3 Pembalap Ini Mengaspal dengan Kondisi Tidak Fit di MotoGP Argentina

Mereka tetap harus berjuang demi dapat poin

Dari 22 pembalap MotoGP 2023, hanya 18 pembalap di antaranya yang bakal berlaga di MotoGP Argentina pada, Jumat hingga Minggu (31/3—2/4/2023). Empat pembalap lainnya harus melewatkan balapan lantaran didera cedera.

Namun, dari 18 pembalap yang ada, 3 pembalap di antaranya mengaspal dengan kondisi tidak fit. Kendati begitu, mereka tetap memutuskan untuk tampil di lintasan demi kesempatan meraih poin.

Simak siapa saja pembalap MotoGP 2023 yang berlaga dengan kondisi tidak fit di Sirkuit Termas de Rio Hondo berikut ini!

1. Brad Binder

3 Pembalap Ini Mengaspal dengan Kondisi Tidak Fit di MotoGP ArgentinaBrad Binder (motogp.com)

Saat pekan balap di Portugal, Brad Binder tampil dengan menahan rasa sakit. Ia diduga mengalami masalah saraf di leher dan punggungnya. Sempat diperiksa di rumah sakit, tetapi ia tak punya cukup waktu untuk pemulihan.

Dengan dibantu seorang fisioterapis, Binder memilih untuk tetap berlaga di Argentina. Jelang sesi balap di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Binder melakukan dua sesi fisioterapi setiap harinya agar kondisinya lebih baik.

“Masih sakit dan kaku, tetapi 100 kali lebih baik daripada Jumat lalu. Aku pikir aku akan baik-baik saja,” kata Binder dikutip The Race.

2. Raul Fernandez

3 Pembalap Ini Mengaspal dengan Kondisi Tidak Fit di MotoGP Argentinapotret Raul Fernandez (motogp.com)

Penampilan Raul Fernandez pada sesi balap hari Minggu di Portugal tak maksimal. Pembalap tim RNF Aprilia ini tiba-tiba mengalami mati rasa pada lengannya.

Saat mendarat di Argentina, kondisinya ternyata belum pulih. Ia masih kesulitan ketika harus mengangkat barang bawaannya di bandara. Kendati demikian, Fernandez berusaha untuk bisa tampil dengan kondisi 100 persen. Ia mengandalkan tim dokter medis MotoGP.

“Aku pikir aku akan siap untuk berlaga pada akhir pekan,” ungkap pembalap termuda di grid MotoGP 2023 itu.

Baca Juga: Klasemen MotoGP 2023: Bagnaia Kuasai Portugal

3. Jorge Martin

3 Pembalap Ini Mengaspal dengan Kondisi Tidak Fit di MotoGP Argentinapotret Jorge Martin (motogp.com)

Jorge Martin terlibat kecelakaan yang dipicu Marc Marquez di Portugal. Rider tim Prima Pramac Racing tersebut mengalami patah tulang jari kaki. Meski begitu, Martin merasa baik-baik saja dan siap mengaspal di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

“Senin aku tak bisa berjalan. Aku sedikit khawatir dengan situasinya, tetapi akhirnya aku merasa lebih baik setiap harinya. Ini bagus dan aku pikir kami bisa sangat kompetitif dan tak masalah pada akhir pekan ini,” ujar Martin dilansir The Race.

4. Ada empat pembalap yang absen pada pekan balap di Argentina

3 Pembalap Ini Mengaspal dengan Kondisi Tidak Fit di MotoGP Argentinapotret Enea Bastianini (instagram.com/bestia23)

Meski kondisinya tidak fit, ketiga pembalap di atas sedikit lebih beruntung bisa mengikuti seri kedua MotoGP. Bukan tanpa alasan, ada empat pembalap lain yang dipastikan tak turun balap di Argentina.

Pol Espargaro, Enea Bastianini, Miguel Oliveira, dan Marc Marquez cedera usai mengalami kecelakaan sepanjang akhir pekan di Portugal. Bastianini mengalami patah pulang belikat, Oliveira cedera pada kaki kanannya, sedangkan Marquez menderita patah tulang intra-artikular di ibu jari tangan kanan.

5. Pol Espargaro absen panjang

3 Pembalap Ini Mengaspal dengan Kondisi Tidak Fit di MotoGP ArgentinaPol Espargaro cedera parah usai kecelakan di Sirkuit Portimao, Portugal. (instagram.com/polespargaro)

Di sisi lain, kondisi paling parah dialami Pol Espargaro. Pembalap tim GASGAS Factory Racing Tech3 itu mengalami cedera serius pada beberapa bagian tubuhnya, seperti patah tulang rahang, tulang belakang, dan terdapat luka pada paru-parunya.

Berbeda dengan Bastianini, Oliveira, dan Marquez yang kemungkinan besar bisa tampil di seri ketiga di Amerika Serikat, Pol masih harus absen panjang. Pol mungkin baru comeback pada pertengahan Juni 2023 saat balapan di Mugello.

MotoGP Argentina adalah seri ke-2 dari 21 Grand Prix yang dilombakan sepanjang musim 2023. Kehilangan kesempatan mendulang poin pada beberapa seri balapan tentu cukup merugikan. Kepada semua pembalap MotoGP yang cedera, cepat sembuh!

Baca Juga: Pol Espargaro Patah Tulang Belakang Usai Alami Kecelakaan Horor

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya