5 Rekor Aleix Espargaro usai Menang di MotoGP Argentina, Spektakuler!

Puncaki klasemen MotoGP 2022

Sejarah lahir di MotoGP Argentina, Senin dini hari (4/4/2022) WIB. Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, berhasil tampil apik dan merebut kemenangan di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

Kemenangan ini telah ditunggu sejak lama oleh Aleix. Selain itu, balapan ini adalah balapan ke-200 baginya di kelas premier. Tak heran, ketika ia menang balapan, banyak rekor baru yang tercipta. Apa saja?

1. Kemenangan pertama bagi Aleix Espargaro selama berkarier di ajang Grand Prix

5 Rekor Aleix Espargaro usai Menang di MotoGP Argentina, Spektakuler!Aleix Espargaro (motogp.com)

Tampil konsisten dan dominan sejak sesi latihan bebas, Aleix Espargaro tak menyia-nyiakan kesempatan. Pembalap asal Spanyol ini bisa merubah keunggulan dari pole position menjadi kemenangan. Melahap 25 putaran, Aleix mengungguli Jorge Martin dan Alex Rins.

Kemenangan pertama yang telah ia tunggu sejak lama. Memulai karier pada 2004 sebagai pembalap wildcard, ia akhirnya bisa merasakan manisnya jadi pemenang pada GP Argentina musim 2022.

2. Aleix Espargaro jadi pembalap Aprilia pertama yang mempersembahkan kemenangan

5 Rekor Aleix Espargaro usai Menang di MotoGP Argentina, Spektakuler!Aleix Espargaro (motogp.com)

Tak hanya jadi kemenangan pertama bagi Aleix Espargaro, hasil apik di Sirkuit Termas de Rio Hondo juga menjadikannya pembalap Aprilia pertama yang bisa merebut podium tertinggi.

Bergabung dengan Aprilia sejak 2017, Aleix setia menjadi rider andalan pabrikan asal Italia ini. Musim lalu ia mempersembahkan podium pertama setelah bertarung ketat di GP Inggris. Pada musim 2022, Aleix Espargaro jadi pembalap Aprilia pertama yang bisa mempersembahkan kemenangan.

Baca Juga: Aleix Espargaro: Aprilia Siap Tembus 6 Besar MotoGP 2022

3. Kemenangan pertama bagi Aprilia Racing pada era MotoGP

5 Rekor Aleix Espargaro usai Menang di MotoGP Argentina, Spektakuler!Aleix Espargaro (motogp.com)

Sejak kembali berkompetisi di kejuaraan dunia MotoGP pada 2015, hasil terbaik pabrikan asal Noale ini hanya podium ke-3 di GP Inggris musim lalu. Kini, Aprilia bisa berbangga hati. Setelah menunggu lama, akhirnya Aprilia bisa merasakan manisnya kemenangan.

Sebagai satu-satunya tim konsesi di MotoGP, pencapaian ini tentu sangat berarti. Jika bisa terus melanjutkan kerja kerasnya dan terus meraih podium, bukan tak mungkin Aprilia akan menanggalkan status tim konsesi dan berdiri sejajar dengan pabrikan besar lain.

4. Podium pertama bagi Aleix Espargaro pada musim 2022

5 Rekor Aleix Espargaro usai Menang di MotoGP Argentina, Spektakuler!Aleix Espargaro (motogp.com)

MotoGP musim 2022 memang sangat ketat. Semua pabrikan bisa bersaing untuk memperebutkan posisi terdepan. Termasuk bagi pabrikan underdog seperti Aprilia.

Bagi Aleix Espargaro, gelaran GP Argentina tak akan pernah ia lupakan. Di sinilah ia meraih kemenangan pertama pada musim ini sekaligus sepanjang kariernya. Dengan konsistensi yang ia tunjukkan sejak awal musim, besar kemungkinan Aleix bisa merebut podium di balapan-balapan berikutnya.

5. Aleix Espargaro jadi pemimpin klasemen sementara MotoGP 2022

5 Rekor Aleix Espargaro usai Menang di MotoGP Argentina, Spektakuler!Aleix Espargaro (motogp.com)

Tak hanya jadi yang tercepat di GP Argentina, Aleix Espargaro pun mencetak poin yang tinggi. Hingga seri ketiga balapan musim 2022, Aleix Espargaro mencatatkan diri sebagai pembalap dengan raihan poin tertinggi.

Aleix kini mengumpulkan 45 poin. Cukup untuk menjadikannya pemuncak klasemen sementara di atas Brad Binder (38 poin), dan Enea Bastianini (36 poin).

 

Aleix Espargaro sebagai pembalap andalan Aprilia akhirnya bisa merebut podium sekaligus kemenangan pertama di musim ini. Masih ada belasan seri balap yang bisa diperjuangkan. Seri berikutnya akan berlangsung di COTA alias Circuit of The Americas, Amerika Serikat, pada 10 April 2022. Bisakah Aleix Espargaro dan Aprilia kembali naik podium?

Baca Juga: Klasemen MotoGP 2022 Memanas, Aleix Espargaro Gusur Bastianini

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya