Remy Gardner Jadi Rookie Tercepat di Catalunya, Balapan Penuh Drama

Banyak pembalap berjatuhan!

MotoGP seri kesembilan yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Minggu (5/6/2022), berlangsung dengan penuh drama. Saat balapan dimulai, 3 pembalap terlibat kecelakaan dan tak bisa menuntaskan balapan. Tak hanya mereka, 5 rider lain pun tak mampu finis alias DNF.

Kendati demikian, Remy Gardner mampu tampil maksimal. Pembalap debutan tim Tech3 KTM itu mampu finis di peringkat ke-11 dan jadi yang tercepat di antara rookie lainnya. Selain Gardner, Darryn Binder pun tampil cukup impresif. Rookie tim WithU Yamaha RNF itu mampu menambah perolehan poinnya.

Bagaimana ulasan lengkap seputar performa para rider debutan di ajang MotoGP Catalunya? Simak uraiannya berikut ini, yuk!

1. Remy Gardner (11)

Remy Gardner Jadi Rookie Tercepat di Catalunya, Balapan Penuh DramaRemy Gardner (motogp.com)

Remy Gardner yang start dari posisi ke-20 tampil cukup konsisten selama balapan. Diuntungkan lantaran para pembalap lain berjatuhan, Gardner bisa merangsek ke depan hingga akhirnya finis di posisi ke-11.

Pada beberapa lap terakhir, Remy Gardner terlibat saling adu salip dengan Darryn Binder. Mendekati garis finis, pembalap Australia itu mampu tampil lebih unggul.

Ini merupakan balapan ketiganya yang menghasilkan poin. Pada klasemen sementara, Remy Gardner mengoleksi 8 poin dan menempati posisi ke-23.

2. Darryn Binder (12)

Remy Gardner Jadi Rookie Tercepat di Catalunya, Balapan Penuh DramaDarryn Binder (motogp.com)

Performa apik kembali ditunjukkan oleh Darryn Binder. Rookie yang langsung naik dari kelas Moto3 ini membuktikan bahwa ia cukup pantas mengaspal di kelas tertinggi.

Memacu Yamaha YZR-M1, Darryn bisa tampil kompetitif. Ia start dari urutan ke-23 saat awal balapan. Merangsek ke depan, Darryn sempat berada di posisi sepuluh besar sebelum disalip oleh beberapa rivalnya. Pada akhir balapan, Darryn harus puas finis di posisi ke-12.

Dengan hasil ini Darryn Binder menambah perolehan poinnya. Ia kini mengemas 10 poin dan bertengger di posisi ke-20 klasemen sementara.

Baca Juga: Remy Gardner Sudah Punya Rencana jika Tak Lagi Mengaspal di MotoGP

3. Raul Fernandez (15)

Remy Gardner Jadi Rookie Tercepat di Catalunya, Balapan Penuh DramaRaul Fernandez (motogp.com)

Raul Fernandez akhirnya pecah telur. Pembalap tim Tech3 KTM itu finis di posisi ke-15 di Sirkuit Catalunya yang membuatnya berhak mengoleksi 1 poin.

Start dari urutan ke-24, Raul Fernandez bisa menjaga ritme balapnya. Ia tak melewatkan kesempatan untuk terus mendesak ke depan setelah beberapa pembalap terjatuh. Hasilnya, ia finis di depan Michele Pirro dan Pol Espargaro.

4. Marco Bezzecchi (DNF)

Remy Gardner Jadi Rookie Tercepat di Catalunya, Balapan Penuh DramaMarco Bezzecchi (motogp.com)

Marco Bezzecchi kurang beruntung di MotoGP seri Catalunya. Pembalap tim Mooney VR46 Racing Team itu terjatuh dan tak bisa menuntaskan balapan.

Sejak sesi latihan dan kualifikasi, Bezzecchi sebenarnya punya ritme balap yang cukup apik. Start dari urutan ke-13, ia punya kesempatan untuk finis di posisi poin. Sayangnya, ia terjatuh setelah hanya menyelesaikan 5 putaran.

Meski begitu, Marco Bezzecchi masih memimpin perolehan poin untuk perebutan titel Rookie of The Year. Murid Valentino Rossi itu mengantongi 30 poin dan menduduki peringkat ke-17 di klasemen sementara.

5. Fabio Di Giannantonio (DNF)

Remy Gardner Jadi Rookie Tercepat di Catalunya, Balapan Penuh DramaFabio Di Giannantonio (motogp.com)

Penampilan apik kembali ditunjukkan Fabio Di Giannantonio saat sesi kualifikasi. Memacu Ducati Desmosedici GP21, pembalap tim Gresini Racing itu mampu start dari urutan ke-5.

Hanya saja, nasibnya di MotoGP Catalunya kurang beruntung. Sama seperti Bezzecchi, Diggia terjatuh. Ia hanya menuntaskan 8 putaran. Pada klasemen sementara, Diggia masih menyimpan 8 poin. Ia kini berada di peringkat ke-21.

 

Performa para pembalap debutan makin berkembang. Setelah seri balapan di Catalunya, MotoGP akan dihelat di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada 19 Juni 2022. Siapakah rookie yang akan tampil paling mengesankan?

Baca Juga: Kekecewaan Remy Gardner dan Raul Fernandez sebagai Rookie

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya