12 Pembalap Spanyol yang Pernah Merebut Pole Position di MotoGP

Alex Marquez paling anyar

Alex Marquez merupakan pembalap asal Spanyol teranyar yang menjadi pole sitter di MotoGP. Pada gelaran Grand Prix di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, pembalap tim Gresini Racing itu merebut pole position usai menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi pertama (Q1).

Pole position itu merupakan pole position pertama Alex Marquez di kelas premier. Pencapaian tersebut sekaligus mengantarkannya masuk ke dalam daftar 12 pembalap Spanyol yang pernah merebut pole position di MotoGP.

Simak deretan pembalapnya berikut ini!

1. Tiga pembalap Spanyol merebut pole position puluhan kali

12 Pembalap Spanyol yang Pernah Merebut Pole Position di MotoGPDani Pedrosa, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo (motogp.com)

Dari 12 pembalap asal Negeri Matador yang menjadi pole sitter, 3 pembalap di antaranya sudah merebut pole position hingga puluhan kali. Terbanyak adalah Marc Marquez dengan capaian 64 kali pole position.

Ia pertama kali meraihnya di GP Amerika 2013 dan terakhir kali di GP Portugal 2023. Marc Marquez masih aktif di ajang Grand Prix. Ia punya kans besar menambah koleksinya.

Selain Marc Marquez, dua pembalap lainnya yang raih puluhan kali pole position adalah Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa yang telah pensiun. Lorenzo meraih pole position sebanyak 43 kali, sedangkan Pedrosa sebanyak 41 kali.

Lorenzo merebut pole position pertamanya di GP Qatar 2008. Sementara itu, Pedrosa meraihnya di GP China 2006.

2. Dua pembalap jadi pole sitter belasan kali

12 Pembalap Spanyol yang Pernah Merebut Pole Position di MotoGPMaverick Vinales (motogp.com)

Selain Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa, belum ada lagi yang bisa mencetak pole position puluhan kali. Pada jumlah belasan pun tak banyak. Hanya ada dua Spaniard yang belasan kali jadi polesitter.

Pertama adalah Sete Gibernau yang mencatatkan 13 kali pole position. Ia meraihnya pertama kali di GP Afrika Selatan 2000.

Pembalap berikutnya adalah Maverick Vinales. Pembalap yang kini memperkuat tim Aprilia Racing itu sudah 12 kali mencetak pole position. 

Vinales pertama kali pole position di GP Qatar 2017. Masih aktif, ia punya peluang menambah perolehannya.

Baca Juga: Tuah Marc Marquez di Portimao yang Antiklimaks

3. Tujuh pembalap meraih pole position kurang dari sepuluh kali

12 Pembalap Spanyol yang Pernah Merebut Pole Position di MotoGPJorge Martin, Pramac Racing (motogp.com)

Banyak yang mencetak pole position di angka kurang dari 10 kali. Dalam kumpulan ini terdapat Alex Criville. Ia merupakan pembalap Spanyol pertama dalam sejarah yang meraih pole position di kelas premier. Criville meraihnya pada GP Belanda 1995.

Secara total, Alex Criville mencatatkan sembilan kali pole position. Jumlah itu sama seperti jumlah yang sementara ini diraih Jorge Martin. Pembalap Pramac Racing ini pertama kali meraihnya di GP Doha 2021.

Setelahnya, ada Aleix Espargaro dengan empat kali pole position. Ia pertama kali meraihnya di GP Belanda 2014. Lalu, Carlos Checa dan Pol Espargaro dengan masing-masing tiga kali pole position. Checa pertama kali meraihnya di GP Spanyol 1998 dan Pol di GP Styria 2020.

Alvaro Bautista dan Alex Marquez baru sekali merebut pole position. Bautista yang kini mengaspal di World Superbike meraih pole position di GP Inggris 2012. Sementara itu, Alex Marquez meraihnya di GP Argentina 2023.

4. Pembalap MotoGP asal Spanyol musim 2023

12 Pembalap Spanyol yang Pernah Merebut Pole Position di MotoGPpotret Alex Marquez (motogp.com)

Di antara semua pembalap yang disebutkan di atas, tentu saja Alex Marquez yang paling anyar masuk daftar. Bersama Ducati, ia meraih pole position di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Ia punya peluang menambah angka capaiannya.

Begitu pun dengan pembalap Spanyol lain yang masih aktif. Pada daftar pembalap musim 2023, ada sepuluh Spaniard. Mereka adalah Marc Marquez, Maverick Vinales, Jorge Martin, Aleix Espargaro, Pol Espargaro, Alex Marquez, Alex Rins, Joan Mir, Augusto Fernandez, dan Raul Fernandez.

5. Rekap 12 pembalap Spanyol rang rebut pole position di kelas premier

12 Pembalap Spanyol yang Pernah Merebut Pole Position di MotoGPAlex Criville (motogp.com)

Pole position tak mudah diraih. Butuh persiapan matang dan kemampuan mumpuni untuk bisa menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi. Oleh karena itu, peraih pole position patut mendapat apresiasi.

Berikut ini rekap selusin pembalap Spanyol yang jadi polesitter di kelas premier sampai dengan MotoGP Argentina 2023:

  1. Marc Marquez, 64 kali;
  2. Jorge Lorenzo, 43 kali;
  3. Dani Pedrosa, 41 kali;
  4. Sete Gibernau, 13 kali;
  5. Maverick Vinales, 12 kali;
  6. Alex Criville, 9 kali;
  7. Jorge Martin, 9 kali;
  8. Aleix Espargaro, 4 kali;
  9. Carlos Checa, 3 kali;
  10. Pol Espargaro, 3 kali;
  11. Alvaro Bautista, 1 kali; dan
  12. Alex Marquez, 1 kali.

Daftar di atas bisa saja berubah karena masih banyaknya pembalap Spanyol yang aktif. Setelah Alex Marquez, siapa lagi yang bakal merebut pole position pertamanya, ya?

Baca Juga: Nyaman di Gresini, Alex Marquez Optimistis Tampil Apik di MotoGP 2023

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya