10 Pembalap Tim Gresini Racing yang Pernah Podium di Kelas MotoGP

Hampir semua podium diraih saat masih bersama Honda

Selama tujuh tahun terakhir, tim Gresini Racing menjalin kerja sama sebagai rekanan di tim pabrikan Aprilia. Namun, pada musim 2022, Gresini Racing kembali menjadi tim independen. Memilih Ducati sebagai motor andalan, Gresini akan diperkuat oleh Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio.

Tim Gresini memang bukan sembarang tim satelit. Di kelas MotoGP atau 500 cc, mereka sudah memulai kariernya sejak tahun 1997 silam bersama Honda. Tim bentukan Fausto Gresini ini pun pernah menjadi tim satelit tersukses di dekade pertama balapan Gran Prix era mesin 4-tak. Bahkan, beberapa rider-nya bisa menjadi runner-up kejuaraan.

Banyak rider yang dipercaya Fausto berhasil meraih podium. Berikut ini deretan pembalap yang pernah mendapatkan podium ketika bergabung dengan tim Gresini. Siapa saja?

1. Sete Gibernau (24 podium)

10 Pembalap Tim Gresini Racing yang Pernah Podium di Kelas MotoGPSete Gibernau (the-race.com)

Sete Gibernau adalah pembalap tim Gresini yang paling banyak meraih podium. Secara total, Gibernau bisa mengumpulkan 24 podium, termasuk 8 kemenangan di dalamnya.

Selama tiga tahun di tim Gresini, yang waktu itu bernama Telefonica Movistar Honda, Gibernau bisa menjadi runner up klasemen pada 2003 dan 2004. Pada tahun 2005, ia hanya tempati posisi tujuh di klasemen akhir. Tahun berikutnya ia bergabung dengan Ducati.

Saat bersama Gresini, Sete Gibernau secara konsisten bisa menantang Valentino Rossi. Dengan Honda RC211V, pembalap asal Spanyol ini sempat berduel sengit dengan The Doctor.

2. Marco Melandri (17 podium)

10 Pembalap Tim Gresini Racing yang Pernah Podium di Kelas MotoGPMarco Melandri (gresiniracing.com)

Pembalap tim Gresini berikutnya dengan perolehan podium terbanyak adalah Marco Melandri. Ia membalap untuk tim Gresini pada 2005, 2006, dan 2007. Selain Dani Pedrosa, Melandri adalah satu-satunya rider MotoGP yang pernah membawa Honda RC212V 800cc naik podium.

Dengan Gresini, rider asal Italia ini meraih total 17 podium termasuk 5 kemenangan. Pada 2005, ia menjadi runner up di bawah Valentino Rossi.

3. Toni Elias (4 podium)

10 Pembalap Tim Gresini Racing yang Pernah Podium di Kelas MotoGPToni Elias (the-race.com)

Toni Elias bergabung dengan tim Gresini pada 2006, 2007, dan 2009. Pembalap asal Spanyol ini meraih total 4 podium, termasuk 1 kemenangan.

Kemenangan Elias ini diperoleh setelah berhasil mengalahkan Valentino Rossi dengan selisih yang sangat tipis. Pada GP Portugal tahun 2006, Elias start dari grid ke-11, tapi mampu menjadi juara dengan finis 0,002 detik di depan The Doctor.

4. Alvaro Bautista (3 podium)

10 Pembalap Tim Gresini Racing yang Pernah Podium di Kelas MotoGPAlvaro Bautista (motogp.com)

Alvaro Bautista termasuk pembalap yang paling lama bergabung dengan Gresini. Ia berada di Gresini sejak musim 2012 hingga 2016, dari masih menjadi tim satelit Honda sampai bermitra dengan Aprilia.

Selama di Gresini, Bautista meraih total 3 podium. Dua podium ia raih pada 2012, sisanya ia raih pada 2014.

5. Alex Barros (3 podium)

10 Pembalap Tim Gresini Racing yang Pernah Podium di Kelas MotoGPAlex Barros, pembalap pertama tim Gresini Racing yang finis di gelaran MotoGP/500cc di Shah Alam tahun 1997. (twitter.com/gresiniracing)

Alex Baros adalah pembalap kelas premier pertama yang berlaga untuk tim Gresini. Ia bergabung dengan tim Gresini pada 1997 dan 1998.

Saat itu, kelas MotoGP masih disebut dengan kelas 500 cc. Selama dua tahun bersama Gresini, pembalap asal Brazil ini meraih 3 podium.

Baca Juga: Gresini Racing Jadi Tim MotoGP Pertama yang Merilis Motor untuk 2022

6. Daijiro Kato (2 podium)

10 Pembalap Tim Gresini Racing yang Pernah Podium di Kelas MotoGPDaijiro Kato (gresiniracing.com)

Daijiro Kato adalah pembalap Gresini asal Jepang yang menjadi rookie sensation. Pada tahun pertamanya di kelas MotoGP, ia sudah bisa meraih podium.

Ia membalap bersama Gresini di kelas premier pada musim 2002. Memulai seri awal dengan motor 2-tak Honda NSR500, pada paruh terakhir musim yang sama ia langsung dipercaya untuk menunggangi motor 4-tak Honda RC211V.

Hasilnya tak mengecewakan. Ia berhasil merebut 2 podium, semuanya untuk posisi ke-2. Di klasemen akhir, Daijiro Kato menempati posisi ke-7.

Namun, rider yang merupakan juara dunia kelas 250 cc ini tak lama berkarier di MotoGP. Ia tewas setelah mengalami kecelakaan hebat pada 2003 di Sirkuit Suzuka, Jepang.

7. Marco Simoncelli (2 podium)

10 Pembalap Tim Gresini Racing yang Pernah Podium di Kelas MotoGPMarco Simoncelli (motogp.com)

Marco Simoncelli adalah pembalap asal Italia yang terkenal dengan karakternya yang ceria dan unik di luar lintasan, tapi buas dan agresif di dalam lintasan. Simoncelli disebut sebagai calon pembalap penerus Valentino Rossi.

Sayangnya, Simoncelli tewas saat kecelakaan di Sirkuit Sepang pada musim 2011. Padahal, ini adalah musim keduanya di kelas MotoGP.

Selama itu pula Simoncelli bergabung dengan tim Gresini. Dari 2010 hingga 2011, pembalap bernomor 58 ini mampu meraih 2 podium.

8. Colin Edwards (2 podium)

10 Pembalap Tim Gresini Racing yang Pernah Podium di Kelas MotoGPColin Edwards (the-race.com)

Colin Edwards menjadi pembalap Gresini pada 2004. Saat itu pembalap asal Amerika Serikat ini menjadi rekan setim dari Sete Gibernau.

Pada tahun pertama dan terakhirnya bersama Gresini, ia berhasil meraih 2 podium. Di tahun berikutnya, Colin Edwards pindah ke Yamaha dan menjadi rekan setim Valentino Rossi.

9. Alex De Angelis (1 podium)

10 Pembalap Tim Gresini Racing yang Pernah Podium di Kelas MotoGPAlex De Angelis (motogp.com)

Rider MotoGP berikutnya yang pernah berlaga untuk tim Gresini dan meraih podium adalah Alex De Angelis. Pembalap asal San Marino ini bergabung pada 2008 dan 2009.

Selama dua tahun tersebut, ia meraih satu podium. Alex De Angelis mendapatkan podium kedua tersebut di GP Indianapolis pada 2009. Ia berhasil mengalahkan Nicky Hayden yang finis di posisi tiga, tapi finis di belakang Jorge Lorenzo yang juara.

10. Aleix Espargaro (1 podium)

10 Pembalap Tim Gresini Racing yang Pernah Podium di Kelas MotoGPAleix Espargaro (motogp.com)

Aleix Espargaro adalah rider untuk tim Aprilia Racing Team Gresini. Berbeda dengan pembalap lainnya di daftar ini yang meraih podium saat Gresini masih bersama Honda, Aleix Espargaro adalah satu-satunya pembalap yang menggunakan Aprilia.

Pembalap asal Spanyol ini meraih podium pada tahun 2021 di GP Inggris. Aleix finis di belakang Fabio Quartararo dan Alex Rins. Ini adalah podium pertama Aprilia sejak kembali berlaga di MotoGP sejak 2015 lalu.

 

Itulah deretan pembalap Gresini Racing yang pernah meraih podium di kelas MotoGP. Tim asal Italia ini memang menjadi salah satu tim satelit yang paling berhasil di MotoGP. Di musim 2022 ini, apakah Enea Bastianini atau Fabio Di Giannantonio mampu mempersembahkan podium untuk Gresini Racing?

Baca Juga: 5 Sponsor asal Indonesia di Livery Motor Tim Gresini Racing MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya