Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Amerika, Tampil Apik

Hampir semua dapat poin

MotoGP 2023 Amerika Serikat yang berlangsung di Sirkuit COTA pada, Senin (17/4/2023) dini hari WIB menyajikan keseruan. Pembalap tim LCR Honda, Alex Rins, memberi kejutan dengan menjadi kampiun di atas RC213V. Di sisi lain, juara dunia Francesco Bagnaia harus kehilangan poin penuh karena terjatuh.

Balapan yang berdurasi 20 putaran tersebut memang tak ubahnya seperti balapan ketahanan. Bagaimana tidak, dari total 22 pembalap yang mengaspal, lebih dari sepertiganya terjatuh dan tak bisa menuntaskan perlombaan.

Kecelakaan demi kecelakaan tersebut mengantarkan 13 pembalap yang tersisa otomatis finis di posisi poin. Di antara jumlah tersebut, terdapat para sophomore rider dan rookie MotoGP.

Bagaimana performa pembalap debutan dan sophomore pada balap MotoGP 2023 Amerika Serikat yang memakan banyak 'korban' ini? Simak ulasannya berikut!

1. Marco Bezzecchi (6)

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Amerika, Tampil Apikpotret Marco Bezzecchi (motogp.com)

Marco Bezzecchi tak bisa mengulangi kejayaannya seperti di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina. Di COTA, Pembalap tim Mooney VR46 Racing Team ini harus berjuang keras sejak sesi latihan dan kualifikasi.

Bezzecchi harus melewati sesi kualifikasi pertama (Q1) sebelum mengamankan urutan ke-5 di grid. Kendati begitu, posisi tersebut tak lantas membuat startnya mulus. Saat lampu hijau menyala, Bezzecchi malah turun satu posisi usai disalip Fabio Quartararo.

Sepanjang balapan, murid Valentino Rossi ini pun dibayangi banyak rivalnya. Sempat berada di urutan ke-4, posisi Bezzecchi kemudian disalip oleh Miguel Oliveira dan Maverick Vinales.

Saat melewati garis finis, Bezzecchi harus puas finis P6. Ini hasil yang sama seperti balapan sprint sehari sebelumnya.

Baca Juga: Rins Juara MotoGP Amerika Serikat, Bagnaia Jatuh Lagi

2. Fabio Di Giannantonio (9)

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Amerika, Tampil Apikpotret Fabio Di Giannantonio (motogp.com)

Pembalap tim Gresini Racing, Fabio Di Giannantonio, jadi pembalap sophomore dengan hasil terbaik berikutnya di COTA. Diggia memulai balapan dari urutan ke-16 di grid dan mampu bertahan selama 20 putaran hingga garis finis.

Pemuda Italia ini akhirnya kembali menuntaskan balapan di posisi sepuluh besar, tepatnya P9. Hasil itu lebih baik dari balapan sprint sehari sebelumnya saat ia finis P17.

3. Augusto Fernandez (10)

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Amerika, Tampil Apikpotret Augusto Fernandez (motogp.com)

Augusto Fernandez menuntaskan balapan di MotoGP Amerika dengan kembali mendulang poin. Pembalap tim GASGAS Factory Racing Tech3 itu finis P10 meski memulai balapan dari urutan ke-20. Dengan hasil seperti itu, Fernandez berhak mengantongi 6 poin.

Hasil ini menjadi perolehan terbaiknya dalam tiga seri Grand Prix yang diikuti. Sebelumnya, satu-satunya rookie di grid MotoGP 2023 ini finis P13 di Portugal dan finis P11 di Argentina.

4. Raul Fernandez (DNF)

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Amerika, Tampil Apikpotret Raul Fernandez (motogp.com)

Raul Fernandez kurang beruntung di Sirkuit COTA. Start dari posisi ke-19 di grid, sejatinya pembalap tim CryptoData RNF MotoGP ini memulai balapan dengan cukup apik. Pada beberapa putaran awal, Fernandez bisa merangsek ke urutan ke-13 menyusul rekan satu pabrikan, Maverick Vinales dan Miguel Oliveira.

Namun, Fernandez harus mengalami nasib sial. Perangkat ride height device pada motornya mengalami masalah teknis sehingga tak berfungsi. Pada lap 6, rider yang pada balapan sprint sehari sebelumnya finis P15 ini harus menuntaskan main race lebih awal.

5. Hasil balap seri MotoGP Amerika Serikat

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Amerika, Tampil Apikpotret Alex Rins (motogp.com)

MotoGP 2023 Amerika Serikat jadi milik Alex Rins. Pembalap LCR Honda ini tampil konsisten sepanjang akhir pekan. Puncaknya adalah saat balapan hari Minggu, Rins mampu menjadi kampiun dan unggul lebih dari 3 detik.

Berikut ini hasil balap Grand Prix seri Amerika Serikat:

  1. Alex Rins (Honda) - 41 menit 14,649 detik;
  2. Luca Marini (Ducati) - +3,498 detik;
  3. Fabio Quartararo (Yamaha) - +4,936 detik;
  4. Maverick Vinales (Aprilia) - +8,318 detik;
  5. Miguel Oliveira (Aprilia) - +9,989 detik;
  6. Marco Bezzecchi (Ducati) - +12,049 detik;
  7. Johann Zarco (Ducati) - +12,242 detik;
  8. Franco Morbidelli (Yamaha) - +20,399 detik;
  9. Fabio Di Giannantonio (Ducati) - +27,981 detik;
  10. Augusto Fernandez (KTM) - +28,217 detik;
  11. Michele Pirro (Ducati) - +32,370 detik;
  12. Jonas Folger (KTM) - +1 menit 08,065 detik;
  13. Brad Binder (KTM) - +1 menit 23,012 detik;
  • Stefan Bradl (Honda) - DNF;
  • Takaaki Nakagami (Honda) - DNF;
  • Joan Mir (Honda) - DNF;
  • Francesco Bagnaia (Ducati) - DNF;
  • Jack Miller (KTM) - DNF;
  • Raul Fernandez (Aprilia) - DNF;
  • Aleix Espargaro (Aprilia) - DNF;
  • Jorge Martin (Ducati) - DNF; dan
  • Alex Marquez (Ducati) - DNF.

MotoGP seri berikutnya akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Minggu (30/4/2023). Mampukah para sophomore rider dan rookie kembali mendulang poin?

Baca Juga: Bagnaia Heran Bisa Jatuh di MotoGP Amerika Serikat

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya