Selain Kamera Onboard, Sistem Audio Ini Bikin MotoGP Makin Seru

Pengalaman menonton MotoGP dibuat nyata

Dari segi olah raga, MotoGP adalah balapan yang sangat menantang. Tak salah jika MotoGP menjadi sebuah tayangan yang ditonton oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Menurut RTR Sports, tayangan langsung TV menjangkau 200 negara dengan lebih dari 400 juta penonton. Di sosial media, MotoGP menjangkau 30 juta penggemar di berbagai platform. Total tayangan videonya mencapai 3 miliar tayangan. Sementara, durasinya mencapai 2,5 miliar menit tayangan.

Jumlah ini belum ditambah penonton yang datang langsung ke sirkuit. Pada 2019, ada sekitar 2.863.113 orang yang menonton langsung MotoGP di sirkuit.

Berbagai data di atas membuat Dorna, selaku penyelenggara dan pemegang hak siar, makin dituntut untuk terus meningkatkan kualitas tayangan MotoGP. Selain selalu berinovasi di kamera onboard, Dorna juga mau tidak mau harus melakukan inovasi dan pembaruan di bagian audionya.

1. Penonton mengharapkan tayangan MotoGP dengan audio yang nyata

Selain Kamera Onboard, Sistem Audio Ini Bikin MotoGP Makin Seruilustrasi balapan (motogp.com)

Penonton memang mengharapkan agar tayangan balapan dapat disaksikan semirip mungkin dengan kejadian asli di sirkuit. Proyek ini sejalan dengan upaya Dorna menjadikan MotoGP lebih seru ditonton.

“Seperti yang diharapkan oleh para penonton. Dan (mereka) menginginkan pengalaman audio yang lebih melingkupi seluruh area pendengaran mereka,” ungkap Rodrigo Thomaz, Audio-Technica Project Manager seperti dilansir situs resmi MotoGP.

Tim Konten dan Produksi Media Dorna ingin meningkatkan kualitas pengiriman audio. Mereka memang berambisi menjadi produsen program in-house terbaik di kelasnya. Sebagai pemegang hak siar, Dorna sendiri mengirimkan tayangan MotoGP ke 89 rekanan media di seluruh dunia.

2. MotoGP akan memiliki pusat kontrol audio

Selain Kamera Onboard, Sistem Audio Ini Bikin MotoGP Makin Seruilustrasi ruang kontrol siaran (motogp.com)

Agar tayangan menjadi lebih baik, Dorna akan menjadikan mikrofon 8.0 sebagai komponen audio inti dari siaran program MotoGP masa mendatang. Inisiatif ini akan makin mendukung langkah Dorna untuk mampu memproduksi tayangan jarak jauh.

Fasilitas produksi tayangan jarak jauh ini direncanakan berlokasi di area Dorna Sports Barcelona, Spanyol. Fasilitas ini akan dibangun bertahap hingga 2024. Nantinya, di fasilitas ini, akan dibangun ruang kontrol audio khusus yang menerima dan mengolah (mixing) audio dari arena balap sirkuit secara real-time.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Kamera On Board di Motor MotoGP

3. Dorna bekerja sama dengan Audio-Technica 8.0

Selain Kamera Onboard, Sistem Audio Ini Bikin MotoGP Makin Seruilustrasi mikrofon di sirkuit (motogp.com)

Dorna, sebagai pemegang hak siar MotoGP, sejak 2019 telah menunjuk Audio-Technica sebagai penyedia layanan mikrofon resmi. Audio-Technica adalah produsen asal Jepang yang memiliki keahlian dalam bidang audio.

Dorna menggunakan 265 mikrofon, headset, dan solusi monitoring lainnya. Termasuk 53 mikrofon feed track yang ditempatkan di berbagai sisi lintasan. Ini untuk menjamin kualitas suara di dalam dan di luar lintasan makin baik. Penggunaan sistem audio ini sudah bergulir sejak balapan pada Mei 2019 lalu.

4. Untuk menangkap suara real-time, berbagai lokasi di sirkuit dipasangi mikrofon khusus

Selain Kamera Onboard, Sistem Audio Ini Bikin MotoGP Makin Seruarea parc ferme (motogp.com)

Sistem kontrol audio siaran MotoGP berlokasi di Barcelona. Namun, peralatan mikrofonnya akan bersifat dinamis dan mudah dibongkar-pasang. Mengingat MotoGP sendiri berlangsung hampir 20 kali balapan setiap tahunnya.

Untuk menangkap suara balapan yang real-time, mikrofon-mikrofon ini ditempatkan di lokasi-lokasi khusus. Seperti di podium, parc ferme, pit lane, dan posisi-posisi kunci di sekitar arena balap.

Konsep Audio-Technica 8.0 memang dirancang agar mudah ditempatkan di berbagai bagian sirkuit. Setiap bagian dari delapan elemen 12mm-nya dapat dilepas dari dudukan inti dan dikemas dalam wadah yang ringkas. Membuat pengoperasiannya lebih cepat dan dapat dilakukan oleh seorang operator.

5. Sistem audio dan kamera onboard diharapkan membuat tayangan MotoGP makin seru

Selain Kamera Onboard, Sistem Audio Ini Bikin MotoGP Makin SeruAlex Rins (the-race.com)

Penggunaan sistem audio yang mumpuni diharapkan akan membuat penonton betah melihat MotoGP. Belum lagi, baru-baru ini Dorna menguji coba kamera bahu (shoulder camera) yang dipasang di baju pembalap.

Uji coba kamera ini telah dilakukan di GP Algarve (5/11/2021). Kamera ini dipasangkan di baju balap Alex Rins pada saat latihan bebas. Kemudian, dipasangkan pula pada baju balap Fabio Quartararo seminggu kemudian di Sirkuit Valencia. Belum ada keterangan apakah kamera bahu ini akan digunakan pada semua pembalap musim depan.

Dorna memang harus membuat tayangan MotoGP menjadi semenarik dan seseru mungkin. Apalagi sejak Valentino Rossi pensiun, ada dugaan penggemar MotoGP akan berkurang.

Untuk mengantisipasi ini, maka menjadi langkah yang tepat jika Dorna berinvestasi pada kualitas kamera dan audio yang mampu menayangkan siaran yang real-time dan lebih nyata. Sudah tak sabar menunggu gelaran MotoGP tahun depan!

Baca Juga: 5 Motor Listrik Tercepat Di Dunia, Bisa Menyaingi MotoGP!

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya