Hebat! 5 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position Terbanyak

Pembalap tim Repsol Honda juaranya

Menjelang hari balapan, setiap pembalap akan mengikuti sesi kualifikasi untuk menentukan siapa yang bisa mencatatkan waktu tercepat. Pembalap dengan waktu tercepat inilah yang berhak menempati pole position.

Peraih pole position (disebut juga polesitter) bisa memulai balapan dari posisi terdepan di barisan paling depan. Jika start dari depan, maka kemungkinan untuk finis di atas podium pun jadi lebih besar. Karena itulah pole position menjadi incaran banyak pembalap.

Selama sejarah digelarnya ajang Grand Prix, hanya beberapa pembalap elite yang bisa meraih pole position puluhan kali di kelas MotoGP. Siapa saja?

1. Marc Marquez (62 kali)

Hebat! 5 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position TerbanyakMarc Marquez (motorsporttickets.com)

Tak perlu meragukan lagi kehebatan Marc Marquez. Pembalap Spanyol yang sudah enam kali juara dunia di kelas premier ini menjadi polesitter terbanyak dengan jumlah 62 kali.

Pembalap bernomor 93 pun jadi satu-satunya pembalap dalam daftar ini yang masih aktif. Artinya, ia masih bisa menambah koleksi angka pole position-nya.

Marc Marquez pertama kali merebut pole position di GP Amerika pada 2013. Padahal itu adalah balapan keduanya di kelas MotoGP. Hasil balapannya luar biasa. Pembalap Repsol Honda ini berhasil finis terdepan dengan mengasapi Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo.

Kemenangan ini adalah awal dari dominasi Marquez di Sirkuit COTA. Hingga sekarang, Ia selalu menang di sini, kecuali pada 2019 saat podium pertama direbut Alex Rins.

Marquez terakhir kali jadi polesitter pada 2019 di GP Jepang. Kali ini ia bisa mengubahnya jadi podium pertama di depan Fabio Quartararo dan Andrea Dovizioso.

2. Mick Doohan (58 kali)

Hebat! 5 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position TerbanyakMick Doohan (motogp.com)

Mick Doohan bisa start dari grid terdepan sebanyak 58 kali sepanjang kariernya di kelas premier. Pembalap Repsol Honda ini memang kalah dari Marc Marquez. Namun, Doohan tetaplah legenda MotoGP.  Pembalap yang berasal dari Australia ini bisa meraih lima kali gelar juara dunia secara beruntun.

Pole position pertama ia raih di GP Spanyol 1990. Sayangnya, ia finis di peringkat empat. Maklum saja, di depannya adalah para pembalap hebat lainnya, yaitu Wayne Gardner, Wayne Rainey, dan Kevin Schwantz.

Mick Doohan mencatatkan pole terakhirnya di GP Argentina 1998. Ia sukses menjadikannya kemenangan di depan Tadayuki Okada dan Alex Barros. Sepanjang kariernya, Mick Doohan selalu membalap dengan Honda.

Baca Juga: Pertama Kali dalam Sejarah, Pebalap Indonesia Pole Position di CEV

3. Valentino Rossi (55 kali)

Hebat! 5 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position TerbanyakValentino Rossi start di depan Hector Barbera di Sirkuit Sachsenring. (motogp.com)

Peraih tujuh kali gelar juara dunia kelas MotoGP ini mencatatkan 55 kali pole position sepanjang kariernya. Itu menjadikannya satu-satunya pembalap Italia yang ada di daftar.

Valentino Rossi pertama kali start dari grid terdepan pada 2001 di GP Afrika Selatan dengan motor Honda. The Doctor berhasil mengubah keunggulan ini menjadi kemenangan di depan Loris Capirossi dan Tohru Ukawa.

Belasan tahun berselang, Rossi masih bisa start dari grid terdepan. Pada 2018 di GP Italia, pembalap bernomor 46 ini jadi polesitter untuk terakhir kalinya. Ia mampu finis di podium ketiga.

Karier Valentino Rossi di kelas premier merentang cukup panjang. Ia memulainya pada 2000 hingga pensiun pada akhir 2021 lalu.

4. Jorge Lorenzo (43 kali)

Hebat! 5 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position TerbanyakJorge Lorenzo (motogp.com)

Jorge Lorenzo bisa menjadi polesitter sebanyak 43 kali. Pembalap Spanyol yang tiga kali jadi juara dunia MotoGP ini berkarier di kelas premier pada 2008—2019.

Lorenzo pertama kali pole position di GP Qatar pada 2008 bersama tim pabrikan Yamaha. Meski tak menang, ia masih bisa finis di podium kedua. Menariknya, Lorenzo mampu jadi polesitter di dua Grand Prix berikutnya yang juga berakhir finis dengan menaiki podium.

Pembalap berjuluk X-Fuera ini terakhir kali pole position di GP Aragon pada 2018 bersama tim Ducati. Sayangnya, ia tak finis karena terjatuh.

5. Casey Stoner (39 kali)

Hebat! 5 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position TerbanyakCasey Stoner (motogp.com)

Ada dua pembalap Australia yang punya catatan pole position terbanyak. Setelah Doohan, berikutnya adalah Casey Stoner.

Stoner memang bukan pembalap biasa. Ia adalah dua kali juara dunia di kelas MotoGP, sekali dengan Ducati, lainnya dengan Repsol Honda. Ia berkarier di kelas premier ini pada 2006—2012.

Pembalap yang dahulu bernomor 27 ini pertama kali meraih pole position pada 2006 dengan tim Honda LCR. Hebatnya, itu adalah kali kedua Stoner balapan di kelas premier. Setelah pada seri pembuka di GP Spanyol ia start dari posisi ke-15, secara fantastis ia menjadi polesitter di GP Qatar. Meskipun pada akhirnya ia harus puas finis di posisi lima.

Pada 2012, Stoner mencatatkan pole position terakhirnya di GP Australia. Bersama Repsol Honda, ia bisa mengubahnya jadi kemenangan.

Rasanya tak akan bosan membahas rekor-rekor di MotoGP. Setiap pencapaian selalu memiliki kisah menarik yang unik.

Marc Marquez memuncaki daftar ini dan kemungkinan besar bisa menambah angka perolehannya. Jika sudah begini, apakah ada pembalap muda yang mampu memecahkan rekornya?

Baca Juga: 5 Kali Pole Position Beruntun, Bagnaia Samai Rekor Rossi

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya