Sederet Pembalap MotoGP yang Cedera pada Awal Musim 2023, Banyak lho!

Ada yang sampai belum pernah balapan

MotoGP 2023 berjalan dengan format baru. Jika sebelumnya dalam tiap Grand Prix hanya ada satu sesi balapan, kini tiap pekannya terdapat dua sesi yang dilombakan, yaitu sprint race dan main race. Perubahan format ini ternyata berdampak kepada banyaknya kecelakaan yang terjadi.

Baru menuntaskan 5 seri Grand Prix, tercatat sudah terjadi 114 kecelakan di kelas MotoGP. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan kecelakaan di kelas lebih ringan. Tercatat, masing-masing berjumlah 77 di Moto2 dan 87 di Moto3.

Kecelakaan ini tak bisa dianggap sepele. Pasalnya, sederet pembalap mengalami berbagai cedera lantaran terlibat kecelakaan tersebut. Ada yang menderita cedera parah sehingga harus absen pada tiap balapan, ada juga yang hanya mengalami cedera ringan.

Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini sederet pembalap MotoGP yang cedera pada awal musim 2023. Simak, yuk!

1. Pol Espargaro masih cedera sejak awal musim

Sederet Pembalap MotoGP yang Cedera pada Awal Musim 2023, Banyak lho!Pol Espargaro dari tim GASGAS Factory Racing Tech3 (motogp.com)

Pol Espargaro mengalami cedera terparah usai mengalami kecelakaan pada sesi latihan kedua (FP2) di Sirkuit Algarve, Portugal. Pembalap tim GASGAS Factory Racing Tech3 ini menderita patah tulang mandibula pada rahangnya, juga patah tulang di rusuk, leher, dan tulang belakang. Saat ini, Pol masih dalam tahap pemulihan. Ia sama sekali belum pernah mengikuti balapan musim ini, baik sprint maupun main race. Pol bahkan masih akan absen pada gelaran seri ke-6 di Sirkuit Mugello, Italia.

2. Enea Bastianini melewatkan lima seri Grand Prix

Sederet Pembalap MotoGP yang Cedera pada Awal Musim 2023, Banyak lho!Enea Bastianini (motogp.com)

Tak kalah parah dari Pol Espargaro, Enea Bastianini juga cedera berkepanjangan. Pembalap Ducati Lenovo ini mengalami cedera tulang belikat pada bahu kanannya setelah tertabrak Luca Marini pada sesi sprint race seri Portugal. Akibatnya, Bastianini melewatkan lima seri balapan. Kendati begitu, ia berencana comeback pada seri Italia di Sirkuit Mugello.

3. Marc Marquez melewatkan tiga seri balapan karena cedera

Sederet Pembalap MotoGP yang Cedera pada Awal Musim 2023, Banyak lho!Marc Marquez dan Miguel Oliveira usai terlibat kecelakaan di Sirkuit Portimao. (motogp.com)

Seri Portugal banyak memakan korban. Tak hanya Pol dan Bastianini, seri pertama musim 2023 ini juga diwarnai kecelakaan antara Marc Marquez dan Miguel Oliveira. Marquez yang menabrak Oliveira menderita retak tulang ibu jari kanan. Rider Repsol Honda ini absen pada tiga seri balap dan baru kembali pada seri Prancis.

Baca Juga: Marc Marquez Sebut Mugello Sajikan Tantangan Berat

4. Miguel Oliveira dua kali cedera saat balapan

Sederet Pembalap MotoGP yang Cedera pada Awal Musim 2023, Banyak lho!Marc Marquez, Jorge Martin, dan Miguel Oliveira terlibat kecelakaan di Sirkuit Portimao. (motogp.com)

Ditabrak Marc Marquez di seri Portugal, Miguel Oliveira menderita cedera pada ligamen paha kanannya. Sialnya lagi, Oliveira kembali cedera setelah ditabrak Fabio Quartararo di seri Jerez. Kecelakaan kali kedua itu membuat Oliveira mengalami kerusakan ligamen dan dislokasi tulang bahu kiri. Pembalap tim RNF Aprilia ini berharap comeback di Sirkuit Mugello.

5. Joan Mir absen di balapan utama MotoGP Argentina

Sederet Pembalap MotoGP yang Cedera pada Awal Musim 2023, Banyak lho!potret Joan Mir (motogp.com)

Pembalap lainnya yang absen balapan karena cedera adalah Joan Mir. Tandem Marc Marquez di tim Repsol Honda ini mengalami kecelakaan tunggal saat mengikuti sprint race seri Argentina. Lantaran menderita trauma pada lehernya, Mir tak bisa mengikuti main race di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada hari berikutnya.

6. Empat pembalap lain cedera, tetapi tetap mengikuti semua Grand Prix

Sederet Pembalap MotoGP yang Cedera pada Awal Musim 2023, Banyak lho!potret Francesco Bagnaia (motogp.com)

Ganasnya MotoGP 2023 menelan banyak korban lain. Meski tak harus absen balapan, beberapa pembalap mengalami kesakitan pada bagian tubuhnya yang cedera. Jorge Martin (Prima Pramac Racing), misalnya, menderita cedera patah jari kaki di Portugal.

Di GP Amerika, Alex Marquez (Gresini Racing) cedera robek hamstring dengan ligamen paha yang terkilir. Rekan satu mereknya, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), merasakan sakit pada engkel kaki kanannya dan dinyatakan mengelami keretakan tulang talus. Ini akibat bertabrakan dengan Maverick Vinales saat sesi main race seri Prancis. Masih di Prancis, Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) cedera pada tulang karpal tangan kanannya.

7. Dua pembalap didera cedera arm pump

Sederet Pembalap MotoGP yang Cedera pada Awal Musim 2023, Banyak lho!potret Fabio Quartararo (motogp.com)

Berbeda dengan pembalap di atas, dua pembalap mengalami cedera arm pump. Raul Fernandez (RNF Aprilia) memilih melakukan operasi usai balapan seri Jerez. Fernandez absen di seri Prancis, tetapi berniat comeback di Italia.

Sementara itu, Fabio Quartararo terkena arm pump saat beraksi di seri Prancis. Penyebabnya karena pijat fisioterapi yang terlalu agresif sebelum melakoni sesi balapan utama. Usai jeda, pembalap tim pabrikan Yamaha ini kembali siap beraksi.

MotoGP 2023 baru menuntaskan lima seri balap. Masih ada belasan Grand Prix yang harus ditaklukkan. Semoga tak banyak tambahan cedera yang mendera para pembalap, ya!

Baca Juga: Miguel Oliveira Ragu Bisa Ikut Balapan di MotoGP Italia

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya