5 Pembalap MotoGP 2022 yang Menang pada Paruh Pertama Musim

Salah satunya adalah pembalap tim satelit

Balapan MotoGP 2022 sudah melewati separuh musim atau sebelas seri. Saat ini semua pembalap sedang menikmati jeda panjang libur musim panas.

Dari kesebelas seri balapan yang telah dilombakan tersebut, ada 5 pembalap yang mampu merebut kemenangan.  Beberapa di antaranya bahkan bisa merebut 3 kemenangan. Untuk tahu ulasan mengenai siapa saja mereka, simak ulasan berikut ini!

1. Fabio Quartararo mengoleksi 3 kemenangan

5 Pembalap MotoGP 2022 yang Menang pada Paruh Pertama MusimFabio Quartararo (motogp.com)

Fabio Quartararo melakukan blunder di Sirkuit Assen, Belanda. Pembalap tim pabrikan Yamaha itu terjatuh dua kali sehingga tak bisa menuntaskan balapan. Itu pertama kalinya El Diablo tak mendapatkan poin setelah tampil sangat konsisten sejak awal musim.

Kendati begitu, selama sebelas balapan terakhir Quartararo mampu merebut total 3 kemenangan. Rider asal Prancis ini merebut kemenangan pertama musim 2022 di Portugal. Kemudian ia mengemas 2 kemenangan lainnya yang ia raih secara back-to-back di Catalunya dan Jerman.

2. Francesco Bagnaia 3 kali menang musim ini

5 Pembalap MotoGP 2022 yang Menang pada Paruh Pertama MusimFrancesco Bagnaia (motogp.com)

Awal musim 2022 tak berjalan seperti yang diharapkan Francesco Bagnaia. Digadang-gadang jadi penantang kuat dalam perebutan gelar juara dunia, ia malah beberapa kali tak mampu merebut poin. Tak tanggung-tanggung, pembalap tim pabrikan Ducati itu sudah 4 kali DNF (did not finish) musim ini.

Beruntungnya Bagnaia punya mental juara. Selama paruh pertama musim, murid Valentino Rossi itu sudah mengoleksi 3 kemenangan yang ia dapatkan di MotoGP Spanyol, Italia, dan Belanda.

Baca Juga: 7 Pembalap Italia yang Jadi Legenda MotoGP, Ada Idolamu?

3. Meski rider tim satelit, Enea Bastianini koleksi 3 kemenangan

5 Pembalap MotoGP 2022 yang Menang pada Paruh Pertama MusimEnea Bastianini (motogp.com)

Enea Bastianini jadi fenomena pada awal musim. Bagaimana tidak, sebagai rider tim satelit, ia mampu merebut kemenangan pada seri pembuka MotoGP 2022 di Qatar.

Total ia mengoleksi 3 kemenangan. Selain Qatar, pembalap berjuluk The Beast ini tampil buas di Amerika Serikat dan Prancis sehingga membawa pulang 25 poin.

Sayangnya, setelah itu keberuntungannya seolah memudar. Dalam 4 balapan terakhir, pembalap tim Gresini Racing ini tercecer di barisan belakang. Ia bahkan kesulitan untuk sekadar finis di posisi sepuluh besar.

4. Aleix Espargaro rebut kemenangan pertama sepanjang kariernya

5 Pembalap MotoGP 2022 yang Menang pada Paruh Pertama MusimAleix Espargaro (motogp.com)

Sepertinya tak salah jika Aleix Espargaro disebut sebagai salah satu pembalap MotoGP terbaik tahun ini. Rider tim Aprilia Racing itu tampil mengesankan sejak awal musim. Bahkan, Aleix satu-satunya pembalap yang selalu mendulang poin dalam sebelas balapan pada paruh pertama musim 2022.

Puncak prestasinya tentu saja kemenangan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina. Tampil sebagai pole sitter, Aleix tampil dominan sepanjang balapan.

Itu merupakan kemenangan pertamanya selama berkarier di ajang Grand Prix. Aleix juga jadi pembalap Aprilia pertama yang mempersembahkan kemenangan.

5. Miguel Oliveira jadi pembalap pertama yang menang di Mandalika

5 Pembalap MotoGP 2022 yang Menang pada Paruh Pertama MusimMiguel Oliveira menang di Sirkuit Mandalika. (motogp.com)

Miguel Oliveira akan tercatat sebagai pembalap MotoGP pertama yang meraih kemenangan di Sirkuit Mandalika, Indonesia. Rider tim pabrikan KTM itu mampu tampil dominan saat balapan basah di lintasan sepanjang 4,3 km.

Hanya saja, itu adalah satu-satunya kemenangan atau podium milik Oliveira sepanjang musim ini. Pada 4 balapan terakhir, sang pembalap Portugal selalu finis di posisi ke-9.

 

MotoGP seri berikutnya akan berlangsung pada 7 Agustus 2022 di Sirkuit Silverstone, Inggris. Pada balapan nanti, bisakah pembalap lain jadi pemenang baru? Atau, apakah Quartararo, Bagnaia, Bastianini, Aleix dan Oliveira malah menambah koleksi kemenangan?

Baca Juga: 6 Pembalap yang Pernah Menang di GP Indonesia, Ada Valentino Rossi

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya