6 Pembalap Tuan Rumah yang Pernah Podium di MotoGP Jerman

Sachsenring menggelar Grand Prix beruntun sejak 1998

MotoGP Jerman selalu dihelat di Sirkuit Sachsenring sejak 1998. Sayangnya, tak banyak pembalap tuan rumah yang berpartisipasi dalam ajang Grand Prix tersebut.

Untuk musim 2022 saja, hanya ada satu pembalap Jerman (Marcel Schrotter) yang berlaga secara reguler di kelas Moto2. Sementara, di kelas premier, Stefan Bradl masih turun balap hanya karena jadi pembalap pengganti atau wildcard.

Kendati tak banyak, bukan berarti pembalap asal Jerman tak bisa berprestasi di kandang sendiri. Setidaknya sudah ada enam pembalap tuan rumah yang pernah merebut podium di gelaran MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring.

1. Marcel Schrotter

6 Pembalap Tuan Rumah yang Pernah Podium di MotoGP JermanMarcel Schrotter (motogp.com)

Marcel Schrotter jadi pembalap Jerman paling anyar yang naik podium di kandang sendiri. Pembalap yang kini memperkuat tim Liqui Moly Intact GP itu merebut podium ke-2 saat berlaga di Moto2 2019.

Schrotter finis di belakang Alex Marquez dan Brad Binder. Masih aktif membalap pada 2022, pembalap bernomor 23 itu masih punya kesempatan menambah raihan podium.

2. Jonas Folger

6 Pembalap Tuan Rumah yang Pernah Podium di MotoGP JermanJonas Folger, Marc Marquez, dan Dani Pedrosa menaiki podium di gelaran MotoGP Jerman 2017. (motogp.com)

Jonas Folger merebut dua podium di Sirkuit Sachsenring. Ia meraih podium ke-2 saat masih turun balap di kelas Moto2 2016. Folger kala itu memperkuat tim Dynavolt Intact GP.

Ia juga meraih podium ke-2 saat berlaga di kelas MotoGP 2017. Jonas Folger yang memperkuat tim Monster Yamaha Tech3 menuntaskan balapan di depan Dani Pedrosa, tetapi di belakang Marc Marquez.

3. Sandro Cortese

6 Pembalap Tuan Rumah yang Pernah Podium di MotoGP JermanSandro Cortese menang di Sachsenring pada gelaran Moto3 2012. (motogp.com)

Sandro Cortese jadi satu-satunya pembalap asal Jerman dalam daftar ini yang pernah menang di Sirkuit Sachsenring. Cortese yang membalap untuk tim Red Bull KTM Ajo pada 2012 merebut kemenangan di kelas Moto3.

Sebelumnya, pada 2010, pembalap yang merupakan juara dunia Moto3 2012 itu juga pernah merebut podium. Ia finis di posisi ke-3 saat beraksi di kelas 125cc.

Baca Juga: Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksi

4. Stefan Bradl

6 Pembalap Tuan Rumah yang Pernah Podium di MotoGP JermanStefan Bradl di Sachsenring pada ajang Moto2 musim 2011. (motogp.com)

Stefan Bradl pernah dua kali merebut podium di Sirkuit Sachsenring. Saat berlaga di kelas Moto2 2011, pembalap yang kini jadi test rider Honda itu merebut podium ke-2 setelah dikalahkan Marc Marquez.

Podium yang lainnya ia dapatkan pada 2008. Saat itu, Stefan Bradl yang turun balap di kelas 125cc berhasil finis di posisi ke-2.

5. Steve Jenkner

6 Pembalap Tuan Rumah yang Pernah Podium di MotoGP Jermanilustrasi balap kelas 125cc (motogp.com)

Pada 2002, Steve Jenkner jadi pembalap Jerman yang bisa merebut podium ke-3 di Sachsenring. Kala itu, ia mengaspal di kelas 125cc bersama tim UGT 3000 Aprilia.

Jenkner berkarier semusim penuh di ajang Grand Prix sejak 1997. Musim terbaiknya adalah tahun 2002 ketika bertengger di posisi ke-5 pada klasemen akhir kejuaraan dunia kelas 125cc.

6. Ralf Waldmann

6 Pembalap Tuan Rumah yang Pernah Podium di MotoGP Jermanilustrasi balap kelas 250cc (motogp.com)

Sejak Sirkuit Sachsenring menghelat MotoGP pada 1998, Ralf Waldmann jadi pembalap tuan rumah yang pertama kali bisa naik podium. Waldmann meraihnya saat berlaga di kelas 250cc 1999.

Ia merebut posisi ke-3 pada gelaran GP Jerman tersebut. Saat menerima trofi, ia berdiri di samping Valentino Rossi yang merebut kemenangan dan Loris Capirossi yang meraih podium ke-2.

MotoGP seri Jerman 2022 akan diikuti Marcel Schrotter dan Stefan Bradl. Mampukah mereka menambah koleksi podium di kandang sendiri?

Baca Juga: 5 Sirkuit di Jerman yang Pernah Jadi Tuan Rumah MotoGP, Sudah Tahu?

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya