7 Pembalap yang Merebut Kemenangan di MotoGP 2022

Ada satu pabrikan yang tak punya perwakilan

MotoGP 2022 penuh kejutan. Salah satunya dalam hal pembalap yang bisa memenangi balapan. Sepanjang musim yang melombakan 20 seri Grand Prix, ada 7 pembalap yang mampu menjadi kampiun.

Jumlah tersebut hampir sepertiga dari sekitar 24 pembalap reguler yang mengikuti kejuaraan musim ini. Menariknya lagi, ada pembalap dari tim kuda hitam yang justru merebut kemenangan. Di sisi lain, satu tim yang sudah cukup mapan di MotoGP malah tak mampu mengemas kemenangan.

Siapa saja pembalap yang merebut kemenangan di MotoGP 2022?

1. Francesco Bagnaia (7 kemenangan)

7 Pembalap yang Merebut Kemenangan di MotoGP 2022Francesco Bagnaia (motogp.com)

Francesco Bagnaia paling banyak merengkuh trofi di MotoGP 2022. Pembalap yang baru saja merebut gelar juara dunia ini mengantongi tujuh kemenangan yang ia raih di Spanyol dan Italia, lalu quattrick di Belanda, Inggris, Austria, dan San Marino. Satu kemenangan lagi diraihnya di Malaysia.

Dengan jumlah kemenangan tersebut, Bagnaia yang memperkuat tim Ducati Lenovo memang pantas menjadi pemuncak klasemen. Ia pun mencetak banyak pencapaian, termasuk menjadi pembalap pertama yang mempersembahkan gelar juara untuk pabrikan Borgo Panigale sejak 2007.

2. Enea Bastianini (4 kemenangan)

7 Pembalap yang Merebut Kemenangan di MotoGP 2022Enea Bastianini dan tim Gresini Racing (instagram.com/gresiniracing)

Enea Bastianini jadi pembalap yang menorehkan empat kemenangan. Penggawa Gresini Racing ini menang di Qatar, Amerika Serikat, Prancis, dan Aragon.

Bastianini memang tampil cukup kuat pada awal musim, ia bahkan sempat menjadi pemimpin klasemen sementara. Sayangnya, performanya yang apik tak dibarengi dengan konsistensi sehingga ketinggalan banyak poin.

Pada klasemen akhir, Bastianini bertengger di peringkat ke-3 kejuaraan. Ia berada satu peringkat di bawah Fabio Quartararo.

3. Fabio Quartararo (3 kemenangan)

7 Pembalap yang Merebut Kemenangan di MotoGP 2022Fabio Quartararo (motogp.com)

Sepanjang musim 2022, Fabio Quartararo mampu mengamankan tiga kemenangan. El Diablo meraihya di Portugal, Catalunya, dan Jerman.

Jika dilihat dari performa YZR-M1 yang ia tunggangi, perolehan Quartararo tersebut patut diacungi jempol. Pasalnya, jumlah kemenangan itu membuktikan bahwa talenta balap Quartararolah yang mengantarkannya jadi pemenang, bukan kekuatan mesin.

Sayangnya, talenta saja tak cukup untuk memenangi gelar. Pada akhir musim, Quartararo harus merelakan titel juara dunianya diambil Francesco Bagnaia. Pembalap tim Monster Energy Yamaha ini harus puas menjadi runner-up kejuaraan.

Baca Juga: Pembalap MotoGP 2022 yang Merebut Podium di Sirkuit Ricardo Tormo

4. Miguel Oliveira (2 kemenangan)

7 Pembalap yang Merebut Kemenangan di MotoGP 2022Miguel Oliveira (motogp.com)

Performa Miguel Oliveira pada 2022 cukup jadi sorotan, terutama pada seri balapan basah. Di Indonesia dan Thailand yang menyajikan perlombaan di bawah guyuran hujan, Oliveira menahbiskan diri sebagai rain master baru.

Dua kemenangan ini sekaligus menjadi kado terakhir untuk tim Red Bull KTM Factory Racing. Mulai musim depan, Oliveira pindah ke tim satelit RNF Aprilia.

5. Alex Rins (2 kemenangan)

7 Pembalap yang Merebut Kemenangan di MotoGP 2022Alex Rins (motogp.com)

Performa Alex Rins sepanjang musim bak roller coaster. Pada awal musim, ia tampil trengginas dengan mengamankan beberapa podium. Sayangnya, pada pertengahan musim, performanya malah terpuruk.

Salah satu alasannya tentu saja pengumuman mendadak tentang pengunduran diri Suzuki dari MotoGP. Sejak itu, Alex Rins dan tim Suzuki seperti kehilangan semangat. Rentetan nasib sial pun membuat Rins tak bisa tampil kompetetif.

Semangat baru muncul lagi pada akhir musim. Pada tiga seri balapan terakhir, Rins mampu tampil spektakuler dan memboyong dua kemenangan. Ia menang di Australia dan Valencia setelah menyajikan aksi start memukau. Alex Rins pun berhasil memberikan kado perpisahan yang indah untuk Suzuki.

6. Aleix Espargaro (1 kemenangan)

7 Pembalap yang Merebut Kemenangan di MotoGP 2022Aleix Espargaro (motogp.com)

Aleix Espargaro jadi kuda hitam yang memberi banyak kejutan di MotoGP 2022. Bagaimana tidak, Aleix merebut kemenangan pertamanya di ajang Grand Prix, sekaligus memberikan kemenangan pertama untuk Aprilia.

Saat melakoni balapan di seri Argentina, pembalap Aprilia Racing ini tampil sangat trengginas. Ia kuat sejak sesi kualifikasi. Tak heran, sepanjang balapan, ia mampu mendominasi dan membawa pulang trofi pemenang.

7. Jack Miller (1 kemenangan)

7 Pembalap yang Merebut Kemenangan di MotoGP 2022Jack Miller (motogp.com)

Jack Miller mengerahkan segenap kemampuannya untuk mendapatkan hasil terbaik bersama Ducati. Bagaimanapun, musim 2022 adalah tahun terakhirnya bersama tim pabrikan Borgo Panigale. Sayangnya, dari awal sampai pertengahan musim, Miller tak mampu mengemas satu kemenangan pun.

Hasil gemilang baru terjadi pada seri fly away MotoGP di Jepang. Dengan penuh percaya diri, Miller mendominasi jalannya balapan dan merengkuh trofi kemenangan. Itu merupakan satu-satunya kemenangan musim ini sekaligus menjadi kemenangan terakhirnya bersama Ducati. Musim depan, ia pindah ke KTM.

Ketujuh pembalap pemenang di atas berasal dari tim yang mengandalkan Ducati, Yamaha, Suzuki, KTM, dan Aprilia. Pabrikan Honda yang menaungi tim Repsol Honda dan LCR Honda justru tak menempatkan satu pun wakilnya di daftar kampiun.

Marc Marquez cs memang kesulitan bersaing. Salah satunya karena performa motor yang tak bisa diandalkan. Pada MotoGP 2023 nanti, mungkinkah Honda balas dendam dan kembali ke jalur kemenangan?

Baca Juga: Pembalap Spanyol Dominasi MotoGP Australia, Treble Pertama Musim Ini

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya