6 Pembalap MotoGP 2022 dengan Raihan Poin Tertinggi di Pabrikannya

Tak semuanya berasal dari tim resmi

Ada enam pabrikan motor yang berlaga di MotoGP musim 2022. Setiap pabrikan punya pembalap utama yang dijagokan untuk bersaing memperebutkan gelar juara dunia.

Setelah melewati tujuh seri balapan, ada enam pembalap dari masing-masing pabrikan yang mampu mengumpulkan poin terbanyak. Merekalah yang punya kans besar untuk memberikan kesuksesan bagi pabrikan yang mereka bela. Siapa saja keenam pembalap itu?

1. Fabio Quartararo (Yamaha)

6 Pembalap MotoGP 2022 dengan Raihan Poin Tertinggi di PabrikannyaFabio Quartararo (motogp.com)

Fabio Quartararo jadi satu-satunya pembalap Yamaha yang mampu tampil maksimal musim ini. Juara dunia MotoGP tahun 2021 itu sudah mengemas 102 poin dan memuncaki klasemen sementara. Meski YZR-M1 bukan motor terbaik, Quartararo mampu memaksimalkan potensinya.

El Diablo pernah menang di MotoGP Portugal. Ia pun jadi salah satu pembalap paling konsisten karena selalu bisa menuntaskan balapan dan mendapatkan poin.

Hal itu berbanding terbalik dengan rider Yamaha Lain. Rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli, tampil buruk selama tujuh balapan terakhir dan baru mengoleksi 19 poin. Raihan rider tim satelit, Andrea Dovizioso dan Darryn Binder, pun cukup mengecewakan. Mereka baru mengumpulkan 8 dan 6 poin.

2. Aleix Espargaro (Aprilia)

6 Pembalap MotoGP 2022 dengan Raihan Poin Tertinggi di PabrikannyaAleix Espargaro (motogp.com)

Aleix Espargaro tampil luar biasa selama tujuh balapan terakhir. Pembalap andalan Aprilia Racing itu menempati peringkat ke-2 di klasemen sementara dengan mengemas 98 poin. Aleix pernah menang di Argentina dan ia pun naik podium tiga kali beruntun di Portugal, Spanyol, dan Prancis.

Rekan setimnya, Maverick Vinales, masih melanjutkan momen adaptasinya dengan RS-GP. Vinales baru mencatatkan 33 poin.

3. Enea Bastianini (Ducati)

6 Pembalap MotoGP 2022 dengan Raihan Poin Tertinggi di PabrikannyaEnea Bastianini (motogp.com)

Ducati punya delapan pembalap di grid MotoGP 2022. Menariknya, pembalap yang meraih poin tertinggi pada klasemen sementara berasal dari tim satelit yang mengendarai Desmosedici versi tahun lalu.

Enea Bastianini (Gresini Racing) yang sudah tiga kali menang (di Qatar, Amerika Serikat, dan Prancis) membukukan 94 poin. Ia berada di atas Jack Miller, Johann Zarco, Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Luca Marini yang memacu Desmosedici GP22 versi terbaru.

Baca Juga: Ducati Tak Ingin Kehilangan Jorge Martin dan Enea Bastianini

4. Alex Rins (Suzuki)

6 Pembalap MotoGP 2022 dengan Raihan Poin Tertinggi di PabrikannyaAlex Rins (motogp.com)

Di antara dua pembalap tim Suzuki Ecstar, Alex Rins jadi rider yang mencatatkan poin tertinggi. Meski belum pernah menang, Rins sudah merebut podium di Argentina dan Amerika Serikat. Pembalap asal Spanyol itu mencatatkan 69 poin dan kini berada di peringkat ke-4 klasemen sementara.

Joan Mir juga sebenarnya tampil cukup apik pada awal musim. Sayangnya, dalam dua balapan terakhir ia terjatuh dan tak bisa mengumpulkan poin. Mir berada di peringkat ke-9 klasemen dengan capaian 56 poin.

5. Brad Binder (KTM)

6 Pembalap MotoGP 2022 dengan Raihan Poin Tertinggi di PabrikannyaBrad Binder (motogp.com)

Brad Binder jadi pembalap KTM yang paling konsisten mendulang poin musim ini. Brad sudah mengumpulkan 56 poin dan kini menempati posisi ke-8. Rekan setimnya, Miguel Oliveira, pernah menang saat berlaga di Indonesia, tetapi tak konsisten pada balapan lainnya. Oliveira mengoleksi 43 poin.

Dua rookie tim satelit KTM masih belum memperlihatkan performa apik. Remy Gardner baru mendapatkan 3 poin, sedangkan Raul Fernandez masih belum punya poin.

6. Marc Marquez (Honda)

6 Pembalap MotoGP 2022 dengan Raihan Poin Tertinggi di PabrikannyaMarc Marquez (motogp.com)

Para pembalap Honda berada di papan tengah klasemen. Marc Marquez yang sempat didera cedera belum pernah merebut podium pada musim ini. Dengan raihan 54 poin, The Baby Alien berada di peringkat ke-10 klasemen dengan hasil terbaik finis di posisi ke-4 di Spanyol.

Satu-satunya pembalap Honda yang pernah naik podium adalah Pol Espargaro. Namun, Pol baru mengumpulkan 40 poin. Pembalap tim satelit LCR Honda, Takaaki Nakagami dan Alex Marquez, masing-masing baru mencatatkan 30 dan 18 poin.

 

MotoGP 2022 masih menyisakan belasan balapan. Masih banyak pertarungan yang bisa dimenangkan oleh setiap pembalap. Pada akhir musim nanti, siapakah yang akan mengemas poin paling banyak?

Baca Juga: Marc Marquez Serahkan Putusan Nasib Pol Espargaro ke Pihak Honda

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya