5 Pembalap Formula 1 yang Kunci Gelar Juara Dunia di GP Brasil

Penentuan yang benar-benar menegangkan 

Formula 1 GP Brasil 2022 di Sirkuit Interlagos berlangsung akhir pekan ini (11–13/11/2022). Max Verstappen, juara dunia 2022, punya peluang meraih kemenangan ke-15 musim ini.

GP Brasil sendiri beberapa kali menjadi balapan penentu juara dunia pembalap. Hal ini membuat ia menjadi Grand Prix yang menegangkan.

Sejauh ini, ada lima pembalap Formula 1 yang kunci gelar juara dunia di GP Brasil. Siapa saja mereka?

1. Fernando Alonso

5 Pembalap Formula 1 yang Kunci Gelar Juara Dunia di GP BrasilKru Renault mengangkat Fernando Alonso usai ia mengunci gelar juara dunia pembalap Formula 1 keduanya di GP Brasil 2006. (formula1.com)

Fernando Alonso meraih dua gelar juara dunia berturut-turut pada 2005 dan 2006. Menariknya, kedua gelar juara dunia tersebut diraihnya di tempat yang sama, yakni Sirkuit Interlagos.

Pada 2005, GP Brasil adalah balapan ke-17 dari total 19 balapan yang dijadwalkan. Kimi Raikkonen menjadi satu-satunya pesaing terberat Alonso untuk merebut gelar juara dunia pada musim tersebut.

Di GP Brasil 2005, Alonso hanya finis di posisi ketiga. Namun, hasil ini sudah cukup membuatnya menjadi juara dunia pembalap Formula 1.

Pada musim berikutnya, GP Brasil menjadi balapan terakhir sekaligus penentu gelar juara dunia yang diperebutkan Alonso dan Michael Schumacher. Pada akhir balapan GP Brasil 2006, Alonso yang unggul sepuluh poin dari Schumacher usai GP Jepang finis di posisi kedua, sedangkan Schumacher finis di posisi keempat. Hasil tersebut membuat Alonso meraih gelar juara dunia Formula 1 untuk kedua kalinya.

2. Kimi Raikkonen

5 Pembalap Formula 1 yang Kunci Gelar Juara Dunia di GP BrasilKimi Raikkonen mengunci gelar juara dunia pembalap Formula 1 di GP Brasil 2007. (twitter.com/Formula 1)

Kimi Raikkonen meraih gelar juara dunia Formula 1 satu-satunya bersama Ferrari di GP Brasil 2007. Sebelum balapan mulai, ia harus menghadapi tekanan dari dua pembalap McLaren, Lewis Hamilton dan Fernando Alonso, yang sama-sama masih memiliki peluang untuk meraih gelar juara dunia.

Di klasemen pembalap, Raikkonen bahkan berada di urutan ketiga dengan seratus poin. Ia berada di bawah Hamilton dan Alonso dengan 107 dan 103 poin.

Pada akhir balapan, Raikkonen sukses keluar sebagai pemenang. Sementara itu, Alonso finis di posisi ketiga. Sialnya, Hamilton yang memiliki peluang paling besar untuk meraih gelar juara dunia hanya finis di posisi ketujuh.

Keberhasilan Raikkonen menjadi juara dunia sangat dramatis karena hanya berselisih 1 poin dengan 2 pembalap McLaren. Raikkonen pun menjadi pembalap Ferrari terakhir yang mampu meraih gelar juara dunia setelah Michael Schumacher.

Baca Juga: 7 Pembalap Formula 1 yang Kunci Gelar Juara Dunia di GP Jepang

3. Lewis Hamilton

5 Pembalap Formula 1 yang Kunci Gelar Juara Dunia di GP BrasilLewis Hamilton melakukan selebrasi usai meraih gelar juara dunia pembalap Formula 1 di GP Brasil 2008. (formula1.com)

Pada 2008, Lewis Hamilton dan Felipe Massa bersaing untuk menjadi juara dunia di balapan penutup, yakni GP Brasil. Lebih krusial dari 2007, penentuan juara dunia terjadi di empat tikungan terakhir sebelum garis finis.

Pembalap tuan rumah, Felipe Massa, berhasil menjadi pemenang. Namun, momen krusial tiba ketika Hamilton yang berada di posisi keenam berhasil menyalip Timo Glock dari Toyota dan finis di posisi kelima. Hasil ini cukup membawa Hamilton menjadi juara dunia 2008.

4. Jenson Button

GP Brasil menjadi salah ujung musim 2009 sebelum ditutup di GP Abu Dhabi. Saat itu, Sebastian Vettel adalah pesaing terkuat Jenson Button untuk meraih gelar juara dunia.

Di GP Brasil 2009, Button yang membela Brawn GP finis di posisi kelima. Meski begitu, hasil ini sudah cukup untuk mengunci posisi pertama di klasemen pembalap dari kejaran pembalap lain, sekaligus meraih gelar juara dunia satu-satunya sepanjang kariernya di Formula 1.

5. Sebastian Vettel

5 Pembalap Formula 1 yang Kunci Gelar Juara Dunia di GP BrasilKru Red Bull mengangkat Sebastian Vettel untuk merayakan keberhasilannya meraih gelar juara dunia pembalap Formula 1 ketiganya di GP Brasil 2012. (twitter.com/Formula 1)

GP Brasil menjadi balapan penutup musim 2012 sekaligus menjadi saksi perebutan juara dunia antara Sebastian Vettel dan Fernando Alonso. Vettel harus menghadapi momen dramatis setelah melintir di putaran pertama dan melanjutkan lomba dari posisi paling belakang. Kejadian ini tentu membuat Alonso di atas angin.

Pada akhir balapan, Alonso finis di posisi kedua. Sayangnya, hasil ini belum cukup membawanya menjadi juara dunia karena Vettel sanggup finis di posisi keenam. Hasil tersebut sudah cukup membawa pembalap Jerman tersebut meraih gelar juara dunia tiga kali berturut-turut.

Kelima pembalap di atas menghadapi tekanan sebelum berhasil mencapai apa yang mereka impikan, yakni juara dunia pembalap Formula 1. Namun, dari kelima pembalap tadi, hanya Kimi Raikkonen yang mampu memenangi balapan GP Brasil ketika meraih gelar juara dunia.

Nah, tiga di antara pembalap di atas juga masih akan tampil di GP Brasil musim ini. Menurut kamu, di antara tiga juara dunia tersebut, siapa yang akan mencuri perhatian akhir pekan ini? Apakah Fernando Alonso, Lewis Hamilton, atau Sebastian Vettel?

Baca Juga: 6 Comeback Terbaik Pembalap Formula 1 hingga Meraih Gelar Juara Dunia

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya