5 Pembalap Asal Jepang yang Pernah Perkuat Suzuki di Era MotoGP

Para pembalap wildcard Suzuki yang jarang diketahui publik

Sejak era modern MotoGP lahir di tahun 2002, Suzuki sudah diperkuat banyak pembalap hebat. Beberapa di antaranya mampu memberikan podium hingga kemenangan. Bahkan, terakhir Joan Mir mampu memberikan gelar juara dunia musim 2020.

Di antara para pembalap tersebut, setidaknya ada lima pembalap asal Jepang yang pernah memperkuat Suzuki. Meski mereka bukan pembalap reguler dan hanya berperan sebagai pembalap wildcard atau pengganti, para rider Jepang tersebut cukup mewarnai kiprah Suzuki di MotoGP.

Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Akira Ryo

5 Pembalap Asal Jepang yang Pernah Perkuat Suzuki di Era MotoGPpotret Akira Ryo (motogp.com)

Akira Ryo pernah mewakili Suzuki sebagai pembalap wildcard pada GP Jepang musim 2002 di Sirkuit Suzuka. Hebatnya, Ryo mampu bersaing dengan para pembalap MotoGP reguler.

Dalam balapan itu, ia merebut podium ke-2 lantaran dikalahkan oleh sosok Valentino Rossi pada beberapa putaran akhir. Akira Ryo terus mewakili Suzuki sebagai pembalap wildcard dalam tujuh kesempatan lain dengan menggeber GSV-R untuk musim 2002 dan 2003.

2. Yukio Kagayama

5 Pembalap Asal Jepang yang Pernah Perkuat Suzuki di Era MotoGPpotret Yukio Kagayama (motogp.com)

Sebelum terkenal di kalangan penggemar British Superbike, Yukio Kagayama adalah salah satu pembalap motor produksi asal Jepang papan atas. Tak heran jika Kagayama dipercaya oleh Suzuki untuk membela pabrikan Hamamatsu itu di beberapa kesempatan.

Yukio Kagayama pernah menggantikan Kenny Roberts Jr sebanyak lima kali di MotoGP untuk musim 2002 hingga 2004. Dalam sebagian balapan ia kecelakaan, separuhnya lagi ia bisa mendulang poin. Hasil terbaiknya adalah finis di posisi ke-11 pada GP Qatar.

Baca Juga: 10 Juara Dunia dari Suzuki di Berbagai Kelas MotoGP, Degner hingga Mir

3. Nobuatsu Aoki

5 Pembalap Asal Jepang yang Pernah Perkuat Suzuki di Era MotoGPpotret Nobuatsu Aoki (motogp.com)

Nobuatsu Aoki adalah pembalap MotoGP veteran dari era 500cc. Ia pernah menggeber Suzuki pada MotoGP musim 1998 hingga 2000. Aoki juga pernah mewakili Suzuki di ajang Suzuka 8 Hours dan menang.

Antara musim 2005 dan 2008, Aoki mendapatkan empat jatah wildcard mewakili Suzuki. Ia sekaligus melakukan perannya sebagai pembalap penguji. Pada MotoGP Malaysia musim 2007, Aoki bisa mendapatkan poin dengan finis di posisi ke-13.

4. Kousuke Akiyoshi

5 Pembalap Asal Jepang yang Pernah Perkuat Suzuki di Era MotoGPpotret Kousuke Akiyoshi (the-race.com)

Kousuke Akiyoshi adalah pembalap penguji Suzuki pada awal era 4-tak di MotoGP. Ia pernah turun balap di MotoGP sebanyak tiga kali sebagai pembalap wildcard untuk musim 2007 dan 2008.

Salah satu pencapaiannya adalah mampu bertarung dengan Casey Stoner untuk memperebutkan posisi ke-7 di Sirkuit Motegi musim 2007. Sayangnya, motor yang ia kendarai tak bisa melanjutkan balapan padahal hanya menyisakan empat putaran.

5. Takuya Tsuda

5 Pembalap Asal Jepang yang Pernah Perkuat Suzuki di Era MotoGPpotret Takuya Tsuda (motogp.com)

Takuya Tsuda adalah pembalap penguji Suzuki untuk waktu yang cukup lama. Saat Alex Rins cedera, Tsuda menggantikannya di Sirkuit Jerez pada musim 2017.

Meskipun tak mampu merebut poin, Tsuda mampu menunjukkan kualitas balapnya. Secara ritme balap, ia cukup mampu bersaing.

Meski tak sedigdaya Honda atau Yamaha, pabrikan Suzuki di ajang MotoGP tak bisa dianggap sebelah mata. Pengalaman pabrikan asal Hamamatsu di ajang grand prix cukup menuai decak kagum. Para pembalapnya, baik reguler atau pengganti dan wildcard, cukup mampu bersaing di atas lintasan.

Musim ini sendiri bakal menjadi musim terakhir Suzuki berlaga di ajang MotoGP. Akankah mereka bakal comeback di masa yang akan datang? 

Baca Juga: Heboh Suzuki Cabut dari MotoGP di Akhir Musim

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya