Tak Cuma MotoGP, Moto2 dan Moto3 San Marino Juga Tak Kalah Seru

Ada banyak pencapaian baru

Gelaran MotoGP San Marino di Sirkuit Misano pada Minggu (4/9/2022) berjalan dengan seru. Balapannya menegangkan, hasilnya pun banyak yang menjadi rekor baru.

Di kelas MotoGP, misalnya, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) mencetak quattrick. Ia menjadi pembalap Ducati yang bisa menang empat kali beruntun. Sementara di kelas Moto2 dan Moto3, dua pemenangnya juga meraih rekor baru. Alonso Lopez (+Ego Speed Up) merebut kemenangan pertama, sementara Dennis Foggia (Leopard Racing) menang tiga kali beruntun di Sirkuit Misano.

Bagaiamana sebenarnya keseruan di Moto2 dan Moto3 San Marino? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Alonso Lopez rebut kemenangan pertama di Moto2

Tak Cuma MotoGP, Moto2 dan Moto3 San Marino Juga Tak Kalah SeruAlonso Lopez berdiri di podium tertinggi Sirkuit Misano. (MotoGP.com)

Alonso Lopez tampil dominan di Moto2 San Marino. Meski seorang rookie, pembalap tim +Ego Speed Up ini punya ritme balap yang tak mampu disaingi pembalap lain. Start dari urutan ke-3 di grid, Alonso Lopez langsung mendorong ke depan dan menjadi pemimpin balapan. Lopez sama sekali tak melambat. Ia terus memacu motor bersasis Boscoscuro miliknya secara konsisten di kisaran waktu 1 menit 36 detik.

Hasilnya memuaskan, Lopez merebut kemenangan pertamanya di Moto2. Ia unggul dari Aron Canet (Flexbox HP40) dan Augusto Fernandez (Red Bull KTM Ajo) yang juga menempati podium.

Pencapaian ini cukup mengesankan bagi Lopez. Spaniard hanya mengikuti 8 seri dari 14 seri balap Moto2 yang telah dilombakan. Lopez baru memperkuat timnya pada seri ketujuh di Prancis sebagai pengganti Romano Fenati. Meski begitu, ia sudah mampu merebut dua podium di Silverstone (P2) dan Misano (P1).

2. Kemenangan pertama untuk Boscoscuro sejak 2018

Tak Cuma MotoGP, Moto2 dan Moto3 San Marino Juga Tak Kalah SeruAlonso Lopez (motogp.com)

Kemenangan Alonso Lopez juga jadi pencapaian untuk Boscoscuro. Di tengah dominasi motor bersasis Kalex, sasis Boscoscuro akhirnya merebut kemenangan pertamanya.

Pada 2018, sejatinya sasis ini juga memenangkan balapan di Catalunya lewat Fabio Quartararo. Hanya saja, saat itu masih bernama Speed Up.

Baca Juga: 5 Pembalap Ini Punya Kans Rebut Gelar Juara Dunia Moto2 2022

3. Augusto Fernandez dan Ai Ogura memimpin klasemen

Tak Cuma MotoGP, Moto2 dan Moto3 San Marino Juga Tak Kalah SeruAugusto Fernandez dan Ai Ogura (motogp.com)

Alonso Lopez dominan di Sirkuit Misano, lalu bagaimana dengan para penantang kuat gelar juara dunia Moto2? Hasil apik diraih Augusto Fernandez yang finis di podium ke-3. Sementara itu, Ai Ogura finis di posisi ke-5. Keduanya mendapat tambahan poin.

Hasil berbeda diraih Celestino Vietti. Start sebagai pole sitter. Pembalap Mooney VR46 Racing Team itu tak mampu mengamankan satu pun poin karena terjatuh. Akibatnya, gelar juara dunia semakin menjauh.

Daftar lima besar klasemen sementara Moto2:

  1. Augusto Fernandez (Red Bull KTM Ajo) - 198 poin;
  2. Ai Ogura (Idemitsu Honda Team Asia) - 194 poin;
  3. Aron Canet (Flexbox HP40) - 157 poin;
  4. Celestino Vietti (Mooney VR46 Racing Team) - 156 poin; dan
  5. Tony Arbolino (Elf Marc VDS Racing Team) - 117 poin.

4. Dennis Foggia menang tiga kali beruntun di Sirkuit Misano Moto3

Tak Cuma MotoGP, Moto2 dan Moto3 San Marino Juga Tak Kalah SeruDennis Foggia (motogp.com)

Dennis Foggia start dari urutan ke-7 pada Moto2 San Marino. Hanya butuh tiga lap baginya untuk bisa merangsek ke posisi depan dan bertarung memperebutkan posisi podium. Setelah bertarung ketat dengan empat pembalap, termasuk pemimpin klasemen Izan Guevara, Foggia sukses jadi kampiun.

Ada pencapain lain bagi Foggia. Menang di Sirkuit Misano mengantarkan Foggia menjadi pembalap Moto3 pertama yang bisa menang tiga kali beruntun di satu sirkuit yang sama. Musim 2021 lalu, ia menang dua kali di sini.

5. Klasemen sementara Moto3 usai balapan di Sirkuit Misano

Tak Cuma MotoGP, Moto2 dan Moto3 San Marino Juga Tak Kalah Seruilustrasi balap Moto3 (motogp.com)

Kemenangan Foggia membuka kesempatan baginya untuk terus menjadi penantang gelar juara dunia. Pada klasemen sementara Moto3, Foggia ada di peringkat ke-3. Ia tertinggal 35 poin dari Izan Guevara yang memimpin klasemen dengan raihan 204 poin.

Daftar lima besar klasemen sementara Moto3:

  1. Izan Guevara (GASGAS Aspar Team) - 204 poin;
  2. Sergio Garcia (GASGAS Aspar Team) - 193 poin;
  3. Dennis Foggia (Leopard Racing) - 169 poin;
  4. Jaime Masia (Red Bull KTM Ajo) - 147 poin; dan
  5. Deniz Oncu (Red Bull KTM Tech3) - 140 poin.

Seri Grand Prix berikutnya akan digelar pada Minggu (18/9/2022) di Sirkuit Aragon, Spanyol. Pada balapan nanti, siapakah pembalap yang akan menjadi kampiun di Moto2 dan Moto3?

Baca Juga: Dorna Tak Akan Hapus Moto3 dan Moto2 pada Grand Prix di Luar Eropa

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya