Maverick Vinales Senang Bisa Reunian dengan Crew Chief Lamanya

Vinales kembali berkolaborasi dengan Manu Cazeaux

Sepanjang MotoGP 2022 Maverick Vinales kembali tersenyum. Setelah perceraian yang menyakitkan dengan Yamaha, Vinales bisa bangkit dan kini cocok dengan Aprilia.

Baru semusim beradaptasi di atas Aprilia RS-GP, pembalap berjuluk Top Gun itu sudah menuai hasil. Vinales bisa kembali merasakan manisnya podium. Ia tercatat meraih tiga podium di Belanda (P3), Inggris (P2), dan San Marino (P3).

Hasil apik tersebut menambah kepercayaan diri Vinales. Tak hanya itu, moral Vinales semakin tinggi karena ia akan didampingi oleh crew chief lamanya saat masih di Suzuki. Vinales pun makin siap untuk menghadapi musim MotoGP 2023.

1. Maverick Vinales reuni dengan Manu Cazeaux

Maverick Vinales Senang Bisa Reunian dengan Crew Chief LamanyaMaverick Vinales (motogp.com)

Musim lalu, Vinales didampingi Giovanni Mattarollo sebagai crew chief-nya. Untuk 2023, Vinales akan reuni dengan Jose Manuel Cazeaux yang biasa disapa Manu Cazeaux.

Manu pernah menjadi kepala kru Vinales ketika ia masih memperkuat Suzuki pada musim 2015 dan 2016. Setelah Vinales pindah ke Yamaha, Manu berpasangan dengan Alex Rins  pada 2017—2022 sampai hengkangnya Suzuki dari MotoGP.

2. Kedatangan Manu Cazeaux di garasi Aprilia meningkatkan semangat Vinales

Maverick Vinales Senang Bisa Reunian dengan Crew Chief LamanyaMaverick Vinales (motogp.com)

Seorang kepala kru punya peran yang penting. Tak hanya harus menguasai teknis dan teknologi motor, ia pun harus memahami keadaan psikologi pembalapnya. Kedatangan Manu membuat semangat Vinales making tinggi karena mereka pernah bekerja sama dan mengerti satu sama lain.

“Untukku, Manu adalah salah satu pelatih terbaik di kejuaraan dunia,” kata Vinales dilansir Motosan.

Baca Juga: Menilik Tahapan Maverick Vinales Kuasai Aprilia RS-GP

3. Vinales senang berpasangan kembali dengan kepala kru lamanya

Maverick Vinales Senang Bisa Reunian dengan Crew Chief LamanyaMaverick Vinales menang di MotoGP Inggris musim 2016. (suzuki-racing.com)

Jika melihat hasil kerja sama antara Manu dan Vinales saat masih di Suzuki, hasilnya sangat positif. Bersama Manu, Vinales merebut kemenangan pertamanya di kelas premier di GP Inggris 2016.

“Manu punya kepercayaan yang tinggi pada tim dan itu selalu penting. Ia akan membawa motornya ke level yang lebih tinggi dan aku sangat senang ia ada di sisiku,” ujar Vinales.

4. Vinales dan Manu sudah mulai bekerja sama sejak tes pramusim di Valencia

Maverick Vinales Senang Bisa Reunian dengan Crew Chief LamanyaMaverick Vinales (motogp.com)

Manu dan Vinales sudah mulai bekerja sama di atas lintasan. Saat gelaran tes pramusim di Valencia, November 2022 lalu, Vinales didampingi Manu dalam pengujian motor Aprilia untuk musim depan.

“Tujuannya adalah agar Manu bisa beradaptasi secara baik dengan tim, dengan metode kerja yang kami miliki di sini (Aprilia). Satu hari pengujian tidak banyak, tetapi kami telah mendapatkan informasi yang cukup untuk dianalisis,” kata Vinales dikutip Motosan.

5. Aprilia bakal bertarung dengan formasi baru di MotoGP 2023

Maverick Vinales Senang Bisa Reunian dengan Crew Chief Lamanyapotret kru Aprilia (motogp.com)

Aprilia diprediksi makin kuat untuk musim MotoGP 2023. Aleix Espargaro masih akan didampingi kepala kru lamanya, Antonio Jimenez. Pasangan pembalap dan crew chief itu terbukti tampil mengesankan sepanjang musim 2022.

Selain itu, Aprilia juga punya tim satelit baru. Miguel Oliveira dan Raul Fernandez akan menggeber Aprilia RS-GP dengan berseragam tim CryptoData Aprilia RNF. Semakin banyak pembalap di lintasan, semakin banyak data yang didapat.

Berikut ini pembalap Aprilia beserta crew chief untuk musim 2023:

Aprilia Racing:

  • Aleix Espargaro: Antonio Jimenez;
  • Maverick Vinales: Jose Manuel Cazeaux.

CryptoData Aprilia RNF:

  • Miguel Oliveira: Giovanni Mattarollo;
  • Raul Fernandez: Noe Herrera.

Dibantu oleh kepala kru barunya, Maverick Vinales punya kans untuk tampil lebih trengginas dan konsisten. Pada musim MotoGP 2023, mungkinkah Vinales mampu merebut kemenangan pertamanya bersama Aprilia?

Baca Juga: Oliveira dan Fernandez Gabung Aprilia Karena Vinales

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya