Pedro Acosta Bisa Bantu Augusto Fernandez Rebut Gelar Moto2

Duo Red Bull KTM Ajo rebut podium Moto2 Aragon

Pedro Acosta melakukan comeback spektakuler di Moto2 Aragon, Minggu (18/9/2022). Pembalap debutan Red Bull KTM Ajo itu tampil konsisten dan dominan sehingga mampu menaiki podium tertinggi.

Seri Aragon adalah balapan ketiganya usai pulih dari cedera patah tulang paha. Meski begitu, El Tiburon tak perlu menunggu waktu lama untuk kembali ke performa maksimalnya.

1. Pedro Acosta mengungguli rekan setimnya

Pedro Acosta Bisa Bantu Augusto Fernandez Rebut Gelar Moto2Pedro Acosta (motogp.com)

Start dari posisi ke-6 di grid balap, Pedro Acosta terus mendesak ke barisan depan. Setelah melahap enam putaran, ia mampu menjadi pembalap yang mencatatkan waktu tercepat di trek sepanjang 5,1 km tersebut.

Empat lap kemudian, Acosta yang masih seorang rookie berhasil mengambil alih pimpinan balapan dari rekan setimnya, Augusto Fernandez. Setelahnya, Acosta terus mengendalikan balapan hingga menyentuh garis finis.

2. Comeback yang menantang, tetapi spektakuler untuk Acosta

Pedro Acosta Bisa Bantu Augusto Fernandez Rebut Gelar Moto2Pedro Acosta (motogp.com)

Sekitar 89 hari sebelum seri Aragon, Pedro Acosta mengalami cedera patah tulang paha akibat kecelakaan saat latihan. Ia pun sempat kehilangan momentum untuk tampil apik di atas lintasan. Beruntungnya, ia kini berhasil comeback.

“Ini comeback yang sulit. Di Austria itu tak buruk, tetapi di Misano menjadi sedikit rumit. Akan tetapi, kami bisa melakukannya lagi!” kata Acosta dilansir Corsedimoto.

Baca Juga: Pedro Acosta Rebut Kemenangan Kedua di Sirkuit Aragon, Tampil Apik!

3. Tak hanya Acosta, Augusto Fernandez pun tampil kuat di Aragon

Pedro Acosta Bisa Bantu Augusto Fernandez Rebut Gelar Moto2Augusto Fernandez (motogp.com)

Rekan setim Pedro Acosta yang menjadi pemuncak klasemen sementara, Augusto Fernandez, juga tampil kuat di Aragon. Ia terus berada di posisi runner-up hampir sepanjang balapan.

Hanya saja, pada babak akhir balapan, ia harus mengakui keunggulan Aron Canet (Flexbox HP40) yang mampu menyalipnya. Fernandez harus puas finis di posisi ke-3.

“Aku senang dengan podium ini karena aku bisa memperpanjang keunggulanku pada klasemen sementara. Aku ingin berjuang untuk menang dan aku memberikan segalanya sejak awal.

Sayangnya, menjelang akhir balapan, aku mulai tak merasa nyaman. Ban depan (yang aus) membuatku tak bisa menekan ke depan. Ini bukan hari yang tepat untuk mengambil risiko,” kata Fernandez dilansir Speedweek.

4. Pedro Acosta siap jika harus membantu Augusto Fernandez pada sisa musim

Pedro Acosta Bisa Bantu Augusto Fernandez Rebut Gelar Moto2Pedro Acosta dan Augusto Fernandez (motogp.com)

Ada lima Grand Prix yang tersisa hingga akhir musim. Perebutan gelar mengerucut pada dua nama, yaitu Augusto Fernandez dan Ai Ogura (Honda Team Asia). Selisih mereka hanya tujuh poin. Mengenai kans rekan setimnya merebut titel dunia, Pedro Acosta mengaku siap membantu.

“Mereka (tim) tak menyuruh kami (saling membantu). Fernandez bertarung untuk memperebutkan gelar, aku berpikir pada tiap balapan. Namun, jika saatnya datang ketika aku harus membantunya, tentu saja aku akan melakukannya,” beber Acosta dikutip Corsedimoto.

5. Sepuluh besar klasemen sementara Moto2 usai seri Aragon

Pedro Acosta Bisa Bantu Augusto Fernandez Rebut Gelar Moto2Augusto Fernandez dan Ai Ogura (motogp.com)

Augusto Fernandez memang jadi calon kuat untuk merebut gelar juara dunia. Tepat di belakangnya ada Ai Ogura yang juga tampil sama konsistennya. Celestino Vietti kini makin menjauh dari peluang untuk merebut gelar. Selisihnya dengan Fernandez mencapai 52 poin.

Berikut ini daftar sepuluh besar pada klasemen sementara Moto2 usai seri Aragon:

  1. Augusto Fernandez (Red Bull KTM Ajo) - 214 poin;
  2. Ai Ogura (Idemitsu Honda Team Asia) - 207 poin;
  3. Aron Canet (Flexbox HP40) - 177 poin;
  4. Celestino Vietti (Mooney VR46 Racing Team) - 162 poin;
  5. Tony Arbolino (Elf Marc VDS Racing Team) - 128 poin;
  6. Pedro Acosta (Red Bull KTM Ajo) - 123 poin;
  7. Joe Roberts (Italtrans Racing Team) - 122 poin;
  8. Somkiat Chantra (Idemitsu Honda Team Asia) - 109 poin;
  9. Jake Dixon (GASGAS Aspar Team) - 108 poin;
  10. Marcel Schrotter (Liqui Moly Intact GP) - 101 poin.

Secara matematis, masih ada 75 poin yang bisa diraih pada 5 balapan yang tersisa. Pada akhir musim nanti, siapakah yang akan unggul dan mengoleksi poin terbanyak?

Baca Juga: Pulih dari Cedera, Pedro Acosta Finis Ke-4 di Moto2 Austria

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya