5 Momen Paling Menarik Perhatian di Formula 1 2022 GP Brazil

Momen begadang pun jadi tidak sia-sia 

Penggemar baru saja disuguhi aksi balapan seru Formula 1 2022 GP Brasil yang berlangsung di Sirkuit Interlagos pada 11–13 November 2022 waktu setempat. Karena kegiatan berlangsung di benua Amerika, kamu perlu meluangkan waktu dari tengah malam hingga subuh untuk menikmati seluruh momen Grand Prix kali ini.

Waktu yang kamu habiskan untuk begadang sepertinya tak jadi sia-sia karena akhirnya menyaksikan berbagai momen yang cukup menarik perhatian di Formula 1 2022 GP Brasil. Apa saja momen seru tersebut?

1. Kevin Magnussen raih pole position perdana

5 Momen Paling Menarik Perhatian di Formula 1 2022 GP BrazilKevin Magnussen meraih pole position perdana untuk dirinya dan tim Hass F1 di GP Brasil 2022. (haasf1team.com)

Sesi kualifikasi GP Brasil 2022 yang menentukan posisi start di sprint race memberi kehebohan. Kevin Magnussen mencatatkan namanya sebagai pembalap Formula 1 yang pernah meraih pole position.

Hasil ini menjadi pole position pertama pembalap berusia 30 tahun tersebut setelah ia melalui 139 balapan di Formula 1. Ia sendiri memulai debutnya di ajang balap jet darat ini pada musim 2014 bersama McLaren. Hasil ini juga sekaligus menjadi pole position pertama untuk Haas dalam 142 balapan setelah resmi menjadi peserta Formula 1 pada musim 2016.

Lebih lanjut, Guenther Steiner selaku pemimpin tim Haas juga merasa bangga karena mereka akhirnya berhasil mendapatkan pole position perdana dalam tujuh tahun keikutsertaannya di Formula 1. Pole position Magnussen terjadi tepat di hari ulang tahun ke-70 Gene Haas.

2. Magnussen gagal finis di balapan utama

5 Momen Paling Menarik Perhatian di Formula 1 2022 GP BrazilKevin Magnussen dan Daniel Ricciardo tidak dapat melanjutkan balapan usai bersenggolan satu sama lain pada putaran pertama di GP Brasil 2022. (formula1.com)

Kevin Magnussen yang memulai sprint race dari pole position sukses menyumbang satu poin untuk timnya di akhir balapan karena ia finis di posisi kedelapan. Poin ini sangat penting untuk membantu timnya bersaing dengan Alpha Tauri untuk merebut posisi kedelapan di klasemen konstruktor.

Sayangnya, momen gemilang tersebut tidak berlanjut di balapan utama. Pada putaran pertama, ia disenggol oleh Daniel Ricciardo di tikungan kesembilan hingga membuatnya melintir, lalu menyundul balik bagian belakang mobil Ricciardo. Akibatnya, Magnussen dan Ricciardo tidak dapat melanjutkan balapan. Tak hanya itu saja, pembalap McLaren tersebut juga mendapat penalti mundur tiga posisi di starting grid GP Abu Dhabi 2022.

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 yang Kunci Gelar Juara Dunia di GP Brasil

3. George Russell menang di Sprint Race dan balapan utama

5 Momen Paling Menarik Perhatian di Formula 1 2022 GP BrazilGeorge Russell meraih kemenangan perdananya di Formula 1 di GP Brasil 2022. (formula1.com)

Seperti kamu telah ketahui, Formula 1 2022 GP Brasil mengadakan dua kali balapan, yakni sprint race dan balapan utama. Di sprint race yang berlangsung selama 24 putaran, George Russell berhasil menjadi pembalap pertama yang melewati garis finis.

Sementara itu, di balapan utama yang berlangsung 71 putaran, pembalap Inggris tersebut sukses menduduki podium pertama. Hal ini tentu membanggakan bagi dirinya yang berhasil meraih kemenangan pertamanya di Formula 1 sekaligus kemenangan pertama untuk Mercedes di musim 2022.

4. Dua juara dunia bersenggolan

5 Momen Paling Menarik Perhatian di Formula 1 2022 GP BrazilMax Verstappen dan Lewis Hamilton bersenggolan di GP Brasil 2022. (formula1.com)

Dua pembalap yang bersaing keras untuk merebut gelar juara dunia musim 2021, yakni Max Verstappen dan Lewis Hamilton, bersenggolan di Formula 1 2022 GP Brasil. Insiden ini terjadi di tikungan kedua dari Sirkuit Interlagos pada putaran ke-7.

Akibat senggolan tersebut, ban depan kanan Hamilton pecah. Sedangkan sayap depan Verstappen mengalami kerusakan. Lebih dari itu, Verstappen juga diberi penalti lima detik.

Meski mengalami insiden tersebut, Hamilton tetap sukses finis di posisi kedua untuk memberikan kemenangan 1-2 untuk Mercedes. Di sisi lain, Verstappen finis di posisi keenam.

5. Leclerc tampil impresif usai kecelakaan

5 Momen Paling Menarik Perhatian di Formula 1 2022 GP Brazilsayap mobil Charles Leclerc mengalami kerusakan usai melintir dan menabrak pembatas setelah bersenggolan dengan Lando Norris di GP Brasil 2022. (formula1.com)

Di putaran yang sama dengan insiden Verstappen dan Hamilton, ada pula insiden antara Charles Leclerc dan Lando Norris. Keduanya bersenggolan di tikungan keenam Sirkuit Interlagos.

Akibat insiden tersebut, Leclerc terpental dan menabrak pembatas. Untungnya, ia masih dapat masuk pit dan melanjutkan lomba hingga akhir dengan finis di posisi keempat. Sementara itu, Norris menghentikan mobilnya pada putaran ke-52 karena mesinnya kehilangan tenaga.

Formula 1 2022 GP Brasil benar-benar menawarkan hiburan dengan adanya berbagai momen, dari peraih pole position dan pemenang baru hingga beberapa insiden senggolan antar pembalap. Momen begadang kamu pun jadi tidak sia-sia, ya!

Baca Juga: 5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Brasil, Tak Terlupakan!

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya