Menanti Kejutan David Munoz pada Paruh Kedua Moto3

Satu-satunya rookie yang sudah naik podium

David Munoz jadi rookie penuh sensasi di Moto3 2022. Baru melakoni empat Grand Prix, pembalap tim BOE Motorsports itu sudah mampu bersaing di barisan depan.

Munoz adalah rookie terakhir yang berpartisipasi dalam kejuaraan dunia Moto3. Ia baru turun balap pada seri balap di Italia, setelah melewatkan tujuh balapan. Apa penyebabnya? David Munoz belum cukup umur pada awal musim.

Oleh karena itu, kita layak menanti kejutan David Munoz pada paruh kedua Moto3.

1. Pembalap muda bertalenta asal Spanyol

Menanti Kejutan David Munoz pada Paruh Kedua Moto3David Munoz (redbull.com)

Lahir pada 15 Mei 2006, David Munoz berasal dari Bremes, dekat Seville, Spanyol. Ia mulai berkompetisi di dunia balap sejak usia 9 tahun. Ia kemudian tumbuh menjadi remaja yang menonjol di kejuaraan lokal yang mengantarkannya ke level yang lebih tinggi.

Munoz pernah berkompetisi di European Talent Cup selama 2 musim pada 2018 dan 2019. Pada 2020, Munoz berkompetisi di CEV Moto3 dan Red Bull Rookies Cup.

Saat berkompetisi di Red Bull Rookies Cup, Munoz merupakan runner-up 2020 dan 2021. Sedangkan, di CEV Moto3, ia meraih peringkat ke-3 pada klasemen akhir tahun lalu.

Karena hasil apik pada kejuaraan junior, tak heran David Munoz diberi kesempatan untuk berlaga di kejuaraan dunia Moto3. Sayangnya, pembalap tim BOE Motorsports itu belum cukup umur untuk mengikuti balapan dari awal musim.

Usia minimum untuk mengikuti Moto3 memang 16 tahun. Baru mulai musim 2023 batas usianya naik menjadi 18 tahun.

2. Turun balap di ajang Grand Prix pada seri balap di Italia dan langsung merebut poin

Menanti Kejutan David Munoz pada Paruh Kedua Moto3David Munoz (motogp.com)

Faktanya, David Munoz baru menginjak usia 16 tahun pada 15 Mei 2022, menjelang gelaran GP Italia. Sebelumnya, ia digantikan Gerard Riu yang berperan sebagai pembalap pengganti.

Munoz kini resmi menjadi pembalap Moto3 di tim BOE Motorsports bertandem dengan Ana Carrasco. Saat mengikuti balapan di GP Italia, ia menunjukkan kualitas balapnya.

Meski pertama kalinya berlaga di ajang Grand Prix, Munoz langsung memberi kejutan. Ia bisa finis di zona poin. Pada balapan di Sirkuit Mugello tersebut, Munoz finis di posisi ke-11 dan berhak mengemas poin.

Baca Juga: Kisah Jack Miller Usai Lompat dari Moto3 ke MotoGP, Penuh Perjuangan!

3. Rebut podium pada balapan keduanya di ajang Grand Prix

Menanti Kejutan David Munoz pada Paruh Kedua Moto3David Munoz (motogp.com)

Kejutan berikutnya datang pada seri balap di Catalunya. Selama akhir pekan, Munoz tampil agresif. Saat balapan, pembalap yang mengendarai KTM tersebut memacu motornya dengan trengginas.

Meski memulai balapan dari urutan ke-20, Munoz bisa finis di podium ke-2. Ia melewati chequered flag kurang dari 2 detik dari pemenang balapan, Izan Guevara. Berbekal konsentrasi, kegigihan, karakter, dan bakat, untuk sementara Munoz menjadi satu-satunya rookie Moto3 2022 yang sudah naik podium.

4. Di antara para rookie, David Munoz ada di posisi empat besar

Menanti Kejutan David Munoz pada Paruh Kedua Moto3ilustrasi balap Moto3 (motogp.com)

Dengan penampilan yang apik, tak heran David Munoz jadi buah bibir di paddock MotoGP. Kendati absen pada tujuh balapan pertama musim ini, plus sekali tak finis karena terjatuh, dalam 3 seri balap Munoz mampu mengoleksi 32 poin.

Hasil itu menempatkannya di posisi ke-4 pada klasemen sementara para rookie di belakang Daniel Holgado, Diogo Moreira dan Ivan Ortola. Selisihnya dengan Holgado hanya enam belas poin.

5. David Munoz bisa tampil mengejutkan pada paruh kedua musim

Menanti Kejutan David Munoz pada Paruh Kedua Moto3David Munoz (motogp.com)

Jika dirunut dari hasil balapnya sebagai rookie, Munoz tampil sangat meyakinkan. Di Italia ia finis di posisi ke-11, lalu di Catalunya ia rebut podium ke-2. Saat balapan di Jerman, ia mampu finis di posisi ke-9.

Sayangnya, Munoz terjatuh ketika tampil di Belanda lantaran terlalu agresif. Meski begitu, Munoz mampu bersaing di barisan depan. Bahkan, beberapa kali merangsek ke posisi podium untuk bertarung memperebutkan kemenangan. Padahal itu baru balapan keempatnya di ajang Grand Prix.

Moto3 2022 masih menyisakan sembilan balapan. Ada banyak waktu bagi David Munoz untuk memberikan banyak kejutan.

Baca Juga: 10 Ragam Kehidupan Abang Ojol, Ada yang Masuk Lintasan MotoGP!

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya