5 Pembalap Motor asal Prancis yang Pernah Menang di Sirkuit Le Mans

Belum ada yang juara di kelas premier

Fabio Quartararo dan Johann Zarco pernah cetak sejarah dengan menjadi pembalap Prancis yang naik podium bersamaan di Sirkuit Le Mans pada musim 2021. Sayangnya, lagu La Marseillaise tak jadi berkumandang lantaran Quartararo dan Zarco meraih podium kedua dan ketiga.

Sepanjang digelarnya MotoGP di Le Mans, memang belum pernah ada pembalap di kelas premier yang bisa menang di sirkuit ini. Meski begitu, bukan berarti rider di kelas lain tak bisa tampil apik dan jadi juara.

Sejak menggelar MotoGP pada 1969, hanya ada lima pembalap asal Prancis yang pernah menang di Sirkuit Le Mans di berbagai kategori balap. Siapa saja?

1. Louis Rossi

5 Pembalap Motor asal Prancis yang Pernah Menang di Sirkuit Le MansLouis Rossi (motogp.com)

Louis Rossi adalah pembalap asal Prancis kelahiran Le Mans. Lima tahun setelah awal berkarier di kelas 125cc, Rossi akhirnya bisa membuat bangga tanah kelahirannya setelah berhasil menjadi juara di Sirkuit Le Mans.

Pada 2012, saat berlaga di kelas Moto3 bersama Racing Team Germany, Louis Rossi merebut kemenangan dengan mengasapi Alberto Moncayo dan Alex Rins. Itu merupakan satu-satunya podium dan kemenangan yang ia raih selama berkarier di MotoGP.

2. Mike Di Meglio

5 Pembalap Motor asal Prancis yang Pernah Menang di Sirkuit Le MansMike Di Meglio saat beraksi di Le Mans kelas 125cc. (motogp.com)

Mike Di Meglio adalah salah satu pembalap asal Prancis yang berhasil merebut gelar juara dunia. Pada musim 2008, bersama tim Ajo Motorsport ia merebut titel untuk kelas 125cc dengan meraih 9 podium termasuk 4 kemenangan.

Menariknya, salah satu kemenangan itu ia raih di kandang sendiri. Dengan memacu motor Derbi, ia merebut kemenangan di Sirkuit Le Mans. Ia jadi yang tercepat setelah mengasapi Bradley Smith dan Nicolas Terol.

Baca Juga: MotoGP: Gagal Musim Lalu, Miller Bertekad Raih Kemenangan di Le Mans

3. Patrick Fernandez

5 Pembalap Motor asal Prancis yang Pernah Menang di Sirkuit Le MansPatrick Fernandez (motogp.com)

Patrick Fernandez adalah pembalap Prancis yang berlaga di era 1970-an dan 1980-an. Selama periode itu ia pernah turun balap di semua kategori kelas, yaitu kelas 125cc, 250cc, 350cc, dan 500cc.

Selama kariernya, Patrick Fernandez total mengumpulkan 26 podium, termasuk 3 kemenangan di berbagai kelas. Salah satu kemenangan yang membanggakan adalah saat ia berhasil menaklukkan Sirkuit Le Mans pada musim 1979. Dengan memacu Yamaha di kelas 350cc, ia mengasapi Roland Freymond dan Walter Villa.

4. Guy Bertin

5 Pembalap Motor asal Prancis yang Pernah Menang di Sirkuit Le MansGuy Bertin (motogp.com)

Selain Patrick Fernandez, ada satu pembalap Prancis lain yang juga meraih kemenangan di Le Mans musim 1979. Bedanya, pembalap ini menang di kelas yang lebih ringan.

Guy Bertin yang mengendarai Motobecane berhasil menjadi yang tercepat di kelas 125cc. Meski hanya mengikuti tiga balapan pada tahun itu, Bertin selalu merebut podium.

5. Jean Aureal

5 Pembalap Motor asal Prancis yang Pernah Menang di Sirkuit Le MansJean Aureal (motogp.com)

Jean Aureal jadi pembalap Prancis pertama yang bisa merebut kemenangan di Sirkuit Le Mans. Pada musim balap 1969 di kelas 125cc, Jean Aureal yang memacu Yamaha berhasil menang dan merebut podium tertinggi.

Jean Aureal finis di depan Dave Simmonds asal Inggris dan Ginger Molloy asal Selandia Baru yang menggenapi podium. Itu adalah kemenangan pertama dan satu-satunya bagi Aureal.

 

Pembalap Prancis yang diwakili Fabio Quartararo dan Johann Zarco sedang berada di atas angin. Quartararo kini memuncaki klasemen sementara, sedangkan Zarco sudah pernah merebut podium pada musim ini. Untuk MotoGP Prancis 2022 di Sirkuit Le Mans, bisakah Quartararo atau Zarco jadi pemenang?

Baca Juga: Separuh Pembalap MotoGP 2022 Pernah Naik Podium di Sirkuit Le Mans

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya