Raul Fernandez Belum Puas meski Rebut Poin Pertama di MotoGP

Sang pembalap mengaku butuh motor yang lebih cocok

Raul Fernandez akhirnya mendapatkan poin pertamanya di kelas premier. Pada gelaran MotoGP di Catalunya, Spanyol, Minggu (5/6/2022), pembalap Tech3 KTM itu finis di posisi ke-15 dan berhak mengemas 1 poin.

Poin yang dihasilkan memang tak banyak. Namun, capaian ini menjadi tanda bahwa Raul Fernandez makin beradaptasi dengan persaingan di MotoGP.

Meski mengaku senang, Raul masih merasa belum puas. Apa sebabnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. Masih kesulitan dengan bagian depan motor

Raul Fernandez Belum Puas meski Rebut Poin Pertama di MotoGPRaul Fernandez naik ke kelas MotoGP dan bergabung dengan tim Tech3 KTM. (instagram.com/raulfernandez_25)

Selama balapan Raul Fernandez tak bisa menunjukkan performa terbaiknya. Ia kesulitan dan punya masalah pada bagian depan motor.

“(Perasaan) di bagian itu menghilang seperti biasa, itu menyulitkan. Sejak balapan pertama kami belum meningkatkan performa motor. Aku tak bisa berbelok menggunakan bagian depan dan itu sangat sulit,” kata Raul dikutip Motosan.

2. Dapat poin karena banyak pembalap tak finis

Raul Fernandez Belum Puas meski Rebut Poin Pertama di MotoGPRaul Fernandez (motogp.com)

Raul Fernandez mengaku senang, tetapi, ia tak begitu puas dengan poin pertamanya di MotoGP. Ia tahu bahwa hasil itu terjadi lantaran banyak pembalap yang terjatuh di Catalunya. Seperti yang diketahui, 8 pembalap tak bisa menuntaskan balapan; 3 di antaranya kecelakaan pada lap pembuka, 4 lainnya terjatuh selama balapan, dan 1 pembalap mengalami gangguan teknis.

“Aku senang karena setidaknya aku punya satu poin di lokerku, (tetapi itu karena) tujuh pembalap di depanku terjatuh,” ujar pembalap asal Madrid, Spanyol, itu.

Baca Juga: Kekecewaan Remy Gardner dan Raul Fernandez sebagai Rookie

3. Performa RC16 miliknya tak meningkat sejak awal musim

Raul Fernandez Belum Puas meski Rebut Poin Pertama di MotoGPRaul Fernandez (motogp.com)

Mengenai motornya, Raul Fernandez frustrasi melihat tak ada perkembangan berarti. Performa RC16 miliknya seperti jalan di tempat karena tak ada kemajuan sejak awal musim.

“Aku merasa marah, kami tahu di bagian mana harus memperbaiki motor. Tetapi, kami tak dapat menemukan sesuatu untuk mengembangkan performanya.

Di MotoGP, kamu (biasanya) bisa meningkatkan performa dengan mengambil langkah-langkah kecil. Kami telah mencoba banyak hal, tetapi, tak ada yang berhasil untukku. Mendapatkan poin bukanlah tanda kami telah menemukan solusinya,” kata Raul dilansir Motosan.

4. Tetap akan berjuang hingga musim ini selesai

Raul Fernandez Belum Puas meski Rebut Poin Pertama di MotoGPRemy Gardner, Raul Fernandez, dan Fabio Di Giannantonio (motogp.com)

Meski frustrasi, pembalap bernomor motor 25 itu tetap percaya bahwa perjuangan tetap akan membuahkan hasil. Ia dan timnya akan terus berusaha hingga akhir musim.

“Mendapat poin di Catalunya adalah tanda bahwa kami berjuang. Kami bisa mengatur ban dan balapan dengan baik. Sekarang aku kesal karena aku tak tahu caranya meningkatkan performa motor. Meski begitu, upaya yang telah kami ambil adalah langkah yang penting,” kata Raul Fernandez dikutip Motosan.

5. Punya peluang untuk tetap bertahan di MotoGP

Raul Fernandez Belum Puas meski Rebut Poin Pertama di MotoGPDarryn Binder, Remy Gardner dan Raul Fernandez (motogp.com)

Sebagai salah satu pembalap debutan musim ini, Raul Fernandez mengoleksi poin yang paling rendah di antara rookie lainnya. Ia masih mengantongi 1 poin dan berada di belakang Marco Bezzecchi (30 poin), Darryn Binder (10), Fabio Di Giannantonio (8), dan Remy Gardner (8).

Meski begitu, peluangnya untuk tetap turun balap di MotoGP musim depan masih terbuka lebar. Ia dikabarkan menjadi salah satu kandidat pembalap untuk tim satelit Aprilia, WithU RNF. Bagaimanapun, runner-up Moto2 musim 2021 ini bukanlah pembalap biasa. Ia punya kecepatan jika menunggangi motor yang tepat.

MotoGP 2022 masih menyisakan sebelas balapan. Bisakah Raul Fernandez dan timnya menemukan solusi bagi RC16 agar bisa tampil lebih maksimal?

Baca Juga: Nasib di Honda Belum Jelas, Pol Espargaro Diisukan Balik ke KTM

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya