6 Pembalap Asal Spanyol yang Menjadi Juara Dunia Moto2

Augusto Fernandez paling anyar masuk daftar

Augusto Fernandez (Red Bull KTM Ajo) merebut gelar juara dunia Moto2 2022 pada seri Valencia, Minggu (6/11/2022), tanpa bersusah payah. Baru memasuki putaran ketujuh balapan, Fernandez sudah menyegel gelar.

Ini terjadi lantaran rival terberatnya, Ai Ogura (Idemitsu Honda Team Asia), terjatuh ketika berada di barisan depan. Dengan begitu, secara otomatis Fernandez dipastikan menjadi juara dunia Moto2 2022.

Sepanjang sejarah digelarnya Moto2 sejak musim 2010, Fernandez menjadi pembalap Spanyol keenam yang mampu merebut titel dunia. Ia masuk ke dalam klub elite para juara balap peraih gelar di kelas intermediate.

Termasuk Augusto Fernandez, berikut keenam pembalap asal Spanyol yang menjadi juara dunia Moto2. Simak ulasannya, yuk!

1. Augusto Fernandez (2022)

6 Pembalap Asal Spanyol yang Menjadi Juara Dunia Moto2Augusto Fernandez (motogp.com)

Augusto Fernandez pembalap yang masuk daftar juara dunia asal Spanyol paling anyar. Rider tim Red Bull KTM Ajo ini mengoleksi total 271,5 poin setelah melakoni 20 seri Grand Prix.

Sepanjang musim, ia berhasil merebut dua pole position dan sembilan podium, termasuk empat kemenangan. Fernandez pun sempat cetak hattrick kemenangan di seri Jerman, Belanda, dan Inggris. Dalam klasemen akhir, Fernandez unggul dari Ai Ogura yang cetak 242 poin dan Aron Canet yang membukukan 200 poin.

2. Alex Marquez (2019)

6 Pembalap Asal Spanyol yang Menjadi Juara Dunia Moto2Alex Marquez (motogp.com)

Alex Marquez menjadi jaura dunia kelas Moto2 pada musim 2019. Saat itu, ia menjadi bagian dari tim EG 0,0 Marc VDS.

Selama mengaspal pada musim tersebut, Marquez mencatatkan enam pole position, 10 podium termasuk lima kemenangan. Pada akhir musim ia menorehkan 262 poin.

Alex Marquez mengalahkan rival terdekatnya dengan persaingan ketat dan perolehan poin yang tipis. Ia unggul dari Brad Binder (259 poin) dan Thomas Luthi (250 poin).

3. Tito Rabat (2014)

6 Pembalap Asal Spanyol yang Menjadi Juara Dunia Moto2Tito Rabat (motogp.com)

Pada musim 2014, Tito Rabat mengamankan gelar juara dunia Moto2 bersama tim Marc VDS Racing Team. Kala itu ia mencetak total 346 poin.

Tito Rabat mengoleksi banyak pole position dan podium. Sepanjang musim, ia mencetak 11 pole position dan 14 podium, termasuk tujuh kemenangan. Rabat mengungguli Mika Kallio (289 poin) dan Maverick Vinales (274 poin).

Baca Juga: Rekap Hasil 6 Klasemen MotoGP 2022, Ducati Sapu Bersih!

4. Pol Espargaro (2013)

6 Pembalap Asal Spanyol yang Menjadi Juara Dunia Moto2Pol Espargaro (motogp.com)

Saat masih memperkuat tim Tuenti HP 40 di kelas Moto2, Pol Espargaro menyegel gelar juara dunia. Pol meraihnya pada musim 2013 setelah mengalahkan Scott Redding (225 poin) dan Tito Rabat (216 poin)

Raihan poin Pol Espargaro adalah 265 poin. Ia meraihnya setelah tampil apik dengan mencatatkan enam pole position dan 10 podium, termasuk enam kemenangan.

5. Marc Marquez (2012)

6 Pembalap Asal Spanyol yang Menjadi Juara Dunia Moto2Marc Marquez (motogp.com)

Marc Marquez masuk dalam daftar pembalap Spanyol yang merebut gelar juara dunia Moto2. Bagaimana tidak, The Baby Alien tampil dominan pada musim 2012.

Bersama Team Catalunya Caixa Repsol, Marquez membukukan 328 poin. Dalam 17 seri balap, ia tampil apik dengan mengemas tujuh pole position dan 14 podium yang 9 sembilan di antaranya adalah kemenangan. Ia pun cetak hattrick di Indianapolis, Republik Ceko, dan San Marino.

Pada klasemen akhir, Marquez unggul dari Pol Espargaro (269 poin) dan Andrea Iannone (194 poin). Marquez sendiri sepertinya memang ditakdirkan untuk jadi legenda balap.

6. Toni Elias (2010)

6 Pembalap Asal Spanyol yang Menjadi Juara Dunia Moto2Toni Elias (motogp.com)

Pembalap asal Spanyol yang pertama merebut gelar juara dunia Moto2 adalah Toni Elias. Pembalap yang kala itu memperkuat tim Gresini Racing ini mengantongi 271 poin, unggul dari Julian Simon (102 poin) dan Andrea Iannone (199 poin).

Dalam semusim, Elias mengamankan tiga pole position dan delapan podium yang tujuh di antaranya berbuah kemenangan. Ia pun sempat menang empat kali beruntun di Jerman, Republik Ceko, Indianapolis, dan San Marino.

Bukan tanpa alasan pembalap Spanyol bisa digdaya di semua kelas. Sejak kecil, mereka memang punya antusias tinggi pada ajang balap motor. Tak heran jika mereka mampu menjadi juara dunia di semua kelas Grand Prix yang dilombakan, tak terkecuali Moto2.

Baca Juga: Alonso Lopez Ancam Pedro Acosta dalam Perebutan Gelar RoTY Moto2

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya