Ducati Pasang Sayap Belakang, Enea Bastianini: Jadi seperti Pokemon

Bastianini dan Martin punya kesan pertama yang berbeda

Beberapa pabrikan mencoba inovasi anyar pada sesi latihan bebas di MotoGP Inggris, Jumat (5/8/2022). Salah satunya adalah Ducati. Pabrikan asal Borgo Panigale itu memasang sayap aerodinamis baru pada bagian belakang motor Desmosedici.

Enea Bastianini (Gresini Racing) dan Jorge Martin (Pramac Racing) dipilih Ducati untuk mencoba komponen baru tersebut. Sempat sama-sama terkejut dengan bentuknya, kedua pembalap yang sedang berebut kursi di tim pabrikan itu punya kesan yang berbeda dengan performa dari sayap aerodinamis baru Desmosedici.

1. Bastianini sebut evolusi Desmosedici jadi seperti Pokemon

Ducati Pasang Sayap Belakang, Enea Bastianini: Jadi seperti PokemonEnea Bastianini (motogp.com)

Sepanjang musim 2022, Bastianini masih memacu Desmosedici versi GP21. Hanya saja, motor miliknya menerima peningkatan performa dari Ducati. Tak heran, ia pun mendapat kesempatan menggunakan sayap belakang baru.

Saat pertama kali melihat tampilan motornya, pembalap berjuluk The Beast itu sempat terkejut. Ia bahkan punya kesan yang unik.

“Aku pertama kali melihatnya kemarin dan aku berkata, ‘oh, oke, wow’. Aku suka. Desainnya sangat bagus. Jika kamu melihat foto (Ducati Desmosedici) GP3 (sebagai perbandingan), itu jadi seperti pokemon (yang berevolusi). Itu bagus,” kata Bastianini dikutip The Race.

2. Sayap belakang berfungsi untuk menambah stabilitas pengereman

Ducati Pasang Sayap Belakang, Enea Bastianini: Jadi seperti PokemonEnea Bastianini (motogp.com)

Bastianini tahu bahwa sayap tambahan ditujukan untuk menambah stabilitas motor saat pengereman. Bagi rider asal Italia tersebut, sayap itu berfungsi dengan baik.

“Kesan pertamaku bagus, terutama pada bagian rem yang menjadi lebih stabil. Untuk kecepatannya pun tidak buruk. Aku pikir untuk besok akan bagus pada saat kualifikasi,” kata pembalap Gresini itu.

Baca Juga: Rahasia Perkasanya Ducati Desmosedici di MotoGP

3. Sayap aerodinamis baru belum tentu digunakan saat balapan

Ducati Pasang Sayap Belakang, Enea Bastianini: Jadi seperti PokemonEnea Bastianini (motogp.com)

Sayap belakang baru ini belum tentu digunakan saat balapan. Bastianini masih harus membandingkan performanya dengan sayap Desmosedici versi normal.

“Perasaannya bagus untuk saat ini. Tapi, besok kami harus mencoba lagi agar lebih baik, bukan? Karena aku harus kembali ke yang normal. Dan setelah itu kami akan mencoba lagi karena penting untuk memahami apakah itu lebih baik atau tidak,” ujar Bastianini dilansir The Race.

4. Jorge Martin pun mencoba sayap belakang terbaru di Desmosedici GP22 miliknya

Ducati Pasang Sayap Belakang, Enea Bastianini: Jadi seperti PokemonJorge Martin (instagram.com/89jorgemartin)

Sementara itu, di garasi balap Ducati lainnya, Jorge Martin pun mencoba sayap baru tersebut. Martin mengungkapkan bahwa motornya dipasangi fairing aerodinamis yang baru.

“Tak hanya sayap bagian belakang, kami mencoba keseluruhan fairing yang baru. Hanya saja, bagian depan tak begitu banyak berubah,” kata Martin dikutip Motosan.

5. Martin lebih memilih untuk menggunakan fairing standar

Ducati Pasang Sayap Belakang, Enea Bastianini: Jadi seperti PokemonJorge Martin (motogp.com)

Senada dengan Bastianini, Jorge Martin sebenarnya takjub dengan desain sayap aerodinamis baru yang tertempel di motornya. Namun, pembalap asal Madrid itu belum terlalu yakin dengan fungsinya.

“Ducati berpikir itu akan membuat performanya menjadi lebih baik, tetapi aku tak tahu sejauh mana itu akan jadi lebih baik. Sejujurnya, saat melakukan time attack, aku tak begitu nyaman. 

Ketika ada sesuatu yang baru, itu pasti jadi lebih baik atau lebih buruk. Kamu tak perlu berpikir terlalu banyak, cukup analisis saja dengan baik. Meskipun, aku pikir, aku akan memilih fairing yang standar,” ungkap rider tim Pramac Racing itu dilansir Motosan.

Babak kedua MotoGP 2022 jadi kesempatan bagi Enea Bastianini dan Jorge Martin untuk tampil apik di atas lintasan. Mereka memang sedang berebut untuk menjadi sosok pembalap tim pabrikan Ducati pada MotoGP 2023 mendatang. Mampukah sayap aerodinamis belakang ini meningkatkan performa mereka?

Baca Juga: Jelang GP Inggris, Enea Bastianini Siap Taklukkan Silverstone

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya