Mengenal 6 Rookie Moto3 2023, Calon Pembalap Masa Depan MotoGP

Siap bersaing jadi yang terbaik di kelas ringan

Beberapa pembalap jempolan di kelas Moto3 naik kelas ke Moto2. Para penghuni tiga besar klasemen, misalnya, mulai musim 2023 tak akan lagi meramaikan kompetisi di kelas lightweight.

Izan Guevara yang juara dunia, Sergio Garcia yang runner-up, dan Dennis Foggia yang bertengger di peringkat ke-3 meninggalkan posisi kosong yang harus diisi. Pembalap yang lebih junior pun akhirnya punya kans untuk naik ke kompetisi Moto3.

Untuk musim 2023, setidaknya ada enam rookie yang akan berjuang memperebutkan poin kejuaraan. Siapa saja mereka?

Yuk, mengenal rookie Moto3 2023, calon pembalap masa depan MotoGP!

1. Collin Veijer

Mengenal 6 Rookie Moto3 2023, Calon Pembalap Masa Depan MotoGPCollin Veijer (instagram.com/collinveijerofficial)

Collin Veijer akan turun balap di Moto3 2023 bersama tim Liqui Moly Intact GP. Veijer menggantikan John McPhee dan akan menjadi rekan setim Ayumu Sasaki.

Pembalap kelahiran Staphorst, Belanda, pada 19 Februari 2005 ini merupakan runner-up Red Bull Rookies Cup 2022. Collin Veijer akan menggunakan nomor 95 di atas motor Husqvarna.

2. David Alonso

Mengenal 6 Rookie Moto3 2023, Calon Pembalap Masa Depan MotoGPDavid Alonso (motogp.com)

David Alonso akan menjadi pembalap debutan di tim GASGAS Aspar Team. Bersama seniornya, Riyusei Yamanaka, mereka menggantikan Izan Guevara dan Sergio Garcia yang naik ke kelas Moto2.

Alonso merupakan pembalap kelahiran Madrid, Spanyol, pada 25 April 2006. Kendati begitu, pembalap bernomor motor 80 ini berkebangsaan Colombia.

Di Moto3, David Alonso sudah punya pengalaman sebagai pembalap pengganti atau wildcard. Pada 2021, ia sempat turun balap di Sirkuit Misano. Lalu, pada 2022, Alonso pun berlaga di Sirkuit Portimao.

Pengalaman Alonso di ajang balap junior pun tak sembarangan. Sepanjang musim 2022, Alonso berkompetisi dalam JuniorGP World Championship dan menempati peringkat ke-7 klasemen. Setahun sebelumnya, ia adalah juara Red Bull Rookies Cup 2021.

3. David Salvador

Mengenal 6 Rookie Moto3 2023, Calon Pembalap Masa Depan MotoGPDavid Salvador (motogp.com)

David Salvador akan turun balap di Moto3 menggunakan nomor motor 38. Pria kelahiran Madrid, Spanyol, ini akan memperkuat tim CIP Green Power dan menjadi rekan setim Lorenzo Fellon.

Sejatinya, Salvador punya kesempatan untuk berlaga di Moto3 2022 bersama tim BOE SKX. Akan tetapi, tim tersebut memutuskan untuk memilih Ana Carrasco.

Tak jadi berlaga di Moto3, Spaniard mengaspal di JuniorGP World Championship dan berhasil sebagai runner-up kejuaraan musim 2022. Salvador pun sempat beberapa kali menjadi pembalap pengganti atau wildcard di Moto3.

Pada 2021, ia berkompetisi di Moto3 Styria dan Austria. Pada 2022, pengalamannya makin banyak. Ia menjadi pembalap pengganti untuk tim Sterilgarda Husqvarna Max Racing di Moto3 Amerika, Portugal, Spanyol, dan Catalunya. Di Valencia, ia turun balap bersama Angeluss MTA Team.

Baca Juga: Daftar Provisional Lengkap Pembalap MotoGP, Moto2 dan Moto3 Musim 2023

4. Filippo Farioli

Mengenal 6 Rookie Moto3 2023, Calon Pembalap Masa Depan MotoGPFilippo Farioli (instagram.com/filippofarioli7)

Satu-satunya pembalap asal Italia yang debut di Moto3 2023 adalah Filippo Farioli. Pemuda kelahiran Bergamo, 4 April 2005 ini akan membalap dengan nomor motor 7 di tim Red Bull KTM Tech3. Ia tandem dengan Daniel Holgado.

Di negara asalnya, nama Farioli identik dengan balapan. Kakeknya, Arnaldo Farioli, merupakan pemegang beberapa gelar juara enduro di Italia. Pamannya, Fabio Farioli, cukup punya nama di ajang Enduro World Championship. Ayahnya, Paolo, juga punya minat balap dan memacu supermoto dan motocross.

Filippo Farioli sendiri punya pengalaman balap yang mumpuni untuk levelnya. Pada 2022, ia berkompetisi dalam JuniorGP World Championship, ajang di mana ia menempati peringkat ke-3 klasemen. Ia juga turun balap di Red Bull Rookies Cup dalam 2 musim terakhir.

Di Moto3, Filippo Farioli pun pernah debut. Saat seri terakhir musim 2022 di Valencia, ia turun balap sebagai wildcard dengan tim GASGAS Aspar.

5. Jose Antonio Rueda

Mengenal 6 Rookie Moto3 2023, Calon Pembalap Masa Depan MotoGPJose Antonio Rueda dan Aki Ajo (motogp.com)

Di atas kertas, Jose Antonio Rueda adalah rookie yang paling dijagokan. Bagaimana tidak, ia merupakan peraih gelar ganda pada 2022. Selain merebut mahkota juara FIM JuniorGP World Championship, ia pun memuncaki klasemen Red Bull Rookies Cup.

Di FIM Junior GP, Rueda tampil apik. Ia memenangi 5 dari 12 balapan dan unggul dengan selisih mencapai 76 poin dari pembalap di bawahnya.

Pembalap kelahiran Seville, Spanyol, 29 Oktober 2005 ini akan memperkuat tim Red Bull KTM Ajo. Ia menjadi tandem dari Deniz Oncu.

Rueda akan menggunakan nomor motor 99 di atas KTM. Penggemar Casey Stoner dan Jorge Lorenzo ini pernah punya pengalaman di Moto3. Pada 2021, ia pernah mengaspal di seri Valencia bersama tim Indonesian Racing Gresini.

6. Syarifuddin Azman

Mengenal 6 Rookie Moto3 2023, Calon Pembalap Masa Depan MotoGPpotret Syarifuddin Azman (motogp.com)

Last but not least, rookie lainnya di Moto3 adalah Syarifuddin Azman alias Damok. Pembalap asal Malaysia kelahiran 24 November 2001 ini memperkuat tim MT Helmets-MSI. Bernomor motor 63, nantinya ia akan menjadi rekan setim Diogo Moreira.

Sepanjang 2022, Damok turun balap di FIM JuniorGP World Championship. Ia menempati peringkat ke-4 klasemen. Selain itu, ia beberapa kali turun balap di Moto3 sebagai pembalap pengganti atau wildcard seperti di seri Portugal, Spanyol, Catalunya, dan Malaysia.

Meski begitu, sejatinya Damok sudah punya pengalaman di Moto3 sejak 2021. Saat itu ia berkesempatan mengaspal di Sirkuit Aragon bersama tim Petronas Sprinta Racing. Hasilnya cukup apik, ia finis P13 dan mendulang 3 poin.

Collin Veijer, David Alonso, David Salvador, Filippo Farioli, Jose Antonio Rueda, dan Syarifuddin Azman punya kesempatan untuk merengkuh poin tinggi. Di antara para rookie tersebut, siapakah yang akan menjadi pembalap debutan terbaik?

Baca Juga: 9 Pembalap Moto3 dengan Capaian Kemenangan Terbanyak

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya