Quartararo Kini Seorang Kesatria Kehormatan di Prancis, Cetak Sejarah!

El Diablo pembalap motor pertama bergelar kesatria

Fabio Quartararo mencetak sejarah baru. El Diablo dilantik menjadi seorang kesatria pada Legiun Kehormatan (Legion d'Honneur) di negara asalnya pada, Kamis (14/7/2022), bertepatan dengan Hari Nasional Prancis.

Legiun Kehormatan adalah dekorasi kehormatan tertinggi yang ada di Prancis. Hanya individu dengan prestasi tertentu yang bisa mendapatkannya.

Bagaimana Fabio Quartararo bisa mendapatkan penghargaan ini?

1. Quartararo jadi pembalap motor pertama yang mendapatkan penghargaan ini

Quartararo Kini Seorang Kesatria Kehormatan di Prancis, Cetak Sejarah!Fabio Quartararo (motogp.com)

Fabio Quartararo adalah pembalap motor pertama yang menerima penghargaan Legiun Kehormatan. Sebastian Poirier, Presiden Federasi Sepeda Motor Prancis, menyebut momen langka ini sebagai sebuah tonggak sejarah baru di dunia balap.

“Ini adalah tanggal yang harus ditandai dengan tonggak sejarah. Gema dari keistimewaan ini akan bergema selamanya dalam olahraga nasional. Ini adalah pengakuan dalam tingkat tertinggi pada kejuaraan dunia kita oleh sebuah bangsa,” kata Poirier dikutip laman resmi MotoGP.

2. Quartararo kini seorang kesatria

Quartararo Kini Seorang Kesatria Kehormatan di Prancis, Cetak Sejarah!Fabio Quartararo (motogp.com)

Fabio Quartararo kini seorang kesatria. Ia menerima Order of Merit "Chevalier de la Legion d'Honneur". Gelar ini hanya diberikan kepada mereka yang berprestasi secara militer maupun sipil, individu berbakat, atau mereka yang berkontribusi besar. Quartararo sudah berhak memakai medali pada pita di dada kirinya.

Chevalier (Knight) adalah tingkatan pertama dari lima gelar di Legiun Kehormatan Prancis. Tingkatan lainnya adalah Officier (Officer), Commandeur (Commander), Grand Officier (Grand Officer), dan Grand-Croix (Grand Cross).

Baca Juga: Keinginan Fabio Quartararo Jajal Kemudikan Mobil Formula 1

3. El Diablo bangga dengan prestasinya

Quartararo Kini Seorang Kesatria Kehormatan di Prancis, Cetak Sejarah!Fabio Quartararo (motogp.com)

Sebagai pembalap motor pertama yang bergelar kesatria, pantas saja jika Quartararo merasa bangga. Pemuda berusia 23 tahun itu tambah semangat untuk terus mengibarkan bendera Prancis di podium tertinggi.

“Merupakan kehormatan bagiku untuk diangkat menjadi Knight of the Legion of Honour. Aku sangat bangga menggunakan warna (bendera) Prancis. Aku akan melakukan yang terbaik untuk menaikkan warna-warna ini ke level tertinggi selama beberapa tahun mendatang,” tulis Quartararo dalam akun sosial medianya seperti dikutip Speedweek.

4. Quartararo merupakan juara dunia MotoGP pertama asal Prancis

Quartararo Kini Seorang Kesatria Kehormatan di Prancis, Cetak Sejarah!Fabio Quartararo (motogp.com)

Fabio Quartararo memenangkan gelar juara dunia MotoGP musim 2021 bersama tim pabrikan Yamaha. Ia adalah pembalap Prancis pertama yang merebut gelar juara dunia di kelas premier tersebut.

Pada musim itu, El Diablo mengalahkan Francesco Bagnaia dengan selisih 26 poin. Quartararo merebut 10 podium yang 5 di antaranya adalah kemenangan.

5. Quartararo calon kuat juara dunia MotoGP musim 2022

Quartararo Kini Seorang Kesatria Kehormatan di Prancis, Cetak Sejarah!Fabio Quartararo (motogp.com)

Pada paruh pertama musim 2022, Fabio Quartararo pun memimpin klasemen sementara. Dalam sebelas balapan, ia telah mengoleksi 172 poin. Selisih 21 poin dari rival terdekatnya, Aleix Espargaro.

Quartararo mampu merebut 6 podium yang 3 di ataranya adalah podium tertinggi. Kesempatannya untuk menjadi juara dunia pun masih terbuka sangat lebar.

Paruh kedua musim akan dimulai pada 5—7 Agustus 2022 di Sirkuit Silverstone, Inggris. Bisakah Fabio Quartararo berjaya di atas Yamaha miliknya?

Baca Juga: Fabio Quartararo Punya Potensi Jadi Legenda MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya