5 Catatan Menarik dari Podium Formula 1 GP Monako 2023

Ada yang meraih hat-trick kemenangan

Balapan GP Monako 2023 baru saja usai pada Minggu (28/5/2023). Max Verstappen kembali pulang sebagai pemenang untuk keempat kalinya musim ini.

Sementara itu, podium kedua dan ketiga ditempati oleh Fernando Alonso dan Esteban Ocon berturut-turut. Hasil podium balapan jet darat di Circuit de Monaco ini meninggalkan beberapa hal menarik. Berikut ini adalah lima catatan menarik yang kamu perlu ketahui.

1. Hasil podium sama dengan tiga pembalap terdepan saat start

5 Catatan Menarik dari Podium Formula 1 GP Monako 2023Maria Sharapova memberikan penghargaan kepada Max Verstappen yang meraih pole position di sesi kualifikasi GP Monako 2023. (formula1.com)

Urutan tiga pembalap penghuni podium GP Monako 2023 ternyata sama dengan urutan tiga pembalap terdepan saat balapan dimulai. Satu hari sebelumnya, di sesi kualifikasi, Max Verstappen meraih pole position pertamanya di Monako. Fernando Alonso menempati posisi start kedua yang kedua musim ini setelah GP Arab Saudi 2023. Lalu, Esteban Ocon berhak menempati posisi ketiga setelah Charles Leclerc mendapatkan penalti mundur tiga posisi karena menghalangi Lando Norris di sesi kualifikasi.

2. Max Verstappen menjuarai GP Monako untuk kedua kalinya

5 Catatan Menarik dari Podium Formula 1 GP Monako 2023Max Verstappen mengangkat trofi kemenangan GP Monako 2023. (twitter.com/FIA)

Start dari pole position, Max Verstappen tetap berada di depan meski terus dibayang-bayangi oleh Fernando Alonso. Meski balapan sempat dihiasi drama akibat hujan, pembalap Belanda tersebut tetap tak tergoyahkan oleh pembalap lain dan sukses menjadi yang pertama yang melewati garis finis. Hasil ini merupakan kemenangan keduanya di Monako setelah 2021.

Selain itu, hasil ini juga istimewa untuk dirinya sebagai pembalap Red Bull. Verstappen meraih kemenangannya yang ke-39 bersama tim berlogo sapi merah itu. Hal ini berarti ia menjadi pembalap Red Bull dengan kemenangan terbanyak, mengungguli rekor sebelumnya yang dipegang oleh Sebastian Vettel dengan 38 kemenangan.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi F1 GP Monako: Verstappen Pole Position

3. Red Bull meraih dua kemenangan hat-trick di Monako

5 Catatan Menarik dari Podium Formula 1 GP Monako 2023foto podium GP Monako 2012: Mark Webber (juara pertama), Nico Rosberg (juara kedua), dan Fernando Alonso (juara ketiga) (fia.com)

Hasil balapan GP Monako 2023 merupakan kemenangan ketiga Red Bull di Monako dalam tiga tahun beruntun. Selain Verstappen pada 2021 dan 2023, Sergio Perez menyumbangkan satu kemenangan pada 2022. Sebelumnya, Red Bull juga pernah meraih kemenangan hat-trick di Monako yang diberikan oleh Mark Webber pada 2010, Sebastian Vettel pada 2011, dan Mark Webber lagi pada 2012.

4. Fernando Alonso, pembalap paling senior di podium GP Monako setelah Jack Brabham

5 Catatan Menarik dari Podium Formula 1 GP Monako 2023Fernando Alonso mengangkat trofi juara kedua di GP Monako 2023. (formula1.com)

Fernando Alonso kembali meraih hasil gemilang musim ini dengan finis di podium kedua di GP Monako 2023, podium kelimanya musim ini sekaligus podium kelimanya di GP Monako. Alonso terakhir kali finis tiga besar di GP Monako pada 2012 yang saat itu ia menempati podium ketiga. Lalu, podium kedua ini merupakan yang pertama sejak GP Hungaria 2014. Menariknya lagi, Alonso berusia 41 tahun ketika naik podium di GP Monako 2023, menjadi salah satu pembalap senior yang berhasil naik podium di Monako setelah Jack Brabham yang finis kedua di GP Monako 1970 pada usia 44 tahun.

5. Esteban Ocon, pembalap Perancis pertama di podium GP Monako setelah 1996

5 Catatan Menarik dari Podium Formula 1 GP Monako 2023Esteban Ocon mengangkat trofi juara ketiga di GP Monako 2023. (twitter.com/Formula 1)

Yang menempati podium ketiga sekaligus menjadi Driver of The Day GP Monako 2023 adalah Esteban Ocon. Hasil ini merupakan podium ketiganya di Formula 1 menyusul podium kedua di GP Sakhir 2020 dan podium pertama di GP Hungaria 2021. Selain itu, Ocon menjadi pembalap Perancis pertama yang naik podium di GP Monako menyusul Olivier Panis dari tim Ligier-Mugen Honda yang menjuarai GP Monako 1996.

Lagi-lagi, belum ada kejutan terkait pemenang balapan Formula 1 2023 karena masih dikuasai oleh Red Bull. Fernando Alonso tetap konsisten menghibur kita semua sebagai pembalap senior yang msih sanggup tampil kompetitif untuk meraih podium. Nah, Esteban Ocon, yang jarang tampil di podium, tentunya menjadi pembalap yang mampu memberi warna baru sekaligus membawa Alpine meraih hasil terbaiknya pada 2023 sejauh ini.

Baca Juga: Esteban Ocon Gembira usai Finis Ketiga di Formula 1 GP Monako

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya