Semua Juara MotoGP Jerman Tampil Dominan di Sachsenring, Tak Terkejar

Ada yang rebut kemenangan dengan selisih lebih dari 7 detik

MotoGP Jerman yang berlangsung pada Minggu (19/6/2022) menyuguhkan perlombaan menarik. Di semua kelas, para pemenangnya bisa tampil sangat dominan.

Izan Guevara, misalnya, memulai balapan dengan sempurna kemudian melesat ke depan dan sama sekali tak terkejar. Begitu pun Augusto Fernandez dan Fabio Quartararo, selisih mereka dengan pembalap di belakangnya cukup jauh.

1. Izan Guevara menang di Moto3 dengan selisih 4,8 detik

Semua Juara MotoGP Jerman Tampil Dominan di Sachsenring, Tak TerkejarIzan Guevara (motogp.com)

Izan Guevara kembali tampil maksimal di ajang Moto3. Pembalap GASGAS Aspar Team itu merebut kemenangan dengan penampilan yang sangat meyakinkan.

Start dari pole position, Guevara tak menyia-nyiakan peluang yang ada. Ia menggeber motor GASGAS miliknya dan langsung mendorong jauh ke depan. Hasilnya, ia sama sekali tak tersentuh selama balapan. Setelah melibas 27 lap, ia merebut kemenangan di Sachsenring.

Jarak antara Izan Guevara dan Dennis Foggia (Leopard Racing) yang finis di posisi ke-2 mencapai 4,853 detik. Sementara itu, rekan setim Guevara, Sergio Garcia, melewati chequered flag di posisi ke-3.

2. Augusto Fernandez mendominasi Moto2 dengan selisih 7,7 detik

Semua Juara MotoGP Jerman Tampil Dominan di Sachsenring, Tak TerkejarAugusto Fernandez (motogp.com)

Penampilan dominan tak hanya tersaji di Moto3, di kelas intermediate, balapannya pun didominasi satu orang. Augusto Fernandez (Red Bull KTM Ajo) yang memulai balapan dari posisi ke-3 tampil trengginas dan bisa menyelesaikan balapan dengan sempurna.

Fernandez bisa memperlebar jarak dengan pembalap di belakangnya hingga mencapai selisih 7,704 detik. Luar biasa untuk balapan Moto2 yang sangat kompetitif. Podium ke-2 di Sachsenring direbut oleh Pedro Acosta (Red Bull KTM Ajo), sedangkan podium ke-3 jadi milik Sam Lowes (Elf Marc VDS Racing Team).

Baca Juga: [BREAKING] Bagnaia Jatuh, Quartararo Juara MotoGP Jerman

3. Fabio Quartararo Juara MotoGP Jerman dengan selisih 4,9 detik

Semua Juara MotoGP Jerman Tampil Dominan di Sachsenring, Tak TerkejarFabio Quartararo menang di Sirkuit Sachsenring. (motogp.com)

Tak mau kalah dengan kelas di bawahnya, rider di kelas premier pun tampil fantastis. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang start dari urutan ke-2 menggeber YZR-M1 dengan sangat rapih. Selama balapan, ia sama sekali tak membuat kesalahan.

Pada beberapa lap awal, ia memang sempat ditantang oleh Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo). Akan tetapi, setelah Bagnaia melakukan kesalahan dan terjatuh, Quartararo pun melesat jauh tak terkejar.

Quartararo memperlebar jarak dengan pembalap di belakangnya hingga mencapai 4,939 detik. Sementara itu, Johann Zarco (Prima Pramac Racing) finis di posisi ke-2, sedangkan Jack Miller (Ducati Lenovo) merebut podium ke-3.

4. Fabio Quartararo jadi raja baru Sachsenring

Semua Juara MotoGP Jerman Tampil Dominan di Sachsenring, Tak TerkejarFabio Quartararo (motogp.com)

Absennya Marc Marquez membuka lebar peluang bagi pembalap lain untuk menang di Sachsenring. Bagaimanapun, Marquez adalah penguasa di sirkuit yang banyak tikungan ke kiri ini.

Sudah sejak 2013 The Baby Alien menang di kelas premier di MotoGP Jerman. Dengan kemenangan Fabio Quartararo musim ini, raja baru Sachsenring telah lahir.

5. El Diablo kokoh di puncak klasemen

Semua Juara MotoGP Jerman Tampil Dominan di Sachsenring, Tak TerkejarFabio Quartararo (motogp.com)

Fabio Quartararo pun makin memperkokoh posisinya di puncak klasemen. El Diablo saat ini mengemas 172 poin. Sejak awal musim ia telah meraih 6 podium yang 3 di antaranya adalah kemenangan.

Tepat di bawah Quartararo ada Aleix Espargaro yang bertengger dengan total 138 poin. Francesco Bagnaia yang dijagokan pada awal musim makin menjauh dari perebutan gelar juara dunia. Bagnaia ada di peringkat ke-6 dengan raihan 81 poin.

 

Sebelum libur musim panas, masih ada satu Grand Prix yang akan digelar di Belanda. Pada perlombaan di Sirkuit Assen nanti, mungkinkah Fabio Quartararo bisa kembali juara?

Baca Juga: Fabio Quartararo Tahu Caranya Bersenang-Senang dan Menang

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya