Marco Bezzecchi Jadi Pionir di Tim Milik Valentino Rossi

Pembalap pertama yang mencetak podium dan pole position

Gelaran MotoGP 2022 seri Thailand akan jadi salah satu seri Grand Prix terbaik untuk Marco Bezzecchi. Pasalnya, pembalap Italia itu berhasil menjadi pembalap tercepat pada sesi kualifikasi hari, Sabtu (1/10/2022).

Memacu Ducati Desmosedici GP21, murid Valentino Rossi tersebut mempersembahkan pole position pertama bagi Mooney VR46 Racing Team. Dengan kata lain, Bezzecchi adalah pionir pertama bagi timnya untuk menorehkan prestasi dan statistik apik.

Mooney VR46 Racing Team sendiri baru turun balap di kelas premier sejak awal musim MotoGP 2022. Sejauh ini, tim milik The Doctor sudah mengoleksi satu pole position dan podium yang semuanya ditorehankan oleh Bezzecchi.

1. Bezzecchi bangga jadi yang pertama persembahkan pole position untuk Mooney VR46 Racing Team

Marco Bezzecchi Jadi Pionir di Tim Milik Valentino RossiMarco Bezzecchi (motogp.com)

“Aku senang bisa memberikan pole position pertama untuk tim ini karena mereka benar-benar pantas mendapatkan semua yang bisa aku lakukan. (Itu sebagai) terima kasih atas kerja hebat mereka,” kata Bezzecchi dikutip GPOne.

Bezzecchi juga jadi pembalap ke-10 musim 2022 ini yang rebut pole position. Sejak pole position mulai dicatat secara resmi sejak 1974, musim MotoGP 2022 ini sendiri mencatatkan rekor jumlah polesitter terbanyak dalam satu musim.

2. Tak hanya polesitter, Bezzecchi pun cetak rekor putaran di Sirkuit Buriram

Marco Bezzecchi Jadi Pionir di Tim Milik Valentino RossiMarco Bezzecchi (motogp.com)

Saat sesi kualifikasi di Sirkuit Buriram, Marco Bezzecchi tampil kuat. Ia mematahkan catatan waktu dari para seniornya di kelas utama.

Saat waktu sesi berakhir, Bezzecchi jadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 29,671 detik. Ini merupakan rekor putaran baru di Sirkuit Buriram, mengalahkan rekor 1 menit 29,719 detik milik Fabio Quartararo yang terukir musim 2019.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Thailand 2022: Bezzecchi Melesat

3. Jadi pole position pertama sepanjang kariernya di kelas premier

Marco Bezzecchi Jadi Pionir di Tim Milik Valentino RossiMarco Bezzecchi (motogp.com)

Pole position di Sirkuit Buriram pun jadi pole position pertama Bezzecchi sepanjang kariernya di kelas premier. Bezzechhi yang merupakan pembalap debutan memang baru naik ke kelas MotoGP sejak awal musim 2022 ini.

Menariknya, sudah ada dua rookie yang mampu jadi polesitter sepanjang musim 2022. Sebelumnya ada Fabio Di Giannantonio yang start terdepan di grid MotoGP Italia.

Hasil dua rookie tersebut jadi pencapaian tersendiri dalam sejarah MotoGP. Pertama kalinya sejak 2006, ada dua rookie (atau lebih) yang bisa memulai balapan dari posisi terdepan dalam satu musim di kelas premier. Saat itu Dani Pedrosa, Casey Stoner, dan Chris Vermeulen yang sukses jadi polesitter.

4. Bezzecchi jadi pembalap Mooney VR46 Racing Team pertama yang pernah berdiri di podium

Marco Bezzecchi Jadi Pionir di Tim Milik Valentino RossiFrancesco Bagnaia dan Marco Bezzecchi (motogp.com)

Kesuksesan debut Marco Bezzecchi tak hanya jadi pembalap pertama yang mempersembahkan podium untuk timnya. Marco Bezzecchi pun jadi rider Mooney VR46 Racing Team pertama yang pernah berdiri di podium.

Bezzecchi berhasil finis di podium ke-2 saat gelaran MotoGP Belanda di Sirkuit Assen. Ia finis tepat di belakang pembalap Ducati Lenovo yang juga rekan seperguruannya, Francesco Bagnaia.

5. Calon terkuat pembalap debutan terbaik MotoGP musim 2022

Marco Bezzecchi Jadi Pionir di Tim Milik Valentino RossiFabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi (motogp.com)

Menilik performa balapnya sejauh ini, Bezzecchi pun berpotensi memberikan satu gelar tambahan untuk Mooney VR46 Racing Team. Sebagai seorang rookie, Bezzecchi kini mencatatkan poin tertinggi dibandingkan pembalap debutan lainnya.

Sampai dengan seri balap di Jepang, Bezzecchi sudah mengoleksi 80 poin. Angka yang cukup jauh meninggalkan Fabio Di Giannantonio (23 poin), Darryn Binder (10), Remy Gardner (9) dan Raul Fernandez (8). Jika bisa pertahankan keunggulannya, Bezzecchi berpeluang besar merebut titel Rookie of The Year.

MotoGP Thailand adalah seri Grand Prix ke-17 di kalender balap musim 2022. Start dari posisi terdepan di grid Sirkuit Buriram, mungkinkah Bezzecchi bisa mempersembahkan kemenangan pertama bagi timnya?

Baca Juga: Marco Bezzecchi Raih Pole Position MotoGP Thailand, Catat Rekor Baru!

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya