Maverick Vinales Punya Motivasi Tinggi Taklukkan MotoGP Thailand

Pernah podium pada dua balapan sebelumnya di Buriram

Maverick Vinales datang ke Thailand dengan semangat yang menggebu. Ia punya motivasi tinggi untuk menaklukkan seri MotoGP yang akan digelar pada Minggu (2/10/2022) di Sirkuit Internasional Chang, di Buriram.

Pembalap tim Aprilia Racing itu percaya diri di atas RS-GP yang mampu tampil kompetitif di setiap lintasan. Apalagi dalam dua balapan sebelumnya di Buriram, pada musim 2018 dan 2019, Maverick Vinales pernah tampil apik dan mampu merebut podium.

1. Vinales punya pengalaman tampil apik

Maverick Vinales Punya Motivasi Tinggi Taklukkan MotoGP ThailandMaverick Vinales (motogp.com)

Selain punya pengalaman podium di Buriram pada dua balapan sebelumnya, sepanjang musim 2022 ini pun Maverick Vinales tampil ciamik. Ia tercatat mengoleksi tiga podium yang ia raih di Assen (P3), Silverstone (P2), dan Misano (P3). Vinales punya motivasi untuk menuntaskan akhir pekan dengan memuaskan.

“Harapannya sama. Kami ingin memulai akhir pekan dengan baik, dengan motivasi yang tinggi. Kami percaya dengan pekerjaan kami dan dengan cara kami bekerja. Misi dan tujuan kami adalah berjuang untuk merebut kemenangan,” kata Vinales dikutip Speedweek.

2. Ada tantangan yang harus ditaklukkan

Maverick Vinales Punya Motivasi Tinggi Taklukkan MotoGP ThailandMaverick Vinales (motogp.com)

Meski yakin dengan potensinya, Vinales tahu ada tantangan yang harus ia taklukkan. Pada balapan di sirkuit sepanjang 4,6 km ini, ia baru pertama kali mengendarai motor Aprilia.

“Tentu saja tak akan mudah. Akan tetapi, trek ini punya banyak titik yang cocok dengan karakter mesin kami,” ungkap pembalap berjuluk Top Gun itu.

Baca Juga: Maverick Vinales Naik Podium, Aleix Espargaro Turun Peringkat

3. Vinales tak terlalu khawatir dengan cuaca di Thailand

Maverick Vinales Punya Motivasi Tinggi Taklukkan MotoGP ThailandMaverick Vinales (motogp.com)

Tantangan lain saat balapan tur Asia adalah cuaca yang tak menentu. Saat seri MotoGP di Jepang, hujan turun saat sesi kualifikasi.

Pada balapan di Thailand pun ada kemungkinan turun hujan saat balapan akhir pekan. Kendati begitu, Vinales tak khawatir dengan kemungkinan perubahan cuaca.

“Tidak (masalah). Aku merasa sangat kuat di tengah hujan. Aku bisa memberikan hasil terbaik. Aku sangat percaya diri dalam segala kondisi,” kata Vinales percaya diri seperti dilansir Speedweek.

4. Karakter Sirkuit Buriram dinilai cocok dengan Aprilia

Maverick Vinales Punya Motivasi Tinggi Taklukkan MotoGP Thailandpotret Sirkuit Buriram (motogp.com)

Sirkuit Buriram punya 12 tikungan, dengan 5 tikungan ke kiri dan 7 tikungan ke kanan. Trek lurus terpanjangnya mencapai 1 km. Vinales pun menilai karakter sirkuit sepanjang 4,6 km ini bagus untuk Aprilia

“Tentu saja titik pengereman (cocok dengan Aprilia), karena ada zona pengereman keras di sini. Secara teori, harusnya motor kami bisa bekerja dengan baik di sini. Meski dengan tipe ban yang berbeda, aku yakin kami bisa sangat cepat.

Secara pribadi, aku merasa cepat di semua rute, juga aku punya perasaan yang cukup baik tentang RS-GP,” ungkap pembalap yang kini menempati peringkat ke-9 di klasemen sementara tersebut.

5. Masalah Aprilia saat latihan bebas

Maverick Vinales Punya Motivasi Tinggi Taklukkan MotoGP ThailandMaverick Vinales (motogp.com)

Di atas kertas, boleh saja Sirkuit Buriram cocok dengan karakter RS-GP. Namun, saat sesi latihan bebas hari Jumat (30/9/2022), Vinales mengalami sedikit masalah. Ia kesulitan menemukan pengaturan terbaik untuk motornya.

“Aku merasa bagus saat memasuki tikungan, aku dapat mengerem dengan lambat dan masuk dalam ke tikungan. Masalahnya hanya muncul ketika aku menyentuh gas. Aku hampir tak punya data apapun sekarang, dan kami harus bekerja keras,” kata Vinales dikutip Speedweek.

 

Kendati masalah selalu ada, namun Maverick Vinales sedang punya momentum untuk tampil apik dengan Aprilia. MotoGP musim 2022 yang memasuki babak akhir jadi ajang pembuktian kekuatan Vinales di atas RS-GP. Pada balapan nanti, bisakah Top Gun tampil trengginas dan merebut podium?

Baca Juga: Maverick Vinales Selangkah Lagi Cetak Sejarah di MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya