11 Rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Sakti!

Selain juara dunia, ia juga jadi comeback king

Langkah Francesco Bagnaia sepanjang mengikuti MotoGP 2022 tak selalu mulus. Pada awal musim, pembalap tim Ducati Lenovo ini harus tertatih mendulang poin.

Saat seri pertama di Qatar, misalnya, Bagnaia langsung terjatuh. Pada seri berikutnya di Indonesia, ia hanya finis di peringkat ke-15 dan mengemas satu poin.

Pada beberapa seri berikutnya, ia tak meraih poin maksimal. Dibandingkan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang jadi saingan terberatnya, Bagnaia kalah konsisten.

Di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Francesco Bagnaia mencapai titik kritis. Ia terjatuh sementara Quartararo menang. Selisih poin pun melebar menjadi 91 poin. Gap yang cukup tinggi dalam perebutan gelar. Di sinilah Bagnaia sempat kehilangan asa.

“Aku kehilangan kepercayaan pada kejuaraan dunia selama 1 jam setelah (terjatuh) di Sachsenring. Namun, bahkan saat itu aku tahu bahwa peluang untuk menjadi juara dunia masih ada,” kata Bagnaia seperti dikutip Crash.

Perjuangan pun berlanjut. Pada paruh kedua musim, Bagnaia tampil kuat dan bisa merebut banyak kemenangan, termasuk kemenangan yang bertubi-tubi. Selisih poin mulai terpangkas dan Bagnaia mendekati Quartararo.

Keadaan berbalik di Australia. Fabio Quartararo terjatuh sehingga did not finis (DNF) sementara Bagnaia finis P3. Arah kejuaraan dunia berbalik dan Bagnaia memimpin klasemen.

Dalam dua seri berikutnya, Bagnaia tampil cukup konsisten. Sejarah kemudian mencatat kedigdayaan seorang Francesco Bagnaia.

Menariknya, dalam perjalanan merebut gelar tersebut, banyak pencapaian yang ditorehkan pembalap berusia 25 tahun tersebut. Disarikan dari berbagai sumber, setidaknya ada sebelas rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022.

1. Francesco Bagnaia jadi pembalap Ducati pertama yang mampu merebut gelar juara dunia MotoGP sejak Casey Stoner meraihnya pada 2007

11 Rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Sakti!potret Casey Stoner dan Francesco Bagnaia (motogp.com)

2. Bagnaia adalah rider Italia pertama yang merebut titel juara dunia MotoGP sejak Valentino Rossi pada 2009. Saat itu Rossi membela Yamaha

11 Rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Sakti!Francesco Bagnaia dan Valentino Rossi (motogp.com)

3. Bagnaia jadi pembalap Italia pertama yang meraih gelar dunia di atas motor Italia sejak Giacomo Agostini dengan MV Agusta pada 1972

11 Rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Sakti!Francesco Bagnaia (motogp.com)

4. Francesco Bagnaia membawa Ducati menyapu bersih tiga gelar dunia MotoGP alias Triple Crown. Ini yang pertama sejak 2007

11 Rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Sakti!Francesco Bagnaia (motogp.com)

5. Bagnaia mempersembahkan gelar juara dunia di kelas MotoGP pertama untuk VR46 Riders Academy

11 Rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Sakti!para pembalap VR46 Riders Academy (instagram.com/vr46ridersacademyofficial)

Baca Juga: Francesco Bagnaia Sukses Jadi Juara MotoGP 2022

6. Bagnaia menang hattrick di Belanda, Inggris, dan Austria. Ia jadi pembalap Italia kedua setelah The Doctor yang menang tiga kali beruntun di MotoGP

11 Rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Sakti!Francesco Bagnaia (motogp.com)

7. Dengan hattrick tersebut, Francesco Bagnaia pun menyamai rekor Casey Stoner sebagai pembalap Ducati yang bisa menang tiga kali beruntun

11 Rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Sakti!Francesco Bagnaia (motogp.com)

8. Seakan tak puas, Bagnaia menang lagi di San Marino sehingga kemenangannya menjadi quattrick. Ini pertama kali bagi rider Ducati

11 Rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Sakti!Francesco Bagnaia (motogp.com)

9. Kemenangan quattrick sekaligus melampaui pencapaian kemenangan beruntun milik Valentino Rossi dan Casey Stoner

11 Rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Sakti!Francesco Bagnaia (motogp.com)

10. Francesco Bagnaia menjadi comeback king. Bagaimana tidak, selisih 91 poin bisa ia lampaui. Itu selisih poin tertinggi dalam sejarah MotoGP

11 Rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Sakti!grafik perbandingan poin Bagnaia dan Quartararo hingga seri Australia (motogp.com)

11. Bagnaia adalah pembalap pertama yang jadi juara dunia meski lima kali DNF dalam semusim (Qatar, Prancis, Catalunya, Jerman, Jepang)

11 Rekor Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Sakti!Francesco Bagnaia terkejut sekaligus kecewa bisa terjatuh di Sachsenring, Jerman. (motogp.com)

MotoGP 2022 adalah eranya Francesco Bagnaia. Ia pantas merengkuh titel dunia setelah mengoleksi tujuh kemenangan. Musim 2023 nanti, rekor apa lagi yang akan ditorehkan Bagnaia?

Baca Juga: Francesco Bagnaia Berpotensi Pecahkan Rekor Berusia 50 Tahun

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya