Serunya Sprint MotoGP Argentina: Binder Ngamuk, Morbidelli Mengejutkan

Banyak duel ketat yang terjadi

Sprint race di gelaran MotoGP Argentina menyajikan banyak keseruan. Berlangsung pada Minggu (2/4/2023) dini hari WIB, perlombaan berdurasi 12 lap tersebut juga memberikan sebuah kejutan.

Sebanyak 18 pembalap berlomba menjadi yang terdepan. Beberapa pembalap terjatuh, beberapa kehilangan posisi, tetapi ada juga yang merebut banyak tempat dan menang.

Simak keseruan sprint MotoGP seri kedua berikut ini!

1. Brad Binder Ngamuk, start P15 finis P1

Serunya Sprint MotoGP Argentina: Binder Ngamuk, Morbidelli MengejutkanBrad Binder (motogp.com)

Brad Binder seolah mengamuk saat balapan. Start dari urutan ke-15 di grid, pembalap tim Red Bull KTM Factory Racing itu "menyeruduk" ke depan sejak lap pertama. Ia bisa menyalip 14 pembalap di depannya.

Pada tiga putaran awal, ia menempati posisi ke-2 di belakang Franco Morbidelli yang tak kalah ganas. Pada pertengahan lap ketiga, Binder mulai punya kesempatan dan berhasil menyalip Morbidelli sehingga memimpin jalannya balapan.

Pada lap terakhir, Marco Bezzecchi sempat memberikan perlawanan dan hampir menyalip di beberapa tikungan terakhir. Namun, Binder terlalu buas untuk ditaklukkan. Sprint di Sirkuit Termas de Rio Hondo pun dimenangi pembalap bernomor 33 ini.

2. Dua pembalap Mooney VR46 Racing Team merebut podium

Serunya Sprint MotoGP Argentina: Binder Ngamuk, Morbidelli Mengejutkanpotret Marco Bezzecchi, Valentino Rossi, dan Luca Marini (motogp.com)

Valentino Rossi pasti senang dan bangga dengan dua pembalapnya di tim Mooney VR46 Racing Team. Marco Bezzecchi dan Luca Marini finis balapan sprint di posisi podium.

Marco Bezzecchi yang start dari urutan ke-2, juga finis di podium ke-2. Bezzecchi tampil garang sepanjang 12 putaran. Meski sempat tercecer ke barisan tengah, Bezzecchi bisa kembali merebut posisinya di bagian depan.

Luca Marini pun tak kalah apik. Start dari urutan ke-7, Marini bisa mendesak ke bagian depan hingga akhirnya finis di podium ke-3. Adik tiri Rossi ini tampil konsisten selama balapan.

Baca Juga: Jack Miller dan Brad Binder Mengaku Puas dengan Hasil di Portugal 

3. Franco Morbidelli tampil mengejutkan, sempat memimpin balapan

Serunya Sprint MotoGP Argentina: Binder Ngamuk, Morbidelli MengejutkanFranco Morbidelli menggantikan Maverick Vinales dan digantikan Andrea Dovizioso. (motogp.com)

Siapa yang menyangka Franco Morbidelli bisa begitu trengginas di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Pembalap Monster Energy Yamaha ini memulai balapan dengan begitu digdaya. Start dari urutan ke-4, Morbidelli langsung merangsek ke bagian terdepan. Ia sempat memimpin balapan pada tiga putaran awal.

Melihat motor nomor 21 memimpin balapan memang pemandangan langka selama hampir 2 tahun terakhir. Meski akhirnya Morbidelli tak menaiki podium, finis di posisi ke-4 tetap jadi pencapaian mengejutkan. Apakah ini tanda performanya telah comeback?

4. Banyak duel ketat sesama merek

Serunya Sprint MotoGP Argentina: Binder Ngamuk, Morbidelli MengejutkanMaverick Vinales dan Aleix Espargaro (motogp.com)

Tak hanya di barisan depan, pada jajaran tengah pun terjadi duel seru nan menantang. Di antaranya adalah duel seru sesama pembalap penggeber Ducati. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) terlibat duel dengan Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) dan Alex Marquez (Gresini Racing).

Bagnaia bertarung memperebutkan posisi ke-5 dengan Marquez. Saling menyalip di banyak putaran, Marquez akhirnya memenangi pertarungan. Bezzecchi yang tampil lebih kuat telah meninggalkan mereka sejak pertengahan balapan.

Tak hanya Ducati, para pemacu Aprilia pun terlibat perang saudara. Seperti pada sprint di Portimao, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales sempat terlibat duel pada sprint di Argentina. Sayangnya, Aleix terjatuh pada lap 9 di tikungan 9. Ia pun DNF sedangkan Vinales finis di posisi ke-7.

5. Hasil balapan sprint di MotoGP Argentina

Serunya Sprint MotoGP Argentina: Binder Ngamuk, Morbidelli Mengejutkanilustrasi balap MotoGP (motogp.com)

Balapan sprint pada seri MotoGP Argentina diikuti 18 pembalap lantaran 4 pembalap lainnya cedera. Dari jumlah tersebut, 16 pembalap bisa finis sedangkan 2 pembalap lainnya DNF. Dari jumlah yang finis, hanya sembilan di antaranya yang mendapat poin.

Berikut ini hasil balapan sprint di Sirkuit Termas de Rio Hondo:

  1. Brad Binder (KTM) - 19 menit 56,873 detik;
  2. Marco Bezzecchi (Ducati) - + 0,072 detik;
  3. Luca Marini (Ducati) - + 0,877 detik;
  4. Franco Morbidelli (Yamaha) - + 2,354 detik;
  5. Alex Marquez (Ducati) - + 2,462 detik;
  6. Francesco Bagnaia (Ducati) - + 2,537 detik;
  7. Maverick Vinales (Aprilia) - + 2,643 detik;
  8. Jorge Martin (Ducati) - + 3,754 detik;
  9. Fabio Quartararo (Yamaha) - + 3,856 detik;
  10. Jack Miller (KTM) - + 5,143 detik;
  11. Takaaki Nakagami (Honda) - + 5,574 detik;
  12. Fabio Di Giannantonio (Ducati) - + 6,965 detik;
  13. Johann Zarco (Ducati) - + 7,568 detik;
  14. Raul Fernandez (Aprilia) - + 7,725 detik;
  15. Alex Rins (Honda) - + 8,687 detik;
  16. Augusto Fernández (KTM) - + 9,040 detik;
  17. Aleix Espargaro (Aprilia) - DNF; dan
  18. Joan Mir (Honda) - DNF.

MotoGP Argentina adalah seri ke-2 dari 21 seri Grand Prix 2023. Dengan begitu, masih ada belasan sprint yang bakal dilombakan sepanjang musim. Pada balapan sprint berikutnya, siapakah yang akan menjadi kampiun?

Baca Juga: 10 Catatan Unik Franco Morbidelli, Pembalap Berdarah Italia/Brasil

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya