Comscore Tracker

Raul Fernandez Jadi Rookie Terbaik di MotoGP 2022 Thailand, Cetak Poin

Bezzecchi yang raih pole position tercecer ke belakang

Raul Fernandez menjadi rookie dengan torehan hasil terbaik pada gelaran MotoGP Thailand, Minggu (2/10/2022). Melahap 25 lap yang basah, pembalap tim Tech3 KTM itu mampu finis di posisi ke-15; hasil terbaik di antara para debutan lainnya.

Fernandez pun menjadi satu-satunya rookie yang mendulang poin di MotoGP 2022 Thailand. Bagaimana sebenarnya performa pembalap rookie di Sirkuit Buriram? Simak ulasannya berikut ini!

1. Raul Fernandez (15)

Raul Fernandez Jadi Rookie Terbaik di MotoGP 2022 Thailand, Cetak PoinRaul Fernandez (motogp.com)

Sepanjang akhir pekan, Raul Fernandez memang tampil cukup apik. Rider berusia 21 tahun tersebut memaksimalkan performa balapnya di atas RC16. Saat sesi kualifikasi, ia mengamankan urutan ke-16 di grid. Tempat yang sekaligus menjadi start terbaiknya sepanjang musim MotoGP 2022 ini.

Saat balapan dalam kondisi basah, Fernandez pun tampil baik. Ia sempat mendesak ke posisi ke-10 dan bertarung dengan Aleix Espargaro. Sayangnya, lap demi lap ia diburu para pembalap lain. Melewati chequered flag, Fernandez finis di posisi ke-15 sekaligus berhak mengantongi 1 poin.

2. Marco Bezzecchi (16)

Raul Fernandez Jadi Rookie Terbaik di MotoGP 2022 Thailand, Cetak PoinMarco Bezzecchi (motogp.com)

Sejatinya MotoGP Thailand jadi seri bersejarah bagi seorang Marco Bezzecchi. Pembalap tim Mooney VR46 Racing Team itu start dari pole position; torehan terbaiknya sepanjang berkarier di kelas premier.

Hasil tersebut menjadi pole position pertama untuk timnya. Bezzecchi pun jadi pembalap Ducati ketujuh yang start terdepan sekaligus pembalap kesepuluh yang jadi pole sitter di MotoGP 2022 ini.

Hanya saja, ia tak bisa mengonversikan pole position menjadi kemenangan atau podium. Bezzecchi sebenarnya sempat memimpin balapan, tetapi ia harus mundur satu posisi akibat melebar di tikungan pertama pada lap awal.

Bezzecchi mendapatkan penalti ini saat ia menjalani lap keempat dan harus memberikan posisinya kepada Jack Miller. Dua lap berselang, ia malah kembali disalip oleh Miguel Oliveira dan Francesco Bagnaia.

Tak lama, murid Valentino Rossi itu lantas disalip oleh Marc Marquez. Di situlah ia kehilangan momentum. Bezzecchi makin melorot ke posisi belakang. Akibatnya, ia harus puas finis di posisi ke-16 alias di luar zona poin.

3. Fabio Di Giannantonio (18)

Raul Fernandez Jadi Rookie Terbaik di MotoGP 2022 Thailand, Cetak PoinFabio Di Giannantonio (motogp.com)

Fabio Di Giannantonio memulai balapan dari urutan ke-21 di grid. Pembalap Gresini Racing ini berjuang keras untuk menggeber Desmosedici GP 21 miliknya di atas lintasan Sirkuit Buriram yang basah.

Rider yang akrab disapa Diggia sempat terlibat duel dengan Fabio Quartararo yang kesulitan di luar zona poin. Usai balapan, Diggia finis di posisi ke-18.

4. Darryn Binder (21)

Raul Fernandez Jadi Rookie Terbaik di MotoGP 2022 Thailand, Cetak PoinDarryn Binder (motogp.com)

Darryn Binder start dari urutan ke-23 di grid. Bertarung di atas trek basah, sayangnya Darryn tak mampu memburu banyak posisi di depannya. Pembalap tim WithU RNF Yamaha itu harus puas finis di posisi ke-21.

Darryn sebenarnya punya sejarah apik ketika tampil di lintasan basah. Saat seri balap di Indonesia yang lintasannya diguyur hujan, rookie asal Afrika Selatan ini finis di posisi ke-10. Sayangnya, Darryn tak bisa mengulangi hasil ciamik tersebut.

5. Remy Gardner (dnf)

Raul Fernandez Jadi Rookie Terbaik di MotoGP 2022 Thailand, Cetak PoinRemy Gardner (motogp.com)

Remy Gardner tak beruntung di Thailand. Pembalap Tech3 KTM itu tak mampu menuntaskan balapan akibat terjatuh pada lap 12.

Start dari urutan ke-18, Gardner sempat punya kesempatan untuk menempati posisi lima belas besar. Namun, harapannya untuk mendulang poin kembali kandas.

MotoGP Thailand jadi seri penghabisan pada triple header musim 2022. Seri berikutnya akan digelar dua pekan mendatang, Minggu (14/10/2022), di Sirkuit Philip Island, Australia. Siapakah rookie berikutnya yang bakal mengemas poin tertinggi?

Baca Juga: Marco Bezzecchi Raih Pole Position MotoGP Thailand, Catat Rekor Baru!

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya