Comscore Tracker

Serba-serbi Shakedown Test MotoGP, Hanya untuk Rookie dan Test Rider

Tes penting untuk menguji motor versi anyar

MotoGP 2022 sudah di depan mata. Tim pabrikan maupun tim satelit mulai merilis livery mereka. Sementara itu, pembalap telah menyiapkan fisik dan mental jelang tes pramusim.

Setiap pabrikan pun sudah menyiapkan motor dan semua komponen yang akan dipakai untuk berlaga semusim penuh. Mereka siap menguji coba motor versi anyar yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

MotoGP menjadwalkan shakedown test untuk menguji kesiapan motor setiap pabrikan. Apa, sih, shakedown test itu? Begini uraiannya agar kamu makin tahu tentang MotoGP.

1. Apa itu shakedown test MotoGP?

Serba-serbi Shakedown Test MotoGP, Hanya untuk Rookie dan Test RiderStefan Bradl (motogp.com)

Shakedown test adalah uji coba motor versi baru yang dilakukan oleh pabrikan untuk menguji sejauh mana keberhasilan pengembangan motor mereka. Tes ini dilakukan oleh pabrikan atau pengembang motor, bukan oleh tim yang mengikuti MotoGP.

Tes ini termasuk ke dalam private test, artinya tertutup untuk media dan publik. Waktu putaran yang dihasilkan pun tak selalu diumumkan, tergantung pabrikan. Apakah akan merilisnya atau tidak.

2. Dilaksanakan di Sirkuit Sepang

Serba-serbi Shakedown Test MotoGP, Hanya untuk Rookie dan Test RiderJack Miller saat uji coba di Sirkuit Sepang pada 2019. (motogp.com)

Untuk musim balap 2022, shakedown test akan dilaksanakan pada 31 Januari—2 Februari 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Sirkuit yang memang menjadi langganan tempat melakukan tes MotoGP.

Ada alasan kenapa sirkuit ini yang dipilih. Loris Capirossi, salah satu anggota Race Direction, sempat menjelaskan kepada Cycle World tentang alasan memilih Sepang.

Menurutnya, secara teori, sirkuit ini memiliki cuaca yang baik sehingga bisa menggelar berbagai tes motor. Selain itu, Sepang memiliki layout lintasan yang bervariasi, yaitu ada bagian yang teknikal, tetapi ada juga lintasan lurus yang panjang dengan bagian pengereman yang kuat.

Baca Juga: Serba-Serbi soal Tes MotoGP 2022 di Sepang

3. Diikuti oleh para rookie

Serba-serbi Shakedown Test MotoGP, Hanya untuk Rookie dan Test RiderMarco Bezzecchi, VR46 Racing Team (motogp.com)

Tidak semua pembalap mengikuti shakedown test. Hanya pembalap rookie dan test rider serta pabrikan dengan hak konsesi yang bisa turut serta.

Pada musim ini, ada lima pembalap debutan. Mereka menggunakan tiga merek motor berbeda: 2 KTM, 2 Ducati, dan 1 Yamaha.

Para rookie ini adalah Remy Gardner dan Raul Fernandez (Tech3 KTM), Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team), Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing), serta Darryl Binder (WithU RNF Yamaha).

4. Arena kerja bagi para test rider

Serba-serbi Shakedown Test MotoGP, Hanya untuk Rookie dan Test RiderLorenzo Savadori (motogp.com)

Selain para rookie, shakedown test adalah arena penting bagi para test rider. Karena di sinilah mereka menguji sejauh mana keberhasilan pengembangan motor untuk musim ini. Jika ada kekurangan, mereka akan memberikan input setelah melakukan pengujian.

Para test rider tim pabrikan, antara lain Michele Pirro untuk Ducati, Dani Pedrosa untuk KTM, dan Lorenzo Savadori untuk Aprilia. Sementara, Honda masih percaya kepada Stefan Bradl, lalu Suzuki mengandalkan Sylvain Guintoli, dan Yamaha menggunakan jasa Cal Crutchlow.

Sebagai tambahan, para pembalap tim pabrikan Aprilia bisa mengikuti tes ini. Itu karena Aprilia adalah satu-satunya pabrikan yang masih memiliki hak konsesi di MotoGP.

5. Pembalap akan mengikuti tes resmi MotoGP seminggu setelah shakedown test

Serba-serbi Shakedown Test MotoGP, Hanya untuk Rookie dan Test RiderMarc Marquez dan Joan Mir (motogp.com)

Seminggu setelah shakedown test, pada 5—6 Februari 2022, setiap pembalap MotoGP akan mengikuti tes pramusim yang juga digelar di Sirkuit Sepang. Ini pertama kalinya para pembalap kembali mengendarai motor MotoGP setelah libur akhir tahun.

Mereka kemudian kembali melakukan uji coba pada 11—13 Februari 2022. Kali ini dilaksanakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia. Di Mandalika, mereka tak hanya mengetes performa motor, tetapi juga mencoba layout di trek anyar ini.

Gelaran seri MotoGP pertama akan berlangsung sebulan setelahnya, yaitu pada 6—8 Maret di Qatar. Dua minggu kemudian, pada 18—20 Maret, semua pembalap akan kembali ke Sirkuit Mandalika untuk menggelar seri balap kedua. Makin tak sabar untuk lihat jalannya Grand Prix di Mandalika.

Baca Juga: Rider MotoGP Wajib Karantina Dua Hari Sebelum Tancap Gas di Mandalika

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya