusnya mereka dapatkan. Bonus untuk posisi tiga besar harus disediakan,” beber manajer berusia 74 tahun itu.

5. Pembalap sepakat dengan para manajernya

Manajer Pembalap MotoGP Bakal Berkongsi Minta Bonus Sprint RaceEnea Bastianini dan tim Gresini Racing (instagram.com/gresiniracing)

Carlo Pernat yakin usahanya bakal membuahkan hasil. Para pembalap setuju dengan manajernya untuk mendapatkan bonus.

“Tentu saja semua pembalap setuju dengan kami. Ini balapan yang diperhitungkan untuk kejuaraan dunia. Kamu bisa menang atau kehilangan gelar karena sprint race,” kata Pernat dilansir Speedweek.

Termasuk sprint race, total ada 42 balapan dalam 21 Grand Prix yang digelar pada 2023. Dengan banyaknya balapan, rasanya tak heran jika pembalap meminta kompensasi lebih.

Baca Juga: Luca Marini Bersumbar Jadi Salah Satu Pemenang di MotoGP 2023

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya