Mengulas Asal-usul Julukan X-Fuera Milik Legenda MotoGP Jorge Lorenzo

Lorenzo punya nyali untuk menyalip dari sisi luar

Jorge Lorenzo kini seorang Legenda MotoGP. Pembalap asal Spanyol itu memang layak menyandangnya. Bagaimana tidak, Lorenzo adalah peraih 5 gelar juara dunia dengan rincian 3 kali juara dunia kelas MotoGP (2010, 2012, dan 2015) dan 2 kali juara dunia kelas 250cc (2006 dan 2007).

Sepanjang kariernya, ia total merebut 68 kemenangan; 47 di kelas MotoGP, 17 di kelas 250cc, dan 4 di kelas 125cc. Lorenzo dikenal sebagai pemberani di lintasan balap. Ia tak segan menyalip untuk bisa memimpin perlombaan.

Bahkan, julukannya pun berasal dari aksi menyalipnya saat balapan. Apa dan bagaimana kisah asal mula julukan yang disematkan untuk Lorenzo?

1. Berakar pada kemenangan pertama Lorenzo di ajang Grand Prix

Mengulas Asal-usul Julukan X-Fuera Milik Legenda MotoGP Jorge LorenzoJorge Lorenzo (motogp.com)

Jorge Lorenzo terkenal dengan julukan X-Fuera yang berasal dari kata por fuera. Huruf "X" merupakan pengganti kata depan "por".  Secara harfiah, por fuera yang merupakan Bahasa Spanyol berarti ‘dari luar’ jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Julukan Jorge Lorenzo yang dikenal sepanjang karier balapnya itu punya asal-usul yang menarik. Julukan ini muncul sejak 2003, tahun kedua Lorenzo berlaga di ajang Grand Prix kelas 125cc.

2. GP Brasil yang bersejarah

Mengulas Asal-usul Julukan X-Fuera Milik Legenda MotoGP Jorge LorenzoJorge Lorenzo (motogp.com)

Semua bermula dari GP Brasil di Sirkuit Nelson Piquet. Ketika itu, Jorge Lorenzo berlomba melawan rival tangguh seperti Andrea Dovizioso, Casey Stoner, Alex De Angelis, dan Dani Pedrosa.

“Pada musim 2003, aku berada pada musim keduaku di Kejuaraan Dunia kelas 125cc. Kami pergi ke Brasil untuk salah satu balapan terkahir musim itu.

Aku belum pernah memenangi balapan atau podium sebelumnya, tetapi aku sangat kompetitif hari itu. Kami berjuang untuk merebut kemenangan dengan 8 atau 9 pembalap lainnya sampai lap terakhir,” kata Lorenzo dikutip Motosan.

Baca Juga: Jorge Lorenzo Jadi Legenda Baru MotoGP, Spektakuler!

3. Aksi nekat menikung dari sisi luar

Mengulas Asal-usul Julukan X-Fuera Milik Legenda MotoGP Jorge Lorenzoilustrasi balap kelas 125cc (motogp.com)

Jorge Lorenzo yang sedang memburu podium pertamanya bertekad untuk tampil total. Ia bersedia untuk mengambil risiko terjatuh sekalipun.

“Aku tahu di tikungan pertama aku lebih cepat daripada pembalap lain. Jadi aku berkata, ‘Oke, aku akan mengambil risiko, menang atau tidak sama sekali.’ Kemudian, aku mulai memasuki tikungan itu mengikuti Pedrosa dan Stoner.

Aku memulai menikung lebih cepat daripada Pedrosa sehingga aku mencoba menyalipnya dari sisi luar. Dan aku berhasil melakukannya. Aku pun melihat Stoner di depanku dan aku berkata, ‘Oke, Stoner juga.’ (Aku menyalip) dari sisi luar,” ujar Lorenzo.

4. Manuver menikung dari sisi luar bukan hal mudah

Mengulas Asal-usul Julukan X-Fuera Milik Legenda MotoGP Jorge LorenzoJorge Lorenzo dan Casey Stoner (motogp.com)

Jorge Lorenzo yang kala itu memperkuat tim Caja Madrid Derbi Racing tahu kesulitannya menyalip dari sisi luar. Meski begitu, ia punya determinasi untuk sukses merebut kemenangan.

“Aku berhasil, aku menyalip Pedrosa dan Stoner dari sisi luar. Itu sesuatu yang cukup sulit karena kamu harus lebih cepat dan menempuh lebih banyak jarak daripada pembalap lain yang ada di sisi dalam,” ungkap mantan rekan setim Valentino Rossi itu.

5. Jorge Lorenzo pun dinobatkan jadi jagoan yang mampu menikung dari sisi luar (por fuera)

Mengulas Asal-usul Julukan X-Fuera Milik Legenda MotoGP Jorge LorenzoJorge Lorenzo (motogp.com)

Setelah aksi menyalip beberapa rival di depannya, Lorenzo pun tahu ia ada di atas angin. Pada akhir balapan, ia menjadi pemenang dan berhak berdiri di podium di samping Casey Stoner dan Alex De Angelis.

“Sejak hari itu, mereka memanggilku Por Fuera (dari sisi luar). Ketika aku memenangi perlombaan, aku memiliki logo di helmku dan dengan bendera Lorenzo’s Land. Itulah alasannya julukan itu, untuk menyalip di Brasil 2003 dan semuanya dimulai dari sana,” kata Lorenzo dikutip Motosan.

Jorge Lorenzo telah pensiun dari dunia balap roda dua. Kini ia aktif sebagai komentator di DAZN Espana untuk MotoGP 2022.

Baca Juga: Jorge Lorenzo Bakal Jadi Komentator MotoGP untuk DAZN Spanyol

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya