Stefan Bradl Sebut Masalah Overheating Honda Mulai Teratasi

Honda siap balapan di sirkuit yang temperaturnya tinggi

Honda sedang berusaha keras memperbaiki performa motornya. Pada pertengahan Juli, tepatnya hari Rabu dan Kamis (13—14/7/2022), Stefan Bradl, pembalap pengganti Marc Marquez, menguji RC213V di Sirkuit Jerez.

Tujuannya untuk mengatasi masalah overheating atau panas yang berlebihan pada mesin motor. Masalah panas ini memang menjadi isu serius, terutama pada gelaran MotoGP Jerman, seri dimana Honda tak mendapatkan 1 poin pun untuk pertama kalinya sejak 40 tahun silam.

1. Karena masalah overheating, Honda tampil buruk di GP Jerman

Stefan Bradl Sebut Masalah Overheating Honda Mulai TeratasiStefan Bradl beraksi di lintasan balap. (motogp.com)

Para pembalap Honda kesulitan saat balapan di GP Jerman, Minggu (19/6/2022). Temperatur lingkungan yang mencapai 36 derajat celcius membuat RC213V tak bisa menahan kondisi tersebut. Mesinnya pun menjadi semakin panas dan mengakibatkan kaki kanan Stefan Bradl terbakar.

Tak hanya Bradl, pembalap Honda lain pun merasakan hal yang sama. Bahkan, motor milik Pol Espargaro temperaturnya mencapai 100 derajat yang diukur pada bagian swingarm usai sesi latihan bebas.

Bradl yang merupakan pembalap pengganti Marc Marquez finis di posisi ke-16 di Jerman. Di sisi lain, Pol Espargaro kembali ke pitbox karena tak kuat dengan kondisi panas.

Pol memang sedang kesakitan akibat sebelumnya terjatuh. Sedangkan para pembalap tim LCR, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami, juga tak bisa menuntaskan balapan.

2. Tes di Jerez cocok untuk mencari tahu masalah panas di mesin Honda

Stefan Bradl Sebut Masalah Overheating Honda Mulai TeratasiStefan Bradl (motogp.com)

Stefan Bradl dan tim Honda tak salah waktu memilih pengujian pada puncak musim panas. Tim tes Honda menjadikan itu sebagai peluang untuk bereksperimen mengukur kondisi suhu RC213V di lingkungan yang bertemperatur tinggi.

“Temperatur aspal (Sirkuit Jerez) pada hari Kamis mencapai lebih dari 60 derajat. Logikanya, masuk akal untuk kami menyelesaikan masalah panas ini. Kami berhasil memperbaiki sesuatu. Insinyur Honda punya banyak ide untuk meningkatkan aliran udara secara internal,” kata Bradl dikutip GPOne.

Baca Juga: Honda Berpotensi Catatkan Finis Terburuk di MotoGP

3. Kini Honda dan pembalapnya siap bersaing di lingkungan sirkuit yang panas

Stefan Bradl Sebut Masalah Overheating Honda Mulai TeratasiStefan Bradl (motogp.com)

Setelah berhasil melakukan pengujian, Stefan Brad yakin motor Honda bisa bersaing di temperatur sirkuit yang panas. Pembalap Jerman itu mencontohkan sirkuit-sirkuit yang terletak di kawasan tropis Asia Tenggara.

“Kini, secara pasti kami bisa menghadapi temperatur panas di Spielberg, Misano, Aragon, lalu di Buriram dan Malaysia,” kata pembalap berusia 32 tahun itu.

4. Honda punya masalah lain yang juga segera diperbaiki

Stefan Bradl Sebut Masalah Overheating Honda Mulai TeratasiStefan Bradl (motogp.com)

Tak hanya masalah panas, Honda sebenarnya juga tengah menghadapi permasalahan lain. Motor asal pabrikan Jepang ini tak bisa mengeluarkan performa terbaiknya saat harus melibas putaran tunggal. Bahkan, keuntungan untuk menggunakan ban lunak baru pun tak bisa dioptimalkan.

“Sekarang kami mulai mengerti kenapa kami begitu lemah sampai saat ini. Kami mulai (mengetahuinya) sejak tes di Jerez ini. Paling tidak, sekarang kami tahu di bagian mana kami harus memulai.

Akan butuh waktu sampai solusinya ditemukan. Masalah ini tak akan selesai sampai Grand Prix berikutnya, tidak juga pada bulan depan. Namun, perlahan kami mengerti apa yang salah,” kata Bradl dilansir GPOne.

5. Masih ada pembaruan yang akan dilakukan musim ini

Stefan Bradl Sebut Masalah Overheating Honda Mulai TeratasiStefan Bradl (motogp.com)

Musim MotoGP 2022 masih melombakan sembilan balapan lagi. Stefan Bradl yakin masih banyak perbaikan yang akan dilakukan oleh Honda, terutama pada area sasis.

“Ada bagian serius pada area sasis yang harus diubah dan itu bisa dilakukan. Aku pikir kita akan melihat pembaruan di bagian itu musim ini,” ungkap Bradl.

Sejak absennya Marc Marquez yang tengah memulihkan kondisi humerusnya, Honda memang kehilangan banyak poin. Dengan bantuan Stefan Bradl, mampukah Honda memperbaiki performanya hingga akhir musim MotoGP 2022?

Baca Juga: Bradl: Marquez Khawatirkan Perkembangan Honda di MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya